10 Tempat Belanja Termurah di Jakarta

Menjadi kota terbesar di Indonesia, sudah pasti Jakarta memiliki sejumlah tempat belanja yang lengkap dan terbilang memadai jika dibandingkan kota lainnya. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan banyak orang yang tinggal di Jakarta atau bahkan sekedar datang ke sana untuk berbelanja saja, sebab kota ini memiliki beragam pusat perbelanjaan yang akan memanjakan selera para pecinta belanja. Lengkap dan beragam, kedua kata ini tentu bisa menjadi sebuah magnet untuk orang-orang yang sangat hobi belanja.

Meski menjadi kota yang luar biasa ramai dengan tingkat biaya hidup yang terbilang cukup tinggi, bukan berarti Jakarta tidak memiliki pusat perbelanjaan yang ramah di kantong. Di lain sisi, kota ini justru menawarkan berbagai pusat perbelanjaan yang cukup beragam, sehingga para pecinta belanja bisa memiliki banyak pilihan untuk dikunjungi.

Bukan hanya lokasinya saja, namun pada umumnya setiap pusat perbelanjaan juga akan menawarkan produk-produk tertentu yang menjadi andalan. Hal ini menjadi sebuah kemudahan bagi para calon pengunjung, sebab mereka bisa dengan mudah menentukan ke mana mereka akan melakukan wisata belanja mereka, termasuk menyesuaikan budget belanja yang mereka miliki juga. Bagaimanapun juga, belanja hemat tentu selalu patut untuk dipertimbangkan, bukan?

Untuk referensi belanja hemat, simak 10 tempat belanja murah di Jakarta berikut ini:

Baca Juga: 28 Situs Populer untuk Anda yang Gemar Belanja Online

1. Pasar Senen

loader
Pasar Senen via damniloveindonesia.com

Pasar Senen menjadi salah satu tempat belanja paling populer di Jakarta. Letaknya yang strategis serta mudah dijangkau, menjadi sebuah nilai lebih bagi pasar yang selalu dipadati pengunjung ini. Hal ini juga menjadi sebuah tantangan tersendiri saat berkunjung ke Pasar Senen, sebab ribuan pengunjung akan memenuhi area pasar yang terbilang sangat padat ini.

Hampir sama dengan beberapa pasar lainnya di Jakarta, Pasar Senen juga akan menawarkan sistem belanja tawar-menawar, jadi pastikan Anda memang lihai dengan kegiatan tersebut, sebelum berkunjung ke pasar ini.

Ada banyak barang murah yang bisa ditemukan di sini, mulai dari tas, aksesoris, dompet, bahkan pernak-pernik lainnya. Soal harga, jangan ditanya, sebab selama belasan tahun belakangan pasar ini memang dikenal murah dan banyak menjadi tempat belanja pilihan bagi para pedagang yang akan menjual kembali barang-barang tersebut di lokasi lain. Jika melihat kenyataan ini, tentu harganya tidak perlu diragukan lagi, bukan?

2. Pasar Tanah Abang

Bukan hanya populer bagi para pecinta belanja lokal saja, namun pusat perbelanjaan Tanah Abang bahkan begitu dikenal oleh para wisatawan luar yang berkunjung ke Jakarta. Beragam jenis pakaian serta kain bisa ditemukan dengan mudah di sini, baik itu dalam bentuk penjualan grosir atau bahkan eceran juga tersedia. Jadi jangan heran jika pasar ini tidak pernah sepi sepanjang tahun, terutama di waktu-waktu tertentu seperti musim liburan dan Bulan Ramadhan.

Harga yang murah dan juga jumlah pilihan yang sangat banyak, menjadi pertimbangan khusus untuk selalu mengunjungi Pasar Tanah Abang. Sistem tawar-menawar yang biasa terjadi juga akan menjadi daya tarik tersendiri, sebab peluang untuk mendapatkan harga termurah akan selalu terbuka lebar saat belanja di sini. Pasar ini juga mudah diakses dengan kendaraan umum, mulai dari kereta, busway, bahkan hingga angkot sekalipun melintas di depannya.

3. Pasar Rawa Bening

loader
Pasar Rawa Bening via blogspot.com

Bagi para pecinta batu mulia dan juga berbagai jenis batu berharga lainnya, Pasar Rawa bening tentu menjadi pilihan yang sangat tepat. Di pasar ini, berbagai jenis batu mulia bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari yang murah hingga yang harganya mencapai ratusan juta rupiah. Bukan hanya pengunjung lokal saja, Pasar Rawa Bening juga dikenal baik oleh para pecinta batu mulia dari luar negeri.

4. Pasar Asemka

Berniat untuk mencari aksesori atau bahkan souvenir pernikahan yang unik dan lucu? Tidak perlu ke Jogja atau kota lainnya, sebab di Pasar Asemka juga barang-barang tersebut sangat banyak tersedia. Beragam pilihan aksesoris serta barang-barang souvenir lainnya bisa ditemukan dengan mudah di pasar ini, mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun ada.

