10 Keramik Lantai Bermotif Indah untuk Mempercantik Rumah Idaman

Memiliki tempat tinggal sendiri adalah dambaan setiap orang, terlebih yang baru saja melangsungkan jenjang pernikahan dengan pasangan. Rumah dianggap sebagai salah satu komoditas yang wajib dimiliki saat telah membangun dan memiliki keluarga sendiri. Alasannya tidak lain agar lebih bisa menjadi keluarga yang mandiri dalam mengurus urusan rumah tangga.

Berbicara soal memiliki rumah sendiri, tahukah Anda bahwa ada satu aspek yang memiliki peran krusial dalam memberikan kesan estetik dalam rumah? Ya, elemen penting tersebut adalah keramik lantai yang biasanya baru diaplikasikan saat hunian sudah sampai pada tahap finishing.

Di hampir seluruh hunian masa kini, kebanyakan orang akan memasang keramik lantai agar rumah lebih nyaman untuk ditinggali. Meski terkesan biasa dan umum, jika dipadukan dengan kreativitas hal tersebut dapat memberikan nilai estetis dalam sebuah hunian. 

Bahkan, dengan sedikit usaha, bukan tidak mungkin keramik lantai dalam sebuah rumah menjadi daya tarik utama dalam hunian tersebut. Untuk itu, yuk cek 10 desain keramik lantai dengan motif terindah yang cocok untuk diaplikasikan pada rumah impian Anda. 

Dijamin wujud rumah yang selama ini diidam-idamkan akan menjadi kenyataan dan tidak kalah mewahnya dengan bahan flooring lainnya.

10 Desain Keramik Terbaik

1. Percantik Tampilah Lantai Rumah dengan Keramik Printed

  Keramik Printed

Sumber: dekoruma.com

Semakin pesatnya perkembangan teknologi ternyata juga memiliki dampak dalam bidang arsitektur. Hal ini dibuktikan dengan munculnya inovasi berupa pembuatan keramik lantai dengan media print. Sehingga, dapat disesuaikan dengan motif yang diinginkan. 

Inovasi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengkreasikan gambar atau motif apapun pada keramik dinding, keramik lantai, maupun keramik kamar mandi.

Dalam kata lain, Anda dapat dengan bebas membuat corak pada lantai hunian dengan semenarik mungkin dan disesuaikan dengan hal yang disukai. Jika Anda menyukai motif flora ataupun fauna, keramik printed ini dapat dapat dijadikan pilihan. 

Dengan mengaplikasikannya pemilik hunian dapat mendekorasi setiap ruangan di rumah dengan jauh lebih mudah dan fleksibel. Penempatan perabotan dan pemilihan motif wallpaper juga bisa dengan bebas dipilih oleh penghuni rumah karena Anda bisa mencocokkan lantai dengan barang yang tersedia ataupun sebaliknya. 

Untuk itu, jangan hanya terpaut pada keramik lantai yang monoton karena dengan teknologi keramik printed, siapa saja mampu mewujudkan desain apapun pada pijakan rumah. Asal jangan memilih motif yang terlalu rumit karena dapat membuat rumah terasa penuh dan mungkin menjadi tidak nyaman untuk dihuni.

2. Tumbuhkan Tema Industrial dengan Memasang Keramik Grayscale

  Keramik Grayscale

Sumber: hipwee.com

Hunian dengan gaya industrial kian hari makin memiliki banyak peminat. Tak ayal banyak desain rumah kekinian yang menggunakan konsep ini karena terkesan lebih simpel dan cocok untuk diaplikasikan pada bangunan minimalis. 

Jika Anda berniat untuk membangun rumah dengan konsep industrial, maka pilihan keramik lantai dengan desain grayscale adalah pilihan yang sempurna. Keramik lantai motif grayscale identik dengan warna abu-abu menyerupai semen kering atau beton dan banyak dipasang pada ruangan model terbuka maupun tertutup.

