10 Jurusan Paling Cocok untuk Lulusan SMK, Berminat?

SMA atau SMK, sebenarnya tidak ada bedanya. Kamu yang lulusan SMK pun bisa melanjut ke perguruan tinggi asal dimodali dengan kemauan belajar. Sebab, dunia perkuliahan lebih menuntutmu untuk menjadi pribadi dewasa, yang bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan.

Satu hal yang sering kali ditanyakan setelah lulus dari sekolah adalah perihal jurusan di perkuliahan. Kira-kira jurusan apa yang paling cocok untuk lulusan SMK? Nah, jika masih bingung dan belum ada gambaran mau mengambil jurusan apa, sebaiknya simak ulasan berikut ini mengenai rekomendasi beberapa jurusan yang bisa kamu pertimbangkan dari sekarang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

10 Jurusan Paling Cocok untuk Lulusan SMK

1. Jurusan jurnalistik

jurnalis
Jurnalistik

Jika kamu hobi mengumpulkan data, lalu menjadikannya sebagai suatu informasi yang akurat, jurusan ini sangat cocok untukmu. Pekerjaannya juga tidak membosankan karena data yang dikumpulkan selalu baru setiap hari. Begitu pula tempat kerjanya yang bisa dikerjakan di berbagai tempat, seperti kantor, stasiun tv, stasiun radio, majalah, maupun koran.

Satu yang menjadi catatan adalah harus selalu up to date sama peristiwa atau kejadian yang ada di sekitar. Sebab, inilah yang akan dijadikan sebagai bahan untuk menyusun naskah, sehingga informasi yang dituliskan menarik minat para pembaca.

2. Jurusan teknik mesin

Bagi yang suka mengotak-atik mesin dan sudah tidak asing lagi dengan komponen yang ada di dalamnya, jurusan teknik mesin patut dipertimbangkan. Mempelajarinya juga tidak terlalu sulit lagi kalau sudah tahu ilmu dasarnya. Kamu tinggal lanjut ke pembelajaran yang lebih spesifik saja untuk mendalami bidang ilmunya.

Lulusan teknik mesin bisa dikatakan memiliki masa depan yang cerah mengingat jaman semakin canggih, dan semuanya mengandalkan mesin untuk menunjang kinerja operasional perusahaan. Jika terbukti berprestasi, percayalah kamu tidak akan kesulitan mencari pekerjaan.

3. Jurusan farmasi

Jurusan ini akan mengajarkanmu bagaimana cara meracik obat-obatan hingga akhirnya bisa dikonsumsi untuk mengobati suatu penyakit. Di samping itu, kamu juga akan diajari bagaimana cara memasarkan obat agar dilirik oleh konsumen.

Tenang, tempat kerja lulusan farmasi tidak hanya di apotek, tapi juga di rumah sakit, BPOM, dan industri kosmetik. Cukup banyak peluang, jadi tidak perlu takut menganggur apalagi kalau kamu punya bekal ilmu yang mumpuni.

4. Jurusan broadcasting

Meski sekarang sudah ada Youtube, namun industri pertelevisian dipastikan akan tetap berjalan. Dan untuk menyukseskan program di televisi, dibutuhkan jasa broadcaster handal agar informasi bisa tersampaikan dengan baik kepada pendengar.

Selain sebagai penyiar, lulusan broadcasting bisa bekerja sebagai penulis naskah, kameramen, sutradara, videografer, reporter, hingga produser di suatu production tertentu. Untuk mencapai puncak karier terbaik, sebaiknya asah kemampuanmu di bidang broadcast dan tingkatkan jam terbang guna menambah pengalaman.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Kenapa Kuliah Itu Wajib Untuk Karir Kamu!

5. Jurusan tata busana

desainer
Jurusan tata busana

Selain mempelajari cara merancang busana, jurusan ini juga belajar tentang cara mengamati tren, memilih bahan yang berkualitas, memahami kebutuhan konsumen, hingga memasarkan produk. Pada jurusan ini, kamu juga akan mempelajari bagaimana cara memotong, menggambar, mengedit, hingga menjahit pakaian. 

Lulusan tata busana memiliki masa depan cemerlang mengingat dunia fashion selalu mengalami perkembangan. Jika punya modal dan ilmu mumpuni, kamu bisa menjadi seorang desainer ternama, lho!

6. Jurusan tata boga

Jurusan tata boga memiliki prospek kerja yang beragam. Tidak melulu menjadi juru masak, kepala juru masak atau juri lomba masak, kamu juga bisa menjadi pebisnis kuliner dengan memanfaatkan ilmu di dunia masak-memasak ini.

Jurusan ini tidak memandang gender, jadi wanita maupun pria bisa menggelutinya. Asal mau belajar, kamu yang sudah lulus dari bidang ini pasti terpakai di mana saja.

7. Jurusan pariwisata

Ingin bepergian ke banyak tempat dan dibayar? Cobain jurusan yang satu ini. Tak perlu menunggu sampai lulus karena selama duduk di bangku kuliah pun kamu bisa dipanggil untuk memandu perjalanan konsumen.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang gampang bosan dengan rutinitas. Sebab, akan ada banyak sekali hal-hal baru yang ditemui saat kamu praktek. Jadi, proses belajarnya cukup menyenangkan.

8. Jurusan IT

Jaman sekarang, para lulusan IT itu sangatlah dibutuhkan. Tidak hanya untuk membuat suatu program, tapi juga untuk melindungi dan maintain program agar tidak mudah dibobol oleh hacker, serta menambah fitur-fitur agar program semakin menarik.

Dari segi salary, tidak boleh dianggap remeh karena nominalnya bisa mencapai dua digit per bulannya. Menggiurkan, bukan? Kalau kamu tertarik, kamu bisa pertimbangkan jurusan ini untuk masa depanmu kelak.

9. Jurusan seni musik

Tidak hanya sebagai penyanyi atau pemain musik, lulusan seni musik juga bisa melakoni profesi sebagai guru hingga produser musik. Tentunya sangat menyenangkan karena jurusan ini senantiasa mengasah kreativitas kamu dari hari ke hari guna menciptakan suatu maha karya terbaik.

Karya-karya ciptaanmu lah yang nantinya akan memberikan pundi-pundi rupiah dan popularitas. Kalau kamu orangnya kreatif, berpikiran out of the box, pekerja keras, unik, dan memiliki ciri khas, maka jurusan ini sangat cocok untukmu.

Baca Juga: 5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui

10. Jurusan desain interior

jurusan desain interior
desain interior

Pernah masuk ke galeri seni atau ikut pameran properti? Nah, konsep dan tata letak ruang yang kamu lihat disana adalah hasil pemikiran dan kreativitas para desain interior. Lulusan ini akan belajar bagaimana cara agar suatu ruangan tampak lebih estetik, sehingga yang melihatnya bisa terpukau.

Jurusan ini cocok untuk orang yang kreatif, berjiwa seni, dan mau belajar. Sebab, karya interior yang kamu ciptakan akan selalu berbeda sesuai dengan permintaan klien.

Pilih Jurusan yang Dikuasai

Agar apa yang dipelajari di bangku kuliah bisa menjadi bekal untuk perjalanan karier nanti, sebaiknya pilih jurusan yang benar-benar dikuasai. Sebisa mungkin jangan ikut-ikutan, tapi lebih ke dengarkan kata hati karena pilihanmu saat ini akan mempengaruhi masa depanmu nanti.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Biar Tidak Salah Jurusan