12 Alasan Karyawan untuk Tidak Masuk Kerja

Dalam sebuah perusahaan, karyawan adalah orang yang akan berperan penting untuk menggerakkan roda bisnis. Tanpa karyawan maka kegiatan usaha bisa lumpuh dan tak berjalan. Karena begitu sangat pentingnya keberadaan karyawan ini tak jarang kemudian beberapa perusahaan membuat kebijakan dan peraturan yang ketat seperti potongan gaji, Surat Peringatan (SP), dan hukuman lain untuk membuat para karyawan berpikir ulang untuk tidak masuk kerja tanpa sebuah alasan yang jelas. Tidak jarang pula seorang karyawan mengalami hal yang membuat mereka tidak punya motivasi bekerja untuk masuk kantor.

Lalu apa sajakah alasan mengapa karyawan tidak masuk kerja? Ini dia!

1. Sakit

loader

Sakit - Alasan Tidak Masuk Kerja via hercampus.com

 

Hal pertama yang sering dijadikan alasan karyawan untuk tidak masuk kerja adalah sakit. Inilah alasan umum yang banyak terjadi di banyak tempat atau perusahaan. Tingkat keberhasilannya hampir bisa mencapai 99 persen. Alasan sakit dengan apapun kondisi sakitnya merupakan sebuah alasan yang paling dominan disampaikan para karyawan pada perusahaan saat akan tidak masuk kerja.

2. Anggota Keluarga Sakit atau Berduka

loader

Anak Sakit - Alasan Tidak Masuk Kerja via wordpress.com

 

Bila mereka para karyawan ini tidak mendapati dirinya sakit namun mendapat kabar bahwa ada anggota keluarga yang sakit atau sedang berduka, maka ini bisa saja dijadikan alasan untuk tidak masuk kerja. Biasanya alasan ini disampaikan dengan sangat mendadak pada beberapa jam sebelum masuk kerja. Meskipun alasan ini dapat diterima oleh bagian Sumber Daya Manusia atau HRD tempat Anda bekerja, namun sebaiknya Anda tidak sering mengajukan alasan ini untuk tidak masuk kerja. Hal ini lambat laun secara tidak langsung dapat menurunkan performance Anda di mata perusahaan.  

Baca Juga : 12 Alasan Resign yang Sering Diungkapkan Pegawai

3. Mengikuti Seminar

loader

Mengikuti Seminar - Alasan Tidak Masuk Kerja via kyushu-u.ac.jp

 

Alasan tidak masuk kerja berikutnya yang juga seringkali diberikan karyawan adalah mengikuti seminar. Alasan ini biasanya akan disetujui pimpinan karena seminar ini dapat memberikan manfaat kepada perusahaan. Tetapi yang harus diingat adalah bahwa umumnya pimpinan akan meminta hasil dari seminar tersebut berupa laporan atau materi presentasi untuk memastikan bahwa Anda benar–benar mengikuti seminar. Maka dari itu, Anda tidak bisa main-main dengan alasan ini. Pastikan Anda memang benar-benar datang dan mengikuti seminarnya.

4. Medical Checkup

loader

Melakukan Checkup - Alasan Tidak Masuk Kerja via saglikhastanesi.com.tr

 

Medical checkup atau periksa rutin bulanan setiap bulan bisa jadi telah menjadi sebuah keharusan bagi beberapa orang atau karyawan. Maka bila Anda adalah pekerja yang memang diharuskan memeriksakan kondisi kesehatan dalam setiap waktu tertentu, maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kantor. Namun sebelum benar-benar meminta tidak masuk kerja, Anda harus terlebih dahulu memberitahukan situasi dan kondisi Anda kepada pimpinan Anda jauh-jauh hari sebelumnya.

5. Kebanjiran

  loader

Kebanjiran - Alasan Tidak Masuk Kerja via wikimedia.org

 

Pada saat musim hujan, terutama di Indonesia. Banyak tempat yang umumnya terkena akan dampak banjir. Maka bila Anda mendapati perjalanan terganggu dan tidak bisa dilewati karena banjir, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kerja. Namun tidak hanya rute perjalanan yang terganggu banjir, rumah Anda juga bisa menjadi sasaran banjir. Maka pada saat banjir, jika memang tidak memungkinkan Anda untukbisa berangkat kerja, Anda bisa tidak masuk kerja. Namun ingat, Anda tidak bisa membuat- alasan ini dengan semau-maunya, karena jika keberadaan banjir biasanya dilaporkan dari beberapa media. Jadi, jika Anda berbohong terkait alasan banjir ini bisa jadi Anda akan ketahuan oleh atasan yang mungkin sengaja mengamati daerah yang terkena banjir.

6. Alergi

loader

Alergi - Alasan Tidak Masuk Kerja via 85086magazine.com

 

Salah makan yang kemudian tiba-tiba menyebabkan alergi bisa jadi juga dialami oleh para pekerja. Jika Anda memang mengalaminya, maka alergi dari makanan yang Anda konsumsi ini memang akan sangat mengganggu dan merisaukan. Maka karena bisa membuat gatal-gatal atau gangguan kesehatan lain yang mengganggu, maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kerja. Namun tetap harus diingat bahwa Anda harus memberitahukannya terlebih dahulu kepada pimpinan jika seandainya mengalami hal ini dan tidak bisa masuk kerja.