Agar pengaplikasian keramik grayscale tampak maksimal dalam hunian, kurangi dekorasi yang memiliki warna kontras dan bertabrakan. Dengan begitu, nuansa industrial yang modern dapat terpancar dengan lebih kental dalam hunian tempat Anda tinggal.

3. Dapatkan Nuansa Alami pada Lantai Melalui Keramik Bermaterial Batu Alam

  Keramik Batu Alam

Sumber: biopolish.com

Memiliki impian rumah bergaya mewah kini bisa dirasakan oleh siapa saja dengan lebih mudah. Dengan menggunakan keramik lantai bernuansa batu alam, seperti granit dan marmer, Anda dapat menghadirkan kesan hunian mahal serta nyaman untuk ditempati. 

Agar kesan mewah lebih terasa, gunakan keramik lantai motif batu alam yang memiliki ukuran cukup besar. Tak hanya membuat hunian terlihat lebih megah, harga keramik tersebut juga lebih terjangkau.

Maka dari itu, perhatikanlah ukuran keramik dengan material batu alam dan pastikan mengerti cara perawatannya agar rumah senantiasa terlihat mewah. Karena dibandingkan dengan motif lainnya, motif ini mengharuskan penghuni melakukan perawatan ekstra agar lantai tetap terlihat menawan.

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur? Berikut 10 Cara Membuat Desain Kreatifnya Tanpa Bikin Dompet Jebol

4. Simpel Namun Tetap Estetis dengan Keramik Lantai Monokrom

Keramik Lantai Monokrom

Sumber: dekoruma.com

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa hunian dengan nuansa monokromatik terlihat membosankan. Nyatanya, kesan simpel dari warna hitam dan putih pada lantai dapat memberikan nilai estetis yang lebih mengesankan.

Penataan keramik lantai dengan motif monokrom juga dapat dikreasikan dengan berbagai pola. Bisa seperti papan catur ataupun gaya framing yang saling menyatu antar satu ubin dengan yang lainnya. 

Dalam membangun hunian dengan konsep monokrom, Anda harus memperhatikan dengan cermat kualitas cahaya yang ada dalam interior rumah. Dengan begitu, kesan sederhana dari warna hitam dan putih dapat terlihat serasi.

5. Hidupkan Kembali Kesan Klasik dalam Rumah dengan Keramik Mozaik

  Keramik Mozaik

Sumber: mosaickolamrenang.com

Gaya vintage dan klasik seakan tidak akan pernah kehilangan peminatnya. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya hunian yang dibalut dengan konsep tersebut. Untuk lantai, bangunan berkonsep vintage seringkali menggunakan keramik bermotif mozaik dengan susunan warna yang abstrak.

Meski menumbuhkan kesan berani pada ruangan, keramik mozaik sekarang ini memiliki pilihan pola yang lebih beragam dan dapat disesuaikan dengan keinginan penghuni rumah. Jadi, keramik lantai yang memiliki permukaan yang kesat ini dapat diaplikasikan sebagai keramik kamar mandi maupun ruang penting lainnya.

6. Pasang Keramik yang Kental dengan Sentuhan Etnik

  Keramik Etnik

Sumber: hipwee.com

Tidak tertarik dengan motif keramik lantai yang sederhana atau monoton? Motif tradisional dapat dijadikan pilihan alas rumah Anda karena memiliki kesan etnik yang rumit namun tetap tertata dengan presisi. Pola yang kental dengan elemen etnik pada keramik tradisional dapat membuat ruangan terasa tidak membosankan. 

Motif ukir yang simetris ala Moroko maupun gaya batik kawung khas Jawa adalah salah satu jenis keramik etnis yang bisa dipilih. Dengan begitu, Anda dapat memberikan identitas pada hunian sesuai dengan jati diri penghuninya yang bisa membuat takjub para tamu yang berkunjung.

