10 Orang Terkaya di Dunia Ini Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Pernahkan kita bertanya, buat apa sih sekolah tinggi-tinggi? Toh endingnya juga gak kaya-kaya! Beberapa mungkin iya, dan itu tidak salah kok. Karena entah sudah berapa banyak orang yang mengenyam bangku kuliah tapi malah jadi pengangguran. Sementara orang yang hanya lulusan SMA, justru malah berhasil menjadi orang kaya. Apa iya ada orang kaya yang tidak lulus kuliah? Banyak.

Bahkan beberapa diantara mereka termasuk pada jajaran 10 besar orang terkaya di dunia. Siapa saja? Ini dia:

1. Gabe Newell

Gabe Newell

Gabe Newell via reddit.com

 

Pria ini dikenal sebagai co-founder dari pengembang video game terkenal, Valve Corporation. Dia sebenarnya tercatat sebagai mahasiswa dari Harvard University, namun akhirnya memutuskan berhenti karena menganggap tidak mempelajari apapun selama di sana. Di awal karir, ia bergabung dengan Microsoft, dan belajar segala sesuatu tentang pembuatan perangkat lunak di sana. Setelah 13 tahun bekerja sambil belajar di Microsoft, ia memutuskan untuk keluar dan mendirikan Valve. Sekarang, kekayaan Gabe Newell mencapai USD 1,26 miliar atau Rp16,38 triliun (kurs 1 USD = Rp13.000).

2. Jack Dorsey

Jack Dorsey

Jack Dorsey via wired.co.uk

 

Nama ini terkenal setelah hasil ciptaannya, yaitu situs sosial media, Twitter terkenal di seuruh dunia. Ia mengatakan, sejak kecil, dirinya sudah sangat tertarik dengan dunia komputer dan coding. Bahkan, di usia yang masih sangat muda ia sudah menciptakan software yang saat ini masih banyak digunakan perusahaan taksi di Amerika Serikat.

Dari sejarah pendidikannya, Jack Dorsey sempat masuk di Missouri University of Science and Technology, tapi kemudian pindah ke New York University. Di sana, ia mulai mendirikan Twitter. Namun akibat terlalu fokus pada idenya itu, ia akhirnya dikeluarkan dari universitas. Namun hasil jerih payahnya terbukti sukses, Twitter sekarang sudah memberinya kekayaan hingga USD 2,5 miliar atau Rp32,5 triliun.

3. Sean Parker

Sean Parker

Sean Parker via valleywag.gawker.com

 

Sean Parker adalah seorang entrepreneur, yang juga dikenal sebagai salah satu pendiri situs berbagi file, Napster. Sejak masih anak-anak, Sean sudah sangat tertarik dengan dunia programming and hacking. Bahkan di usia 16 tahun, FBI pernah menangkapnya setelah ia diduga membobol banyak situs perusahaan.

Ketika duduk di bangku SMA, ia direkrut oleh beberapa perusahaan dan sudah bisa menghasilkan uang sampai lebih dari USD 80 ribu atau Rp1,04 miliar per tahun. Dari ini pula, orang tua Sean membiarkannya untuk tidak meneruskan pendidikan di bangku kuliah. Menurutnya, mengerjakan Napster justru lebih memberikan banyak ilmu dibanding sekolah. Saat ini, kekayaan Sean Parker tercatat mencapai USD 2.7 miliar atau Rp35,1 triliun.

Baca Juga: 10 Buku Inspiratif Terbaik Untuk Kamu Yang Mau Kaya

4. Steven Spielberg

Steven Spielberg

Steven Spielberg via wordpress.com

 

Steven Spielberg adalah salah satu tokoh terbesar dalam sejarah perfilman dunia. Sebab, dialah kreator dari berbagai film terkenal seperti Jaws, Schindler’s List, Jurassic Park, dan E.T. the Extra-Terrestrial. Spielberg sudah sangat tertarik dengan dunia film sejak masih kecil. Pada saat remaja, ia sudah menghasilkan banyak film amatir bersama teman-temannya.

Ia sempat memutuskan berkuliah di California State University. Namun, bakatnya sudah tercium oleh Universal Studios yang kemudian memberinya kontrak selama 7 tahun sebagai sutradara. Akibatnya dia dikeluarkan dari kampus. Meskipun begitu, keputusannya itu tidak salah, dia terbukti sukses dan sekarang kekayaan Steven Spielberg mencapai USD 3,6 miliar atau Rp 46.8 triliun.

5. Ralph Lauren

Ralph Lauren

Ralph Lauren via pagesix.com

 

Ralph Lauren adalah salah satu desainer terbesar di dunia fashion. Dia saat ini juga menjadi CEO dari Ralph Lauren Corporation, yang merupakan perusahaan miliknya. Sejak kecil, Ralph sudah bercita-cita menjadi miliuner. Ia sudah bisa menghasilkan uang sejak bangku kuliah dari hasil menjual dasi kepada teman-temannya.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan di Baruch College dengan jurusan bisnis. Namun, ia keluar karena ingin menjadi tentara. Anehnya, ia kemudian  keluar lagi dari pendidikan tentara dan bekerja di sebuah perusahaan produsen dasi. Karena perusahaan tidak pernah menerima desain dasinya, akhirnya ia memutuskan keluar, lalu mulai mendesain pakaian dan mendirikan perusahaan sendiri. Sekarang, kekayaan Ralph Lauren mencapai USD7.1 miliar atau Rp92.3 triliun.

6. Michael Dell

Michael Dell

Michael Dell via benzinga.com

 

Michael Dell adalah contoh orang sukses tanpa gelar sarjana lain. Sejak kecil, bakatnya dalam dunia bisnis sudah mulai muncul. Di usia sangat muda, ia sudah mampu mendapatkan penghasilan sendiri dari bekerja paruh waktu lalu menginvestasikannya di sektor tambang dan saham. Dari hasil jerih payahnya, ia kemudian membeli komputer pertama yang membuatnya menemukan ketertarikan pada dunia IT.

Hanya 4 tahun setelah membeli komputer pertama, ia mendirikan Dell dengan modal hanya USD1,000 atau Rp13 juta. Saat itu, ia tercatat sebagai mahasiswa di University of Texas. Namun, bisnisnya ternyata tumbuh sangat cepat hingga membuatnya harus keluar dari kampus untuk fokus mendirikan perusahaan. Hasilnya, Dell sekarang sudah menjadi produsen komputer kelas atas dan memberinya kekayaan sebesar USD18.7 miliar atau Rp243.1 triliun!

7. Sheldon Adelson

Sheldon Adelson

Sheldon Adelson via vosizneias.com

 

Sheldon Adelson adalah bos dari kasino Las Vegas Sands. Sejak lahir, ia hidup dalam kemiskinan yang membuatnya harus mencari uang sejak masih anak-anak. Pada usia 12 tahun, ia sudah mulai bekerja menjual koran di Boston, Amerika Serikat. Setelah lulus SMA, Adelson sempat berkuliah di City College of New York, namun itu hanya bertahan 2 tahun karena harus bergabung dengan militer.

Tapi, ketertarikannya pada dunia bisnis membuatnya keluar dari militer lalu mulai mendirikan banyak perusahaan. Saat ini, kekayaan Sheldon Adelson tercatat mencapai USD28.7 miliar atau Rp373.1 triliun.

8. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg via abcnews.go.com

 

Namanya sekarang sudah sangat terkenal sejak situs sosial media ciptaannya, Facebook terkenal di seluruh dunia. Sejak anak-anak, Zuckerberg kecil sudah sangat tertarik pada dunia teknologi. Hal itu dibuktikan dengan mulai membuat perangkat lunak dan permainan komputer. Bakatnya makin terasah di bangku SMA, hingga ia memutuskan kuliah di Harvard University.

Sejak awal masuk kuliah, ia sudah mulai membangun Facebook. Sayangnya, akibat terlalu fokus pada ciptaannya, ia kemudian di-dropout oleh pihak universitas. Namun, apa yang dilakukannya terbukti memberikan hasil luar biasa. Facebook menjadi situs sosial media terbesar dan memberikannya kekayaan hingga USD34.8 miliar atau Rp452.4 triliun. Wow!

9. Larry Ellison

Larry Ellison

Larry Ellison via nypost.com

 

Larry Ellison adalah salah satu orang terbesar dalam dunia teknologi saat ini. Sejak sekolah, ia dikenal sangat hebat dalam pelajaran IPA dan matematika. Setelah lulus SMA, Larry memutuskan untuk berkuliah di University of Illinois, namun hanya bertahan 2 tahun setelah ia dikeluarkan. Setahun kemudian, ia memutuskan kembali berkuliah di University of Chicago, tapi hanya satu semester.

Setelah tidak kuliah, ia memutuskan pindah ke California untuk mencari pekerjaan di sana. Pada 1977, ia mendirikan Oracle Corporation, yang mengkhususkan diri pada pembangunan perangkat keras dan lunak. Oracle jugalah yang memberinya kekayaan hingga tercatat sebagai orang terkaya nomor 5 di dunia. Saat ini, kekayaan Larry Ellison tercatat sebesar USD54.9 miliar atau Rp713.7 triliun.

10. Bill Gates

Bill Gates

Bill Gates via confidentvoice.com

 

Inilah orang terkaya yang ada di daftar kita. Bill Gates adalah seorang programmer, pebisnis, inovator, dan orang terkaya di dunia saat ini! Sejak masih remaja, Gates muda sudah menemukan ketertarikan besar pada dunia programming yang ia pelajari selama sekolah. Saat itu, ia bertemu murid lain bernama Paul Allen yang memiliki ketertarikan pada dunia yang sama. Mereka lalu menjadi teman baik dan banyak menghabiskan waktu bersama untuk melakukan coding.

Setelah lulus SMA, Paul memutuskan masuk ke Washington State University, sementara Gates ke Harvard. Uniknya, mereka berdua sama-sama dikeluarkan akibat terlalu fokus untuk menciptakan perusahaan produsen perangkat lunak, Microsoft. Perusahaan itulah yang kemudian membuat Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia dengan harta sebanyak USD80.4 miliar atau Rp1.045,2 triliun! Hebat!

Baca juga: Ini Dia! 7 Hewan Paling Kaya Di Dunia

Pendidikan Bukan Tolak Ukur Kesuksesan Seseorang

Kalau melihat orang-orang di atas, bisa saja kita merasa menjadi tidak perlu sekolah tinggi-tinggi untuk mendapat kesuksesan. Namun, tidak semua benar kok. Pendidikan sebenarnya menjadi penunjang itu semua, namun yang terpenting adalah ketrampilan dan keuletan dalam menekuni suatu bidang yang kita sukai.

Lakukan sesuatu karena kamu memang menyukainya, bukan karena ikut-ikutan atau atas dasar terpaksa untuk menyenangkan orang lain. Orang-orang di atas telah membuktikan itu semua, kesuksesan yang mereka raih berasal dari hal yang hal yang disukai. Meskipun sampai harus di-drop out atau dikeluarkan dari kampus, tapi keyakinan mereka untuk fokus pada tujuanlah yang membuat kesuksesan itu datang hingga membuatnya menjadi orang terkaya.

Baca juga: 6 Blogger Terkaya di Dunia, Siapa Saja?