10 Manfaat Buah Matoa, Suguhan Lezat, Menyehatkan, nan Eksotis Asal Tanah Papua

Pernahkah Anda menemui buah matoa saat berbelanja buah-buahan? Atau, barangkali Anda baru pertama kali mendengar buah bernama matoa ini? Jadi, seperti apa sih wujud dari buah ini?

Matoa merupakan buah langka asli Indonesia, lebih tepatnya berasal dari tanah Papua. Memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata, buah ini dipercaya memiliki segudang manfaat kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Dilihat dari bentuknya, buah matoa sekilas terlihat tidak jauh berbeda dengan buah maple atau leci dengan bentuk yang lonjong.

Namun, dari rasanya, buah asal Papua ini memiliki rasa manis yang segar seperti perpaduan dari buah rambutan dan leci, serta memiliki tekstur yang berair. Untuk masa berbuahnya sendiri, buah matoa biasanya bisa dipanen di pertengahan tahun antara bulan Juli hingga Oktober saja. 

Mulai dari vitamin E, vitamin C, antioksidan, glukosa, kalsium, dan berbagai mineral melimpah lainnya terkandung di dalam buah tersebut. Lantas, mengapa buah ini begitu langka dan cenderung sulit untuk ditemukan? 

Ternyata, selain memiliki rasa yang lezat dan berbuah di waktu tertentu saja, alasan kelangkaan buah matoa disinyalir karena segudang manfaat kesehatan yang diberikannya. Apa saja? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya. 

Baca Juga: Sarang Semut Papua, Tanaman Khas yang Dipercaya Manjur Obati Kanker Serta Tumor

10 Manfaat Buah Matoa

loader

Buah Matoa dari Papua

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

    Manfaat buah matoa yang pertama adalah mengurangi risiko penyakit kanker. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah ini mampu mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh. 

    Selain itu, dengan dibantu oleh kandungan vitamin C, antioksidan lebih ampuh menghalangi zat karsinogen untuk menyerang tubuh. Jadi, zat karsinogen tidak akan tumbuh dan berkembang menjadi sel kanker yang ganas dan mengancam kesehatan tubuh penderitanya.

  2. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

    Seberapa banyak apapun Anda mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh tetap tidak akan berhasil jika asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak dijaga. Meski hampir setiap hari mengonsumi suplemen kesehatan, pastikan untuk turut membarenginya dengan asupan yang sehat.

    Dalam buah matoa, terdapat kandungan vitamin C yang sudah umum diketahui sebagai zat yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan sering mengonsumsi buah asal Papua ini, tubuh Anda tidak akan mudah terserang penyakit dan lebih berenergi. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari dapat dijalani dengan lebih optimal. 

  3. Membantu Tubuh Atasi Jantung Koroner

    Jantung adalah salah satu organ vital yang dapat terganggu kesehatannya akibat kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Sering mengonsumsi junk food, jarang berolahraga, serta tingkat stres berlebih dapat menimbulkan berbagai penyakit bagi jantung. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

    Kandungan vitamin C dan E-nya lah yang dapat membantu tubuh menyembuhkan jantung koroner. Pasalnya, kedua vitamin tersebut memiliki peran untuk mencegah degenerasi sel tubuh serta meningkatkan fungsi dari pembuluh darah. 

    Jadi, aliran darah akan menjadi lebih lancar dan kesehatan jantung lebih tetap terjaga.

  4. Mencegah Pertumbuhan Berbagai Infeksi Virus Mematikan

    Infeksi virus berbahaya bukanlah suatu hal yang bisa dengan mudah ditumpas oleh tubuh. Tanpa adanya bantuan dari obat dan penanganan medis yang tepat, sulit bagi tubuh untuk dapat sembuh dari infeksi virus mematikan. 

    Selain itu, mengonsumsi buah dan sayur yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah khas dari Papua ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu menguatkan sistem imun tubuh. 

    Dengan sistem imun tubuh yang kuat, pertumbuhan virus berbahaya yang menginfeksi tubuh akan dicegah. Bahkan, beberapa virus mematikan seperti herpes dan HIV dapat berkembang dengan jauh lebih lambat jika sering mengonsumsi buah ini.