7. Datang Bulan

loader

Nyeri Datang Bulan- Alasan Tidak Masuk Kerja via onsugar.com

 

Alasan berikut ini sering diajukan oleh kaum perempuan. Pasalnya kaum wanita memang tak bisa lepas dari siklus bulanan yang bernama datang bulan atau haid. Datang bulan memang bukan perkara yang mudah bagi kaum perempuan. Tak jarang saat datang bulan tiba, mereka merasakan sakit yang teramat dan juga tidak enak badan. Maka saat hal ini menimpa Anda para pekerja perempuan, Anda bisa meminta izin untuk tidak masuk kerja kepada pimpinan. Katakan saja bahwa sakit yang Anda alami karena datang bulan ini sangat membuat tubuh lemah dan harus beristirahat beberapa hari.

8. Mengurus SIM / STNK / KTP / Paspor

loader

Mengurus STNK- Alasan Tidak Masuk Kerja via wordpress.com

 

Pada akhir pekan (Sabtu-Minggu atau hari besar nasional), umumnya memang tidak ada pelayanan terkait SIM/ STNK/ KTP / Paspor yang dilakukan oleh pihak berwenang. Maka jika kebutuhan akan pengurusan surat-surat penting ini menimpa para pekerja, memang tidak ada pilihan lagi bagi mereka untuk mengambil libur atau tidak masuk kerja. Pengurusan surat-surat ini memang biasanya dilakukan pada hari kerja. Maka jika Anda memang membutuhkan pengurusan salah satu dokumen ini karena sangat kebutuhan yang mendesak, Anda bisa mengajukan izin untuk tidak masuk kerja pada pihak perusahaan. Umumnya dengan alasan ini maka Anda akan diizinkan untuk tidak masuk. Namun Anda harus benar-benar menggunakan waktu ini dengan baik karena mungkin suatu saat jika Anda meminta izin lagi untuk keperluan yang sama di waktu yang berdekatan, maka permintaan kedua ini akan sulit untuk Anda lakukan.

9. Orang Tua Datang atau Pembantu yang Pulang Kampung

loader

Orang Tua Datang - Alasan Tidak Masuk Kerja via jessicagavin.com

 

Kedatangan orang tua dari luar kota ke rumah Anda memang umumnya membuat pekerja harus melakukan penjemputan dan juga mengantarkan mereka pulang. Nah, dari sini maka Anda para pekerja memang mau tak mau harus izin tidak masuk kerja. Karena jika Anda tidak melakukan penjemputan dikhawatirkan akan kesasar dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pulangnya pembantu ke kampung halaman juga bisa juga membuat Anda kelabakan di rumah karena pekerjaan rumah tangga jadi banyak yang terbengkalai. Maka itu, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak masuk kerja sembari  juga mencari pengganti pembantu yang pulang kampung tersebut.

10. Urusan Keluarga

loader

Menghadiri Acara Wisuda - Alasan Tidak Masuk Kerja via tccd.edu

 

Keluarga Anda yang sedang menggelar hajatan, acara syukuran, wisuda hingga datangnya kabar duka memang mau tak mau harus membuat seseorang tidak masuk kerja dan mendatangi acara tersebut. Anda bisa saja diizinkan untuk tidak masuk kerja oleh perusahaan jika Anda memberitahukannya dengan baik-baik.

11. Menjadi Panitia Kegiatan Sosial

loader

Kegiatan Sosial - Alasan Tidak Masuk Kerja via upload.wikimedia.org

Jika Anda diminta oleh lingkungan di sekitar Anda untuk menjadi panitia kegiatan sosial maka mau tak mau memang harus memenuhinya. Namun untuk bisa mendapatkan izin dari perusahaan, Anda memang harus bisa membuktikan bahwa Anda benar-benar diminta menjadi panitia kegiatan sosial oleh organisasi masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

12. Memenuhi Panggilan Pihak Berwenang

loader

Panggilan Pihak Berwenang - Alasan Tidak Masuk Kerja via sputniknews.com

 

Terakhir, alasan yang bisa Anda ajukan kepada perusahaan untuk tidak masuk kerja adalah memenuhi panggilan pihak berwenang seperti kepolisian, kejaksaan, atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Siapapun orang termasuk karyawan memang bisa jadi dipanggil oleh pihak berwenang sebagai saksi atau status hukum lainnya. Jika memang Anda dipanggil oleh pihak berwenang tadi biasanya Anda tidak direpotkan untuk memberitahu perusahaan, karena biasanya pihak berwenang tadi akan langsung melayangkan izin kepada perusahaan.

Baca Juga : Wawancara Kerja: 10 Pertanyaan Terlarang Untuk Diajukan

Beritahukan Alasan Sebenarnya

Apapun alasan yang Anda pilih untuk tidak masuk kerja, pastikan Anda benar-benar memberitahukan alasan sebenarnya. Agar tidak menimbulkan masalah di kedepannya. Tidak hanya itu pastikan Anda memberitahukan HRD tempat Anda bekerja, dengan begitu manajemen perusahaan dapat mencari pengganti Anda untuk sementara waktu.

Baca Juga : 9 Cara Negosiasi Gaji untuk Pekerja Baru