14 Hal yang Membuatmu Semangat dan Tidak Membenci Hari Senin

hari senin

Hari Senin adalah hari pertama di awal minggu dimana segala aktivitas baik itu pekerjaan maupun sekolah dimulai kembali. Karena hari setelah liburan akhir pekan, tidak heran jika banyak orang membenci datangnya hari Senin.

Jika dipikir kembali, tidak ada hal berbeda dari hari Senin dan hari kerja lainnya. Mungkin Kamu berpikir bahwa hari Senin menyebalkan karena belum siap untuk melakukan aktivitas setelah libur akhir pekan. 

Ada beberapa hal lain yang bisa membantumu untuk semangat dan tidak membenci hari Senin. Ketika melakukan hal-hal tersebut maka hari Senin sama seperti hari lain atau bahkan bisa lebih baik. Langsung saja, berikut adalah pembahasannya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Senin adalah Hari Paling Produktif

Penelitian yang dilakukan oleh Red Letter Days for Business menyebutkan bahwa satu per tiga orang melakukan pekerjaan yang terbaik pada hari Senin. Ini membuktikan bahwa hari Senin adalah hari yang paling produktif dibandingkan dengan hari lainnya. Jadi Kamu tidak boleh melewatkan hari Senin dengan rasa malas.

2. Waktu Terbaik Untuk Mengejar Target

Tidak bersemangat di hari Senin sebenarnya menjadi sebuah kesalahan besar. Pasalnya, liburan akhir pekan selama 1 hari atau 2 hari bisa membuat badan maupun pikiranmu menjadi lebih fresh. Dengan badan dan pikiran yang lebih fresh maka Kamu lebih siap untuk mengejar target yang belum terealisasi.

3. Kemurungan pada Hari Senin adalah Mitos

Kemurungan pada Senin pagi merupakan sebuah mitos saja. Hal tersebut dibuktikan melalui studi Institute of Work Psychology dari Sheffield University.

4. Membuat Target untuk Menurunkan Berat Badan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Senin merupakan waktu terbaik untuk merealisasikan target yang belum terpenuhi, salah satu contohnya yaitu diet. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa keberhasilan diet seseorang tergantung dari olahraga dan pola makan di pagi Senin.

5. Gunakan Libur Akhir Pekan Sewajarnya

Karena jarang mendapatkan hari libur, kebanyakan orang akan menggunakan libur akhir pekan secara berlebihan. Sebenarnya tidak ada salahnya berlibur dan mencari kesenangan namun pastikan liburanmu tidak berlebihan agar tidak kelelahan di hari Senin.

Baca Juga:  I Love Monday! Ini Tips Memulai Kerja di Hari Senin

6. Manfaatkan Libur Akhir Pekan dengan Baik

Selain berlebihan saat liburan akhir pekan, kurangnya hari libur ternyata juga membuat seseorang membenci hari Senin. Untuk menghindari hal tersebut maka Kamu harus memanfaatkan waktu libur akhir pekan dengan baik misalnya seperti beristirahat, jalan-jalan, atau berkumpul dengan keluarga.

7. Liburan dalam Waktu Sehari Saja

Jika Kamu memiliki dua waktu libur yaitu Sabtu dan Minggu, sebaiknya gunakan satu hari saja untuk liburan atau berbelanja. Sedangkan satu hari sisanya bisa Kamu gunakan untuk beristirahat sehingga hari Senin akan jauh lebih fresh dan semangat. Akan lebih baik jika hari Sabtu untuk liburan atau berbelanja, sedangkan hari Minggu untuk istirahat.

8. Beristirahatlah dengan Cukup

Manfaatkan waktumu di akhir pekan untuk beristirahat dengan cukup. Usahakan untuk tidak begadang di minggu Malam agar Kamu tidak telat bangun dan kesiangan pada hari Senin. Jika Kamu bisa bangun tepat waktu maka Kamu bisa lebih siap dalam menyambut hari Senin yang sibuk.

9. Selesaikan Deadline

Gunakan waktu liburmu untuk menyelesaikan deadline yang jatuh di hari Senin. Jangan terlalu asyik liburan hingga Kamu tidak siap menghadapi hari Senin karena pekerjaan yang belum selesai.

10. Persiapkan Segala Kebutuhan pada Malam Sebelumnya

Agar Kamu benar-benar merasa siap menyambut hari Senin, maka persiapkan segala hal yang dibutuhkan pada hari Senin di malam sebelumnya. Dengan begitu, Kamu tidak akan merasa malas lagi pada hari Senin.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Buat Seninmu Serasa Jumat 

11. Buat Senin Menjadi Hari Kebebasan

Selesaikanlah semua pekerjaan maupun tugas untuk Senin pada hari Jumat, Sabtu, atau Minggu. Meski merasa malas dan mengurangi waktu istirahatmu namun hal ini sangat penting agar hari Senin terasa lebih bebas tanpa beban.

12. Tidur Lebih Awal pada Minggu Malam

Untuk Kamu yang sering malas di Senin Pagi, sebaiknya tidurlah lebih awal pada Minggu malamnya. Pasalnya, jika Kamu memiliki waktu tidur yang lebih lama maka pikiran akan lebih segar sehingga siap menjalankan tugas di hari Senin.

13. Jangan Pesimis

Jangan merasa pesimis dan berprasangka buruk terhadap hari Senin meskipun di hari ini biasa banyak deadline atau hal menyebalkan lainnya. Perbaiki persepsimu terhadap hari Senin agar Kamu bisa menjalaninya dengan lebih semangat.

14. Buat Rencana untuk Makan Siang Spesial

Makan siang merupakan waktu terbaik saat menjalani aktivitas padat setiap hari. Buatlah rencana makan siang spesial agar Kamu lebih semangat menyambut hari Senin. Misalnya rencana makan siang di tempat makan favorit dengan menu favorit.

Buat Hari Senin Lebih Menyenangkan

Meski selama ini Kamu membenci hari Senin dan malas untuk beraktivitas di hari tersebut namun Kamu bisa mengubahnya dengan melakukan hal-hal di atas. Jika hari Senin sudah dimulai dengan semangat maka hari-hari selanjutnya juga akan lebih baik. 

Namun jika faktor eksternal tidak mampu membuat hari Senin terasa lebih menyenangkan, mungkin waktunya untuk mencari pekerjaan baru. Pasalnya, terus-terusan murung atau malas di hari Senin dan hari-hari selanjutnya akan berdampak pada pekerjaan dan karirmu.

Baca Juga:  7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan