10 Resolusi 2021 Inspiratif agar Keluarga Harmonis dan Tetap Kompak

Setiap orang pastinya mendambakan punya keluarga harmonis dan bahagia. Hidup tenang, damai, tenteram, susah senang selalu bersama. Keluarga harmonis menjadi surganya dunia. 

Di tahun baru ini, mungkin banyak dari Anda yang sibuk membuat resolusi untuk karier, bisnis, pendidikan, perusahaan, maupun harapan untuk membeli rumah dan lainnya. Namun jarang yang memiliki resolusi membangun keluarga harmonis. 

Jika selama ini Anda kerap melupakan resolusi untuk keluarga, yuk sekarang saatnya. Masukkan keluarga harmonis dalam resolusi Anda di tahun 2021. 

Cara untuk mewujudkan keluarga harmonis, tentunya dengan membangun keakraban, manajemen waktu yang baik, serta sering berkumpul bersama pasangan maupun anak-anak. 

Berikut resolusi untuk menciptakan keluarga harmonis di tahun 2021:

Baca Juga: Corona Belum Reda, Begini Cara Siapkan Dana Kebutuhan Keluarga

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Berkumpul di Meja Makan

makan bersama keluarga  

Resolusi pertama, mulai dari hal yang paling mudah yaitu makan bersama. Jika mungkin pada tahun-tahun sebelumnya seluruh anggota keluarga jarang memiliki waktu untuk makan bersama di rumah karena kesibukan aktivitas masing-masing, maka untuk tahun ini usahakan sesering mungkin bisa melakukan makan bersama.

Seluruh anggota keluarga harus berkomitmen meluangkan waktu untuk makan bersama, baik di pagi hari, siang hari, atau malam hari. Pilih waktu yang paling tepat untuk semua anggota keluarga. Kebersamaan di meja makan dapat membuat perkembangan sosialisasi anak menjadi lebih baik.

2. Melaksanakan Ibadah

ibadah bersama

Anda juga bisa melakukan ibadah bersama dengan seluruh anggota keluarga. Misalnya, pergi ke gereja bersama pada hari Minggu bagi umat Kristiani.

Bagi umat Islam, bisa melakukan shalat berjamaah bersama pada waktu yang memungkinkan. Waktu yang tepat biasanya shalat Maghrib dan Isya bersama.

Sebab pada waktu tersebut, kemungkinan seluruh anggota keluarga sudah berada di rumah. Selain meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan, ibadah bersama juga dapat meningkatkan keimanan.

3. Kurangi Main Gadget 

mengurangi penggunaan gadget

Poin nomor 3 memang terkesan sedikit sepele. Padahal dampaknya sangat besar bagi kebersamaan keluarga. Tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital seperti saat ini, Anda atau keluarga lebih banyak berinteraksi dan berkutat dengan gadget, seperti smartphone. 

Bahkan ketika sedang berkumpul sekalipun. Gadget tak pernah hilang dari pandangan. Walhasil, gadget malah menjadikan yang dekat semakin menjauh.

Untuk mengurangi kebiasaan ini, sebaiknya buat sebuah komitmen untuk mengurangi intensitas pemakaian gadget, termasuk saat tengah menikmati waktu bersama. Misalnya ketika di meja makan, nonton TV  di ruang keluarga.

Bisa juga membuat komitmen, misalnya di atas jam 7 malam, seluruh anggota keluarga harus mematikan gadget-nya. Jika ada yang melanggar, akan diberi hukuman, contoh membayar denda yang nantinya bisa digunakan untuk tabungan keluarga.

Sebagai ganti dari komitmen tersebut, usahakan membuat suasana kebersamaan lebih akrab. Contohnya dengan saling bertukar cerita kegiatan hari ini, bermain bersama, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

4. Berlibur atau Berekreasi

liburan bersama keluarga

Setidaknya Anda harus berlibur bersama keluarga sekali dalam sebulan. Selain semakin mempererat hubungan satu sama lain, liburan juga dapat menghilangkan stres atau kejenuhan dari padatnya aktivitas sehari-hari.

Liburan tidak harus pergi ke luar kota maupun ke luar negeri. Anda bisa menjadwalkan jalan-jalan ke beberapa lokasi wisata yang ada di kota Anda. Bisa juga dengan makan malam bersama di luar rumah pada akhir pekan.

Tetapi karena sekarang masih pandemi, lebih baik tetap di rumah saja guna menghindari penularan virus corona. Lakukan hal-hal menyenangkan bersama keluarga selama di rumah. 

5. Mengabadikan Momen ke Dalam Bentuk Foto

berfoto bersama keluarga

Jika Anda terbiasa berselfie bersama teman-teman, Anda pun bisa melakukan hal seru tersebut bersama keluarga. Coba mengajak seluruh anggota keluarga untuk melakukan foto bersama saat sedang santai di rumah atau ketika pergi jalan-jalan di luar.

Bisa juga dengan meluangkan waktu untuk pergi ke studio foto untuk foto bersama. Kemudian foto diperbesar, dibingkai, lalu dipajang di rumah.

6. Melakukan Aktivitas Bersama

bermain bersama keluarga

Melakukan aktivitas bersama juga bisa membuat hubungan seluruh anggota keluarga semakin erat dan harmonis. Kegiatan ini tidak hanya ditujukan untuk anak-anak saja, namun orangtua juga tetap bisa ikut bermain bersama.

Pilih permainan yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga, misalnya bermain kartu remi, dakon, kartu uno, atau membuat sebuah perlombaan kecil, seperti lomba joged balon, tiup bola di air, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Tips Jitu Menyiapkan Dana Darurat Sebelum Kondisi Gawat

7. Menonton Film

menonton film bersama keluarga

Tidak hanya bersama dengan teman-teman kuliah atau kantor saja. Anda juga bisa menonton film bersama dengan keluarga, baik di bioskop ataupun di rumah.

Jika ingin menghemat biaya, Anda bisa menonton DVD atau streaming film di rumah. Anda tidak harus menonton film terbaru saat ini.

Coba pilih beberapa film lama yang menawarkan cerita bagus yang cocok ditonton oleh semua anggota keluarga. Dengan begitu, Anda bisa tertawa atau merasakan suasana dan emosi pada film secara bersama-sama.

8. Merawat Tanaman

berkebun bersama

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan bersama adalah merawat tanaman yang ada di rumah bersama-sama. Selain membuat hubungan keluarga semakin erat, akan membuat seluruh anggota keluarga mempunyai peran dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Beberapa anggota keluarga bisa bertugas untuk memotong rumput. Yang lain menanam tanaman di pot, dan anggota keluarga lainnya menyiram tanaman. 

9. Mencoba Resep Masakan

memasak bersama

Anda bisa mencoba membuat resep kue atau masakan yang selama ini belum sempat dicoba. Mulailah mencari beberapa resep tersebut di situs-situs memasak yang ada di internet.

Setelah menentukan menu apa yang akan dibuat, Anda bisa membagi tugas pada masing-masing keluarga. Misalnya ada yang bertugas untuk mengocok telur.

Kemudian lainnya memotong daging, mengayak tepung, menyiapkan oven, dan lainnya. Setelah hidangan jadi, nikmati sambil menonton siaran televisi favorit.

10. Bermain Musik 

bermain musik bersama

Resolusi yang terakhir adalah bermain musik bersama. Anggota keluarga yang bisa memainkan alat musik harus mengiringi anggota keluarga lainnya yang bernyanyi.

Pilihlah lagu yang dimengerti dan disukai oleh hampir seluruh anggota keluarga. Hal ini akan memudahkan semuanya untuk bernyanyi bersama.

Komunikasi Terjalin dengan Baik

Sebanyak 10 resolusi di atas bisa dicoba agar keluarga Anda bisa semakin harmonis dan selalu bahagia. Dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan di atas, komunikasi antar anggota keluarga akan terjalin dengan baik.

Jadi tidak akan ada istilah rumah sebagai “tempat singgah” saja. Di mana anggota keluarganya hanya datang untuk makan dan tidur kemudian pergi lagi. Selamat mencoba.

Baca Juga: Hemat dan Praktis, Ini Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Keluarga