18 Peluang Bisnis yang Cocok Bagi Mahasiswa

Kampus merupakan tempat bagi mahasiswa untuk menimba ilmu. Namun bagi mahasiswa yang kreatif, selain sebagai tempat menimba ilmu, kampus juga menjadi tempat belajar membuka bisnis sampingan. Bahkan dapat digunakan untuk merintis bisnis yang lebih serius, sebagai awal dari bisnis yang akan ditekuni setelah lulus kuliah nantinya. Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa kampus selain menjadi tempat belajar materi kuliah, juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari nol.

Ada banyak peluang bisnis yang dapat dicoba mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar maupun yang tidak memerlukan modal. Bisnis mahasiswa dapat berupa bisnis online maupun bisnis yang dijalankan secara nyata. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang sebaiknya dicoba mahasiswa:

1. Bisnis Kursus Private

  Kursus Private

Bisnis Kursus Privte via letc4u.com

 

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya saja bisnis kursus private matematika, paling cocok bagi mahasiswa jurusan matematika. Kursus matematika banyak dicari orang tua murid, karena matematika diajarkan sejak pendidikan dasar dan diujikan pada ujian nasional. Ini merupakan ladang emas yang sebaiknya dicoba mahasiswa.

2. Bisnis Jualan Barang Bekas

Jualan Barang Bekas

Bisnis Jualan Barang Bekas via wordpress.com

 

Bisnis jualan barang bekas merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun merupakan barang yang berarti bagi orang yang membutuhkannya. Seperti misalnya membeli kipas angin di pasar barang bekas, kemudian dijual kembali kepada teman kampus yang membutuhkan kipas untuk kamar kosnya. Semakin cermat membaca peluang, semakin kecil modal yang dibutuhkan dan semakin besar laba yang didapat.

3. Bisnis Jasa Foto dan Video

Bisnis Jasa Foto

Bisnis Jasa Foto via wordpress.com 

 

Bisnis jasa foto dan video juga merupakan bisnis sampingan mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya ditekuni mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Walaupun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah nantinya.

Baca Juga : 7 Ide Usaha Untuk Kamu Para Fresh Graduate

4. Bisnis Hiburan Musik

Bisnis Hiburan

Bisnis Hiburan via mshcdn.com

 

Bisnis hiburan musik merupakan bisnis yang cocok bagi mahasiswa yang hobi nge-band. Dalam bisnis ini mahasiswa dituntut dapat menyanyi atau menguasai salah 1 alat musik, kemudian menjadi penghibur di cafe yang menyediakan fasilitas full musik bagi para pengunjungnya. Ini merupakan salah 1 bisnis sampingan yang cukup lumayan honornya. Bahkan Anda dapat mengumpulkan personil band sendiri untuk menjadi professional performer dari kafe ke kafe.

5. Bisnis Jasa Penulis

Bisnis Jasa Penulis

Bisnis Jasa Penulis via licdn.com

 

Bisnis jasa penulis merupakan bisnis online mahasiswa yang hobi menulis. Selain menjadi penulis online mahasiswa dapat mencoba menjadi kontributor sebuah situs online. Bahkan dapat membuka jasa penulisan online, kemudian mempromosikannya di media sosial dan dunia maya. Jika tulisan Anda enak di baca manusia dan mesin pencari google, para pelanggan akan memberi nilai plus untuk bisnis online Anda.

6. Bisnis Jasa Desain Grafis

Design Grapich

Desain Grafis via dsolusindo.com

 

Bisnis jasa desain grafis merupakan bisnis yang memerlukan modal kecil. Namun bisnis ini menuntut ketrampilan mengoperasikan software, misalnya saja photoshop untuk membuat desain grafis. Bisnis ini memiliki prospek yang cerah, karena banyak orang yang membutuhkannya, seperti tugas desain grafis dari teman, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto dan jasa desain lainnya, khususnya dari orang yang suka desain atau seni.