  5. Menghilangkan Stres

    Berbagai aktivitas yang dilakukan setiap hari memang seringkali menjadi beban pikiran dan berakhir menjadi stres. Jika dibiarkan terlalu lama, stres dapat berbuntut ke banyak masalah kesehatan, baik mental maupun fisik. 

    Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara agar stres yang dirasa bisa segera tertangani dan tidak menjadi sumber masalah kesehatan lain yang lebih serius. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi buah berwarna hijau kemerahan ini. 

    Buah matoa dapat menjadi obat penenang yang alami karena memiliki kandungan vitamin E serta beberapa senyawa lainnya. Jadi, jika memang sedang mengalami stres dan beban pikiran sudah terlalu berat, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini sembari menjalani aktivitas yang membuat rileks dan menenangkan. 

  6. Meningkatkan Kesuburan pada Pria Juga Wanita

    Bagi pria dan wanita, menjaga tingkat kesuburan organ vital adalah hal yang penting untuk dilakukan. Khususnya bagi yang sudah menikah dan berencana untuk segera memiliki momongan, tingkat kesuburan wajib dijaga agar potensi keberhasilan proses pembuahan semakin tinggi. 

    Kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin E, buah matoa terbukti andal dalam menjaga tingkat kesuburan, tak hanya bagi pria, namun juga wanita. Bagi kaum hawa, vitamin E yang terkandung juga mampu menghasilkan antibodi yang nantinya berperan sebagai pelindung sel telur.

    Sedangkan bagi pria, kandungan vitamin E mampu menjaga kualitas sperma agar dapat membuahi sel telur. Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan buah ini ke daftar belanjaan bulan depan bukan?

  7. Penangkal Alami Radikal Bebas

    Khasiat lainnya yang bisa didapatkan tubuh saat rutin mengonsumsi buah matoa adalah menangkal radikal bebas secara alami. 

    Hal ini disebabkan karena buah tersebut mengandung antioksidan dan vitamin E yang dapat mencegah radikal bebas untuk menggerogoti sel mati dalam tubuh. 

  8. Menjaga Kulit Tetap Sehat

    Manfaat kesehatan yang diberikan oleh buah yang masih jarang diketahui ini kebanyakan berasal dari melimpahnya kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan di dalamnya. Selain memberikan khasiat di atas, kandungan tersebut juga mampu menjaga kesehatan kulit dan terlihat awet muda. 

    Rutin mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan proses regenerasi sel kulit mati. Kandungan vitamin C juga dapat menjaga kulit wajah tampak lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan terjamin kelembapannya. 

    Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar UV, buah matoa mampu menjadi solusi agar kerusakan sel kulit tidak menjadi penyebab kanker kulit. 

  9. Penghalang Pertumbuhan Bakteri

    Tidak hanya virus berbahaya, ternyata buah matoa juga dapat menjadi penghalang pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tubuh. Fakta ini terkuak dari sebuah penelitian yang digarap oleh mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor atau IPB di tahun 2016 lalu. 

    Dalam penelitian tersebut, diketahui jika buah matoa dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri, seperti Streptococcus Sobrinus, Streptococcus Mutan, juga Escherichia Coli atau E Coli.

    Jadi, dengan mengonsumsi buah tersebut, kesehatan tubuh akan terjamin, khususnya pada organ pencernaan.

  10. Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Manfaat yang terakhir adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebabnya karena buah matoa memiliki kandungan zat diuresis yang mampu membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan.

    Dengan begitu, kadar cairan di dalam tubuh yang awalnya terlalu banyak menjadi normal kembali dan tekanan dalam darah dapat diturunkan. Secara tidak langsung, hal ini juga pasti akan membuat kesehatan jantung dan beberapa organ penting lainnya menjadi lebih terjaga kesehatannya. 

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Tetap Konsumsi Buah Matoa Seperlunya agar Manfaat yang Didapatkan Optimal

Jarang diketahui banyak orang, buah matoa adalah buah asal Papua yang ternyata memiliki segudang manfaat hebat bagi kesehatan. Meski begitu, hindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan karena dapat menimbulkan sejumlah efek samping bagi kesehatan, seperti gejala mabuk akibat kandungan glukosanya yang tinggi. 

Yang terpenting, selalu canangkan kebiasaan hidup sehat dan konsumsi makanan dengan nutrisi harian yang lengkap dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terjaga kesehatannya dan kecil kemungkinannya untuk terserang penyakit. 

Baca Juga: Kian Populer, Inilah Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan