10 Tips Membangun Kekayaan dari Nol Bagi Generasi Millenial

Jujur saja, siapa sih yang tidak mau menjadi orang kaya? Nampaknya tidak ada karena dengan kekayaan kita bisa membeli atau mendapatkan apapun yang diinginkan tanpa perlu menunggu. 

Sayangnya, membangun kekayaan terutama yang dimulai dari modal nol tidaklah gampang. Butuh perjuangan, kerja keras, dan pengorbanan lebih agar impian ini bisa terwujud. Bahkan setelah berjuang keras pun bisa gagal juga.

Namun, kegagalan tersebut bisa diminimalisir dengan tips-tips membangun kekayaan dari nol berikut. Apa saja? Yuk, langsung disimak bersama.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tekuni apa yang dikerjakan

tekuni yang sedang dikerjakan

Kedengarannya sepele, tapi bertekun pada apa yang dikerjakan nyatanya sangat sulit. Diperlukan kedisiplinan tinggi agar Anda tetap niat dan konsisten untuk bekerja pada satu bidang. Juga tidak langsung menyerah saat ada tantangan, melainkan berusaha mencari jalan keluar agar tantangan bisa terselesaikan.

Di dalam suatu tantangan, terdapat pelajaran yang bisa dipetik. Suatu pelajaran yang bisa menjadikan diri Anda lebih baik dari hari ini.

2. Kerjakan dengan sungguh-sungguh

Jangan asal bekerja saja, dengan prinsip yang penting selesai. Jika seperti ini, potensi terjadinya kegagalan sangat besar. Berhasil pun hasil yang didapat tidak maksimal seperti yang diharapkan saat Anda membuat suatu rencana. 

Apapun yang ingin dikerjakan, sebaiknya kerjakan dengan sungguh-sungguh. Curahkan waktu, pikiran, dan tenaga agar bisa fokus pada pekerjaan tersebut. Percayalah, hasil yang didapatkan pasti maksimal.

Baca Juga: 12 Cara Menjadi Kaya Dengan Menghemat Anggaran Rumah Tangga

3. Lakukan dengan sepenuh hati

lakukan dengan sepenuh hati

Bekerja dengan sungguh dan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang memuaskan. Sebab, Anda sendiri tidak keberatan bila harus mengorbankan banyak hal untuk mengerjakannya. Sekalipun itu mengorbankan kesenangan pribadi.

Anda siap bekerja sampai larut malam, bahkan bekerja saat weekend demi mencapai kekayaan. Tapi, tidak lupa untuk menjaga kesehatan demi menunjang performa kerja. 

4. Tentukan target

Mewujudkan segala sesuatu tentu lebih mudah bila disertai dengan target yang jelas. Sekarang saatnya tentukan di tahap seperti apa Anda akan menyebut diri sendiri kaya. Apakah saat sudah punya rumah sendiri, kendaraan, dan tabungan yang banyak, atau seperti apa?

Target ini penting sebagai tolak ukur kinerja Anda selama ini. Jika pencapaian masih jauh dari target, Anda bisa lebih giat lagi bekerja demi tercapainya target kekayaan yang diinginkan.

5. Menantang diri sendiri

menantang diri sendiri

Seseorang yang ingin hidup sukses dan kaya harus berani menantang dirinya sendiri. Tantangan ini bisa berupa keluar dari zona nyaman maupun mencoba hal-hal baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. 

Hasilnya bisa dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan diri sendiri terhadap suatu hal. Dari tantangan inilah Anda bisa mengenal diri sendiri sekaligus memperbaiki diri, jadi bisa semakin baik lagi kedepannya.

6. Berani ambil risiko

Saat menantang diri, pasti muncul berbagai risiko yang seringkali menjerumuskan pada kegagalan. Tapi, percayalah, semakin berani Anda mengambil risiko, maka semakin cepat kesuksesan dan kekayaan itu menghampiri. 

Ambil contohnya berinvestasi saham yang banyak risikonya. Namun, Anda tidak keberatan kalau harus rugi saat pertama kali memulainya sebelum pada akhirnya bisa mendapatkan keuntungan berlimpah.

Baca Juga: Kamu Mau Jadi Orang Kaya? Bisa Banget, Ini Kuncinya

7. Jangan cepat berpuas diri

jangan cepat berpuas diri

Sebaiknya jangan cepat berpuas diri meskipun keinginan Anda untuk kaya raya terwujud. Kepuasan ini secara tidak langsung dapat menimbulkan rasa malas, yang membuat performa kerja menurun. Alasannya karena semuanya sudah terwujud, jadi untuk apa lagi bekerja dengan gigih?

Perlu diketahui kalau kekayaan itu hanya sesaat saja. Jika dimanfaatkan atau dikelola dengan cara yang salah, maka kekayaan bisa hilang dalam sekejap. 

8. Percaya diri

Seseorang yang ingin kaya raya percaya sama apa yang dilakukannya. Anda juga harus demikian. Tidak perlu takut atau gemetaran saat bertemu dengan orang-orang baru untuk membicarakan bisnis. Usahakan untuk santai sambil menunjukkan gestur tubuh yang meyakinkan, sehingga orang lain percaya kalau Anda bisa diandalkan dalam bisnis tersebut. 

Kalau bukan Anda yang percaya sama kemampuan diri sendiri, siapa lagi? Untuk itu, latihlah rasa percaya diri sedini mungkin kalau porsinya dirasa masih kurang.

9. Libatkan orang lain

libatkan orang lain

Sukses itu tidak dicapai seorang diri. Anda membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekitar, seperti keluarga, teman, bahkan orang yang tidak dikenal untuk membangun kesuksesan. Terlebih lagi bila ingin membuka suatu bisnis.

Jadi, jangan mau bekerja seorang diri. Ajaklah orang lain untuk ikut berkontribusi pada prosesnya, sehingga orang lain juga bisa merasakan suksesnya juga.

10. Kelola kekayaan dengan baik

Kekayaan yang diperoleh bukan untuk dihabiskan, melainkan dikelola dengan baik. Tentunya dengan membuat anggaran setiap bulan. Berapa yang ingin dihabiskan, ditabung, dan diinvestasikan. 

Pengelolaan ini akan membantu Anda untuk terhindar dari gaya hidup konsumtif, sehingga kekayaan yang dicari selama ini tidak habis begitu saja. Melainkan dapat disalurkan ke instrumen yang menguntungkan.

Percaya Kalau Anda Bisa Kaya

Meskipun Anda yang sekarang bukan orang kaya, tapi percayalah kalau suatu hari nanti bisa menjadi kaya dan dikenal oleh banyak orang. Tentu dengan melakukan tips-tips membangun kekayaan dari nol di atas, ya! Good luck!

Baca Juga: 10 Orang Ini Menjadi Kaya Karena Youtube