Baca Juga: Ini Bedanya Keuntungan Membeli Rumah Baru dan Rumah Bekas

7. Keramik Lantai Motif Geometrik yang Cocok untuk Pecinta Seni Modern

Keramik Lantai Motif Geometrik

Sumber: dekoruma.com

Karya seni modern memiliki kesan yang abstrak dan berani namun tetap berpola. Jika Anda adalah satu penikmat karya artistik modern, maka keramik lantai model geometrik dapat menjadi variasi yang bisa dipilih.

Memiliki pola lantai persegi 6, 8, hingga jajargenjang, keramik geometrik dapat memberikan kesan anti-mainstream pada hunian impian. Dengan begitu, Anda dapat memberikan kesan modern dalam hunian dengan memasang keramik lantai dengan motif ini.

8. Tampil Beda dengan Mengaplikasikan Keramik Model Abstrak

Keramik Motif Abstrak

Sumber: infocima.co

Demi bisa membuat hunian tampak lebih stand out, memasang lantai dengan model abstrak bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan. Keramik lantai dengan model abstrak mulai banyak digemari karena dapat dikreasikan dengan sebebas mungkin, namun tetap terlihat apik dan tidak berantakan.

Hunian minimalis dan modern tentu sangat cocok dengan keramik lantai model ini karena kesan dinamis akan lebih terasa. Jadi, jangan takut untuk mengaplikasikan motif abstrak pada ubin lantai rumah Anda. Jangan ragu pula untuk memadukan warna lantai yang kontras, seperti abu-abu, putih, oranye, dan juga kuning, agar kesan abstrak lebih menonjol.

9. Keramik Lantai Motif Bata Industrialistik Nan Cantik

Keramik Lantai Motif Bata

Sumber: keramiklantairumah.blogspot.com

Desain bangunan saat ini memiliki konsep yang unik dan bervariasi, tergantung dari kreativitas yang dimiliki penghuninya. Salah satunya dengan pemasangan ubin lantai dengan motif batu bata. Tidak sembarangan, motif tersebut dapat membuat ruangan terasa lebih hidup jika ditata dengan pola yang tepat.

Bahkan, agar memiliki kesan yang lebih noticeable, pemilik rumah dapat memasang keramik lantai motif bata dengan pola diagonal ataupun zig-zag. Dengan begitu, hunian tidak akan terlihat membosankan.

10. Back to Basic, Hidangkan Kesan Hunian Natural dan Hangat dengan Keramik Motif Kayu 

Keramik Motif Kayu

Lantai dengan motif kayu memang telah banyak digunakan sejak zaman dahulu. Kini, hunian dengan konsep tersebut kembali diminati karena dapat memberikan kesan natural dan hangat bagi penghuninya. 

Namun, tidak lagi menggunakan bahan kayu asli, Anda dapat menggunakan keramik lantai yang didesain menyerupai material tersebut untuk bisa  mendapatkan efek yang serupa.

Tak hanya itu, keramik motif kayu juga nampak lebih natural karena diberi sentuhan serta kayu didalamnya. Jika diaplikasikan dengan tepat, keramik motif kayu akan memberikan kesan nyata seperti lantai kayu sebenarnya. 

Jadi, pastikan bahwa Anda memilih model keramik motif kayu yang tepat agar nuansa alami yang diharapkan dapat terwujud.

Baca Juga: Hitung-Hitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Realisasikan Hunian Impian dengan Memasang Keramik Lantai yang Tepat

Sebagian orang yang membangun rumah impian mungkin jarang memerhatikan pentingnya pemilihan motif lantai. Padahal, desain lantai dalam sebuah hunian memiliki peran yang sama pentingnya dengan bagian interior lainnya. 

Untuk itu, agar tempat tinggal lebih terasa nuansanya, gunakan keramik lantai paling cocok dengan konsep hunian dan pilih harga keramik yang sesuai dengan kualitasnya.