13 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Jangan Buru-Buru Service!

Mampu menunjang berbagai aktivitas sehari-hari, seperti, bekerja, belajar, hingga hiburan, laptop bagi sebagian orang adalah barang yang wajib dimiliki. Praktis dibawa kemana-mana, tak sedikit orang yang lebih memilih komputer portabel ini ketimbang komputer personal dan tetap mampu merasakan manfaat yang tak jauh berbeda. 

Hanya saja, setiap perangkat pada laptop tersambung menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Alhasil, saat ada satu bagian saja yang mengalami kerusakan, kebanyakan pengguna barang tersebut akan langsung membeli baru atau melakukan service agar bisa digunakan kembali. 

Salah satu perangkat laptop yang tergolong sering mengalami masalah adalah keyboard, baik rusak sebagian maupun rusak total. Saat hal tersebut terjadi, manfaat laptop sudah pasti akan menurun drastis karena tidak bisa digunakan untuk mengetik dan mampu mengganggu aktivitas sehari-hari penggunanya. 

Namun, jangan khawatir. Sebelum membawanya ke tempat service, kamu bisa melakukan beberapa cara terlebih dahulu untuk memperbaikinya sendiri. Tidak terlalu sulit, semua pengguna pasti bisa memperbaiki keyboard laptop yang rusak dan tak membuatnya semakin parah. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi berikut ini. 

Baca Juga: 8 Tips Membeli Laptop untuk Keperluan Pekerjaan

13 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

loader

Keyboard laptop tidak berfungsi

  1. Cek Fungsi Num Lock

    Saat tombol ini aktif tanpa disadari, bagian keyboard yang utama akan terkonversi menjadi keypad numerik atau angka.

    Biasanya, ketika Num Lock diaktifkan, beberapa bagian keyboard tak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mematikannya, kamu perlu menekan tombol Fn serta Num Lock bersamaan. Namun, masalah ini hanya terjadi pada jenis laptop tertentu saja.

  2. Restart Laptop

    Jika masalah di atas bukan penyebab keyboard laptop bermasalah, cara lainnya yang bisa dilakukan adalah merestart perangkat. Mematikan dan menghidupkan kembali laptop komputer memang menjadi hal yang paling umum dan mudah dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah pada perangkat tersebut. Apabila cara restart biasa tidak bekerja, kamu dapat mematikan paksa laptop dengan cara tekan tombol power dan menahannya beberapa detik.

  3. Jalankan System Restore

    Jika masih tidak membuahkan hasil, kamu bisa melakukan cara yang selanjutnya, yaitu menjalankan perintah system restore. Mudah saja, untuk pengguna Windows 10, system recovery bisa dilakukan dengan membuka Start Menu, lalu ketik ”Recovery”, dan pilih Configure System Restore. 

  4. Lakukan Perbaikan pada Driver Keyboard

    Hal lainnya yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop tak bekerja dengan baik adalah terjadinya error pada drivernya. Pemicunya bisa beragam, seperti, virus, atau masalah pada software dan aplikasi tertentu. 

    Untuk memperbaikinya, kamu perlu mengeceknya pada Device Manager untuk bagian keyboard. Jika terlihat ada tanda segitiga berwarna kuning, artinya driver keyboard memang sedang bermasalah. Download dan pasang driver baru melalui situs resmi dari merek laptop untuk mengatasi masalah tersebut.

  5. Cek Pengaturan pada Keyboard

    Masalah pada keyboard laptop bisa bermacam-macam, misalnya adalah mengetik sendiri dan tidak sesuai jumlah huruf yang ditekan pada tombol keyboard. Saat mengalami masalah ini, kamu bisa mengatasinya dengan mengecek pengaturan pada keyboard. Caranya dengan pergi ke menu Start dan pilih Control Panel.

    Lalu, pilih opsi Ease of Access, dan pilih opsi Make the keyboard easier to use. Kemudian, pilih setup filter key, dan klik Uncheck All. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, cek apakah masalah yang terjadi pada keyboard laptop sudah teratasi atau masih ada. 

  6. Ubah Layout Keyboard

    Apabila sejumlah cara di atas tak kunjung menyelesaikan masalah, bisa jadi akar permasalahan keyboard tak berfungsi normal ada pada layoutnya. Karena layout yang digunakan tidak cocok, sebagian fungsi keyboard akan mati atau ada huruf yang muncul di layar berbeda dengan yang ditekan pada keyboard

    Untuk mengatasinya, kamu perlu membuka menu Start, ketik Searching “Language” di kolom pencairan, tentukan bahasa yang ingin digunakan, klik Options, lalu pastikan bahwa tulisan yang terpampang adalah “US QWERTY”. Agar masalah tersebut tak terjadi kembali, kamu dapat menghapus beberapa layout yang tak dibutuhkan.

  7. Bersihkan Laptop dari Debu dan Remah Makanan

    Salah satu kendala yang umum terjadi pada keyboard laptop adalah beberapa tombol saja yang tak berfungsi. Penyebabnya bisa jadi karena debu atau remah makanan yang masuk ke sela-sela bagian keyboard. Alhasil, tombolnya tidak bisa ditekan sempurna dan tak responsif.

