11 Pekerjaan Menarik Buat Anda Para Lulusan SMA

Ada banyak orang yang memutuskan untuk langsung bekerja setelah lulus SMA. Namun, bekerja setelah lulus SMA tentu akan sangat berbeda dengan bekerja setelah menyelesaikan kuliah, sebab kemampuan dan skill yang dimiliki juga tentu akan berbeda pula. Namun jangan khawatir, ada banyak juga pekerjaan yang bisa dipilih meski hanya lulusan SMA saja. Bahkan jika ternyata memiliki skill di bidang tertentu, kamu akan lebih mudah untuk menemukan sebuah pekerjaan di bidang tersebut.

Tidak perlu takut ketika akan mulai mencari pekerjaan di usia yang masih sangat muda, di luar sana ada banyak sekali peluang kerja yang sesuai dengan usia kamu. Awalnya mungkin akan sedikit kebingungan untuk mulai mencari sebuah pekerjaan, namun jika sudah tahu minat dan kelebihan apa yang dimiliki, maka akan mudah menemukan sebuah pekerjaan yang paling tepat untuk dijalankan.

Beberapa pekerjaan di bawah ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan setela lulus SMA:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Operator Produksi

loader Operator Produksi via cdn.idntimes.com

Jika berminat untuk masuk ke dalam sebuah perusahaan industri, maka bisa  memilih pekerjaan ini untuk dijalankan. Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki banyak industri di berbagai bidang, dan semua perusahaan tersebut tentu akan membutuhkan operator produksi dalam menjalankan usaha yang mereka lakukan.

Kamu bisa mencoba menjadi salah satu operator produksi disebuah perusahaan atau pabrik, sebab pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh para lulusan SMA. Ada banyak sekali perusahaan industri di luar sana membuat kamu memiliki banyak sekali peluang di bidang ini.

2. Customer Service

loader

Menjadi customer service juga bisa menjadi pilihan, terutama untuk yang perempuan, sebab pada umumnya perusahaan akan mempekerjakan staf perempuan dalam bidang ini. Hampir semua kantor akan memiliki staf customer service, yang tugasnya tentu saja menangani berbagai keluhan dan juga urusan yang terkait dengan pelanggan atau klien perusahaan. Dengan begitu, kamu akan memiliki banyak peluang bekerja sebagai customer service pada kantor-kantor tersebut.

Meski terlihat sederhana, namun pekerjaan customer service juga akan membutuhkan sejumlah pengetahuan yang cukup luas. Hal ini biasanya terkait erat dengan produk atau layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan, jadi siap-siap untuk mempelajari hal tersebut sejak awal.

Baca Juga: First Impression Itu Penting, Berikut Cara Membuat CV Agar Menarik Perhatian HRD

 

3. Polisi

loader Polisi via wikimedia.org

Mendaftar di Akademi Kepolisian juga bisa menjadi pertimbangan untukmu, terutama bagi yang memang memiliki minat atau cita-cita di bidang tersebut. Ini tentu akan membutuhkan sejumlah syarat dan juga ketentuan yang ketat, jadi pastikan telah memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, agar jalanmu menjadi seorang polisi bisa ditempuh dengan lancar.

4. Asisten Pilot

loader

Tidak pernah berpikir sebelum ini mengenai peluang kerja di bidang penerbangan dengan hanya mengandalkan ijazah SMU, bukan?

Jika kamu lulusan SMU jurusan IPA, maka Anda bisa memiliki peluang menjadi asisten pilot meski hanya lulusan SMA saja. Saat ini, ada beberapa perusahaan maskapai penerbangan yang membuka pelatihan pilot untuk lulusan SMA, jadi kamu bisa memiliki peluang kerja di bidang ini setelah lulus SMA.

5. Tenaga Data Input

loader

Pekerjaan ini hanya akan sangat tepat untuk Anda yang memiliki ketelitian yang sangat tinggi dan juga kesabaran tentunya. Anda akan melakukan pekerjaan menginput sejumlah data ke dalam sistem yang telah ditentukan, di mana kejelian dan juga ketelitian Anda akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

6. Penulis

loader

Pekerjaan ini sangat tepat untuk yang memang memiliki hobi menulis, apalagi jika selama ini telah terbiasa mengembangkan hobi tersebut. Menjadi penulis bisa dijadikan sebagai pekerjaan setelah lulus SMA, sebab saat ini ada banyak sekali media online yang mau menerima penulis lepas, di mana kamu bisa bekerja secara online bersama mereka. Ini akan menyenangkan, terutama jika kamu memang benar-benar menyukai bidang tulis menulis.

Baca Juga : Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

7. Anak Buah Kapal (ABK)

loader
Anak Buah Kapal via 8plus-group.com

Ini pekerjaan yang akan sangat membutuhkan kekuatan fisik dan juga mental, sebab bisa saja berbulan-bulan kamu akan meninggalkan rumah dan berada jauh di lautan. Menjadi seorang ABK dituntut untuk memiliki skill di bidang tertentu, karena di dalam selama berlayar kapal akan membutuhkan berbagai macam tenaga dan juga keahlian dari para pekerjanya / ABK. Ini bisa saja bukan sebuah pekerjaan yang tidak mudah untuk Anda, jadi pastikan untuk mengetahui dengan jelas mengenai bidang yang akan ditangani selama bekerja di kapal tersebut.

Menjadi seorang ABK akan membuat kamu bisa bepergian ke banyak tempat atau bahkan banyak negara sekaligus, tergantung pada kapal tempat kamu bekerja nantinya. Siapkan mental untuk sering bepergian jauh dan jarang pulang ke rumah.

8. Staf Agrikultur

loader

Menjadi seorang staf agrikultur, maka kamu akan bekerja pada sebuah perusahaan peternakan, pertanian, atau mungkin perikanan. Pekerjaan ini sangat tepat untuk pecinta alam, dunia tumbuhan dan juga hewan, sebab pekerjaan ini akan sangat berhubungan erat dengan hal-hal tersebut. Negara kita memiliki potensi alam yang sangat baik, sehingga kamupun memiliki peluang yang baik untuk bekerja di bidang ini.

9. Asisten Dokter Gigi

loader

Pekerjaan ini khusus untuk yang tidak takut pada dokter gigi. Menjadi seorang asisten dokter gigi, kamu akan ditugaskan untuk membantu pekerjaan si dokter tersebut. Biasanya pekerjaan ini adalah mengurus pasien, pendaftaran dan juga berbagai hal lainnya yang tidak begitu merepotkan.

10. Pengajar Bimbingan Belajar

loader

Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan, jika memang memiliki kemampuan akademik yang cukup baik, walaupun tidak semuanya setidaknya 1 mata pelajaran di atas rata-rata seperti bahasa atau matematika. Kamu bisa menemukan pekerjaan sebagai pengajar di tempat bimbingan belajar yang terdapat di wilayah tempat tinggalmu, biasanya anak-anak yang akan diajar adalah pelajar SD dan juga SMP.

11. Berbisnis Sendiri

loader

Setelah lulus SMA, tidak ada salahnya jika memulai untuk berbisnis sendiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Ini bahkan akan jauh lebih mudah, terutama jika selama ini kamu memang memiliki minat di bidang tersebut.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dipilih, mulai dari yang berskala rumahan, online, atau bahkan yang berskala besar. Hal ini tentu harus direncanakan dengan matang, sebab bisnis akan membutuhkan sejumlah perencanaan yang kompleks dan juga terukur. Jangan takut untuk memulai bisnis di usia muda, di luar sana ada banyak sekali pebisnis yang telah meraih kesuksesan di usia yang masih sangat muda. 

Bekerja Sesuai Minat dan Kemampuan

Memutuskan bekerja setelah lulus SMA tentu  bukanlah sebuah pilihan yang salah, terutama jika memang sudah memiliki rencana dan juga kemampuan untuk hal tersebut. Ada banyak pekerjaan yang bisa ditemukan, pilih dan lakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Dengan begitu, kamu akan lebih nyaman dan santai dalam menjalani pekerjaan tersebut.

Jangan berpikir untuk menemukan sebuah pekerjaan yang jauh di luar kemampuan/skill yang dimiliki, hal ini akan membebani diri sendiri, sebab meskipun kamu menemukan pekerjaan tersebut, besar kemungkinan tidak mampu menjalankannya karena kurangnya kemampuan di bidang tersebut. Pilihlah sebuah pekerjaan yang kira-kira bisa dikerjakan dengan baik dan tentunya sesuai dengan skill yang dimiliki.

Baca Juga: Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Menulis Surat Lamaran Kerja