 

7. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis Penerjemah via wordpress.com

 

Bisnis jasa penerjemah merupakan bisnis sampingan yang cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, baik Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin dan bahasa lainnya. Bisnis ini tidak membutuhkan modal, hanya membutuhkan keterampilan dan kefasihan berbahasa asing saja. Bahkan Anda dapat mulai menawarkan jasa kepada mahasiswa lain yang berbeda jurusan, seperti jurusan IT dan jurusan lainnya.

8. Bisnis Jasa Printing

Bisnis Jasa Printing

Bisnis Jasa Printing via madniprinting.com

 

Bisnis jasa printing memerlukan modal minimal 1 buah laptop, print dan perlengkapan lainnya. Peluang usaha ini cukup menjanjikan, karena banyak orang yang membutuhkan, seperti mahasiswa yang tidak bisa lepas dari tugas atau laporan berupa hard copy. Ini merupakan peluang untuk mendirikan jasa printing, baik print tugas sesama mahasiswa maupun jasa print kepada orang umum. Jasa printing ini dapat dibuka di tempat tinggal, seperti di rumah, kost atau kontrakan Anda. Bahkan jasa printing ini dapat dijadikan rintisan bisnis untuk dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus kuliah.

9. Bisnis Kaos

Bisnis Kaos

 Bisnis Kaos Bagi Yang Kreatif via wordpress.com

 

Bisnis kaos sedang menjadi tren bisnis anak muda masa kini, sehingga banyak bermunculan distro. Ini adalah kesempatan untuk ikut meramaikannya, namun dalam bisnis ini mahasiswa dituntut kreatifitasnya. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mempunyai hubungan yang baik dengan konveksi dan sablon. Kemudian Anda dituntut kreatifitasnya membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual. Semakin keren desain Anda, semakin banyak pula orang yang membelinya.

10. Bisnis Jasa Pembuatan Toko Online

  Bisnis Jasa Pembuatan Online Shop

Bisnis Jasa Pembuatan Online Shop via wordpress.com

 

Bisnis jasa pembuatan toko online merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa IT. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah pemrograman web, sehingga mahasiswa dapat mencari uang sekaligus mempraktikkan materi yang didapatkan di bangku kuliah. Seperti pinjaman uang online, bisnis online ini sangat ramai karena mempunyai keuntungan finansial yang sangat besar s. Sebab saat ini banyak orang yang menjual barangnya secara online. Sehingga toko online dengan tampilan yang elegan, akan menambah kepercayaan calon pembeli.

11. Bisnis Jasa Pengiriman

Jasa Pengiriman

Jasa Pengiriman via phillymag.com

 

Bisnis jasa pengiriman merupakan bisnis sampingan dengan memanfaatkan motor. Bisnis sampingan ini sangat menguntungkan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Namun Anda wajib memiliki kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman, agar tidak tersesat dan tidak menghabiskan banyak BBM.

12. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website via wordpress.com

 

Saat ini bisnis jasa pembuatan website merupakan bisnis yang menjanjikan, karena hampir semua perusahaan, sekolah, kampus dan blog atau website personal sangat banyak bertebaran di internet. Ini adalah peluang yang sangat menguntungkan. Bisnis ini cocok dijalankan mahasiswa IT yang mempunyai jurusan berkaitan dengan pembuatan website. Anda dapat menggunakan keterampilan mengolah kode PHP atau ASP secara manual atau menggunakan CMS, seperti wordpress untuk membuka bisnis jasa pembuatan website.

13. Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis Jualan Pulsa

Bisnis Jualan Pulsa via besttronik.com

 

Bisnis jualan pulsa merupakan bisnis yang membutuhkan modal yang sangat kecil, sehingga banyak yang menjadikan bisnis ini sebagai bisnis pertama untuk mulai belajar berbisnis. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dan dapat langsung jalan, seperti menjual ke saudara dan teman dekat. Namun sebelum memulai bisnis ini siapkan strategi secara hati-hati agar bisnis dapat terus bertahan, karena banyaknya orang dekat yang bayar pulsa belakangan.

14. Menjadi publisher bagi seorang Blogger

  Publisher Untuk Blogger

Bisnis Publisher Untuk Blogger via amazonaws.com

 

Bisnis yang cocok bagi seorang bogger adalah menjadi publisher beberapa penyedia layanan iklan seperti Google Adsense misalnya. Bisnis ini bisa menjadi bisnis sampingan yang cukup keren karena Anda akan terhubung dengan jaringan global. Namun ada banyak hal yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis ini. Karena setiap waktu harus terus update dengan tantangan yang baru. Ada banyak cara monetize blogger, seperti ikut PPC, pasang iklan, atau menjual produk dari blog.

15. Bisnis Jasa Servis Laptop

Bisnis Service Laptop

Bisnis Servis Laptop via gopher.co.id

 

Bisnis jasa servis laptop merupakan bisnis sampingan yang dapat jalankan oleh mahasiswa teknik computer yang mengerti dan mempunyai keterampilan hardware maupun software laptop, serta mempunyai skill yang mumpuni. Selain membutuhkan keterampilan hardware dan software, Anda harus mempunyai peralatan perbaikan, seperti obeng, tang dan alat-alat penting lainnya. Setelah semuanya siap, saatnya mempromosikan bisnis jasa servis laptop ini kepada teman, saudara dan tetangga.

16. Bisnis Jualan Aplikasi Game

Jualan Aplikasi Games

Jualan Aplikasi Games via gigaom.com

 

Bisnis jualan aplikasi game merupakan bisnis yang berhubungan dengan hobi main game. Bisnis ini dapat dijalankan jika Anda mempunyai koleksi game yang sangat banyak, baik game android maupun game PC yang banyak peminatnya, khususnya kalangan mahasiswa. Anda dapat juga membuka jasa copy game untuk teman, semakin koleksi game, maka semakin banyak pula pilihan pelanggan. Ini menjadi nilai plus, karena pelayanan terbaik dan harga termurah banyak di cari orang.

17. Bisnis Jualan E-Book

Bisnis Jualan e-book

Bisnis Jualan e-book via wired.co.uk

 

Bisnis jualan E-book secara online saat ini sangat populer dan disukai banyak orang. Semakin banyak E-book yang dijual di internet, maka pelanggan E-book di internet juga semakin banyak. Selain itu perkembangan gadget dan smartphone yang semakin pesat, membuat banyak orang lebih memilih E-book daripada buku hard copy. Produk E-book yang dijual sebaiknya merupakan hasil karya sendiri yang bermanfaat bagi pembacanya.

18. Bisnis Penitipan dan Perawatan Hewan

Jasa Penitipan Hewan

Jasa Penitipan Hewan via beritadaerah.co.id

 

Bisnis penitipan dan perawatan hewan merupakan bisnis sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan mahasiswi yang senang dengan dunia hewan. Bisnis ini sebaiknya dijalankan di area yang cukup luas, karena ada banyak hewan yang ditangani. Bisnis ini tidak dapat dijalankan sendirian, sebaiknya berdayakan karyawan untuk membangun bisnis ini agar menjadi lebih besar dan terkenal.

Baca Juga : Mau Usaha Sukses? Hindari 6 Kesalahan Fatal Ini

Pilih dan Tekuni

Apapun bisnis yang dijalani, harus dijalankan secara baik dan terkonsep. Siapkan mental, karena biasanya akan sulit untuk memulai sebuah bisnis, bahkan mungkin dipikiran terdapat berbagi macam alasan yang membuat Anda ragu untuk action dalam bisnis mahasiswa ini. Padahal jika tekun akan sangat membanggakan ketika belum lulus kuliah sudah mempunyai bisnis yang berjalan secara sistematis. Selamat berbisnis.

Baca Juga : 10 Usaha Sampingan Untuk Karyawan yang Menguntungkan