    Untuk memperbaikinya, kamu perlu membongkar bagian keyboard laptop dan membersihkan kotoran juga debu. Tidak sulit, untuk membongkarnya, pastikan laptop tidak menyala, dan miringkan laptop dengan posisi sekitar 90 derajat dan goyangkan sedikit agar kotoran lebih mudah keluar. Jika masih ada kotoran yang tersangkut, gunakan bantuan alat, seperti, selotip atau tisu kering, untuk membersihkannya dengan lembut. 

  8. Perbaiki Konektor Tak Terpasang Sempurna

    Penyebab lainnya dari masalah keyboard laptop tak berfungsi dengan baik mungkin adalah konektornya yang mungkin tak terpasang sempurna atau renggang. Hal ini tentu saja membuat keyboard bermasalah. Untuk memastikannya, kamu dapat membongkar keyboard laptop sendiri dengan melihat video tutorial di Youtube atau meminta bantuan orang yang lebih ahli untuk memasang konektor dengan lebih pas.

  9. Lepas-Pasang Baterai

    Melakukan reset laptop dianggap sebagai cara ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang muncul pada perangkat tersebut, tak terkecuali keyboard yang tak berfungsi. Untuk melakukannya, matikan dan lepas baterai serta adaptor laptop. Lalu, tunggu sebentar.

    Dalam keadaan baterai terlepas, tekan tombol power selama satu menit, lalu masukkan kembali baterainya dan nyalakan laptop. Semoga cara ini bisa mengatasi masalah keyboard laptop tak berfungsi dan membuatnya normal kembali.

  10. Ganti Keyboard Bawaannya

    Saat memastikan bahwa semua cara di atas tak mengatasi masalah, mungkin langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengganti keyboard bawaannya. Kamu bisa dengan mudah membelinya di toko online atau tempat service laptop dengan menyesuaikan merek dan juga tipe laptop. Untuk menggantinya sendiri, ada banyak tutorial di internet yang bisa dijadikan sebagai rujukan. Seperti, Youtube atau situs yang membahas komputer.

  11. Gunakan Keyboard On-Screen

    Bagaimana jika keyboard masih tidak berfungsi dengan baik padahal harus tetap menggunakannya? Untuk sementara waktu, kamu bisa memanfaatkan fitur keyboard on-screen yang umumnya tersedia di hampir semua jenis laptop. Untuk menggunakannya, kamu dapat pergi ke menu Start, pilih Program, Accessories, lalu Accessibility, dan klik On-Screen Keyboard. 

    Dengan menggunakan fitur tersebut, dalam layar laptop akan muncul layout keyboard yang bisa digunakan untuk mengetik. Caranya adalah dengan mengkliknya menggunakan mouse atau touchpad. Terkesan ribet dan tak fleksibel memang, namun cara ini bisa selalu digunakan di saat darurat.

  12. Pasang Keyboard Eksternal

    Sedikit memakan ongkos, cara selanjutnya untuk mengatasi problem pada keyboard laptop adalah dengan membeli keyboard eksternal, baik yang wireless atau USB. Cara ini dianggap sebagai cara yang paling praktis untuk menyiasati masalah keyboard laptop yang sudah tidak lagi berfungsi dengan baik.

    Dalam kata lain, kamu tetap bisa menggunakan laptop seperti biasa, namun perlu menambahkan keyboard tambahan seperti yang biasa dilakukan pada penggunaan komputer biasa. Jadi, kamu perlu membawa laptop dan keyboard eksternal tersebut ke mana saja.

  13. Bawa ke Tempat Service

    Cara terakhir saat semua langkah di atas tak berhasil adalah mau tidak mau membawa laptop ke tempat service atau service center. Asal tingkat kerusakannya tidak terlalu parah, keyboard laptop pasti akan bisa diperbaiki dan berfungsi secara normal kembali.

    Apabila masih memiliki asuransi atau garansi, kamu bisa melakukan perbaikan tersebut secara gratis asal sesuai dengan perlindungan yang dijanjikan. Yang pasti, usahakan untuk menanyakan penyebab keyboard laptop rusak pada pihak teknisi dan cara agar hal tersebut tak lagi terjadi. Dengan begitu, keyboard tidak akan mudah rusak dan tak menyusahkan penggunanya kembali. 

Baca Juga: Jangan Disamakan, Simak Perbedaan SSD dan Hardisk yang Wajib Diketahui

Hindari Gunakan Laptop dengan Cara yang Salah agar Tetap Awet

loader

Dibandingkan dengan komputer, laptop memang memiliki risiko lebih tinggi untuk rusak. Saat ada bagian yang tidak berfungsi, penggunanya juga tidak bisa sekadar mengganti salah satu bagian yang rusak saja seperti komputer. Karena itu, usahakan untuk menggunakan laptop dengan cara yang tepat dan hindari melakukan kebiasaan yang mampu merusak laptop. Seperti, membiarkannya kotor atau terkena debu, makan maupun minum di dekat perangkat, menaruh benda berat, menekan tombol keyboard terlalu keras, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Tips Supaya Laptop Bertahan Lebih dari 5 Tahun