Bukan hanya itu saja, Pasar Asemka juga menjadi pusat penjualan beragam jenis mainan anak, baik itu yang berasal dari produksi lokal, ataupun mainan impor yang sulit ditemukan di tempat lain. Barang-barang di sini ditawarkan dengan harga yang murah, bahkan masih mungkin untuk ditawar menjadi lebih murah lagi.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

5. Pasar Mayestik

loader
Pasar Mayestik via wikimedia.org

Pasar yang menyediakan beraneka jenis kain serta pakaian jadi ini, sangat banyak dikunjungi oleh mereka yang memang membutuhkan busana untuk momen tertentu, seperti: pernikahan, wisuda, dan yang lainnya. Di Pasar Mayestik, pengunjung tidak hanya akan disuguhi dengan pilihan kain yang beragam saja, namun tempat ini juga menyediakan tukang jahit pakaian profesional, sehingga kain yang dibeli bisa langsung dijahitkan di sana.

Sangat membantu bukan? terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan yang tinggi dan waktu yang sempit untuk urusan tersebut. Bukan hanya itu saja, penjahit di sini juga bisa memberikan hasil jahitan yang baik dan rapi, sehingga layak untuk dipertimbangkan.

6. ITC Mangga Dua

Menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling lengkap di Jakarta, bisa dipastikan ITC Mangga Dua tidak pernah sepi dari pegunjung. Begitu populernya tempat ini, sehingga kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Jakarta tidak akan melewatkan kesempatan untuk belanja di sini.

Meski begitu, ITC Mangga Dua tetap memberikan harga yang murah dan terjangkau untuk berbagai produk yang tersedia di sana. Ada banyak produk yang dijual di pasar ini, mulai dari pakaian, sepatu, jam tangan, bahkan berbagai aksesoris menarik lainnya juga tersedia. Jika berniat untuk belanja dan menjual kembali barang-barang tersebut, maka tempat ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang baik, sebab pembelian secara grosir dan eceran bisa dilakukan di sini.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kebiasaan Shopping Wanita Indonesia

7. Pasar Baru

loader
Pasar Baru via wordpress.com

Lengkap dan menyediakan berbagai jenis barang, pasar baru juga menjadi salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh para pecinta belanja di Jakarta. Berbagai jenis pakaian dan kain berkualitas bisa ditemukan di tempat ini, tentunya dengan harga yang terbilang sangat ramah di kantong.

Pasar Baru juga menyediakan berbagai jenis kosmetik, aksesoris, dan bahkan peralatan salon yang cukup lengkap, sehingga pengunjung bisa menemukan berbagai kebutuhan mereka dengan mudah di pasar yang satu ini. Beberapa toko tekstil di sini juga sekaligus menyediakan jasa jahit pakaian, sehingga pengunjung bisa membeli kain dan langsung menjahitkannya di sana.

8. Pasar Jatinegara

Lebaran akan segera tiba, kebutuhan akan kue-kue kering dan penganan lainnya tentu menjadi hal yang selalu ingin dipenuhi dengan baik. Lakukan hal ini dengan mudah di satu tempat saja, yakni dengan mendatangi Pasar Jatinegara.

Sejak lama Pasar Jatinegara memang terkenal dengan beragam kue kering yang cukup lengkap, jadi tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini sebelum lebaran nanti. Bukan hanya lengkap saja, namun berbagai jenis kue kering di sini juga terkenal enak dan dijual dengan harga yang terjangkau.

9. Pusat Grosir Cililitan (PGC)

loader
Pusat Grosir Cililitan via panoramio.com

Pusat perbelanjaan yang satu ini juga menjadi salah satu yang paling lengkap di wilayah Jakarta, sebab berbagai barang bisa ditemukan dengan mudah di sini. PGC menjadi tempat yang tepat untuk mencari berbagai macam aksesoris, souvenir, handphone, dan bahkan tas serta pakaian. Bukan hanya lengkap saja, namun pasar yang satu ini juga terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau, bahkan paling murah di antara yang lainnya.

10. Pasar Bunga Rawa Belong

Perlu bunga untuk acara ulang tahun, pernikahan, atau bahkan sekedar untuk menjadi hadiah bagi pasangan? Pasar Bunga Rawa Belong akan menyediakan semua kebutuhan tersebut dengan baik. Di sini pengunjung dengan mudah bisa menemukan puluhan jenis bunga yang indah, baik itu bunga lokal ataupun yang impor dari berbagai negara.

Belanja Hemat dan Lebih Menyenangkan

Jika dibandingkan dengan kota lainnya, jelas Jakarta mematok jumlah biaya hidup yang jauh lebih besar. Namun belanja di kota ini tidaklah harus selalu mahal, mengingat Jakarta memiliki banyak pusat perbelanjaan yang murah dan lengkap. Pilih dan datangi pusat perbelanjaan yang tepat, sehingga berbagai kebutuhan bisa ditemukan dengan mudah dan murah.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Generasi X, Y, dan Z dalam Berbelanja