20 Cara Cerdas Agar Bisa Hidup Sukses

Ulang tahun menjadi momen penting yang sering kali dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. Dari situ pencapaian selama satu tahun ke belakang dijadikan tolok ukur kemajuan. Sebagian orang melakukan hal tersebut untuk mengetahui dengan jelas bagaimana perkembangan dan pencapaian mereka selama satu tahun belakangan.

Selain melihat ke belakang, penyusunan rencana untuk masa depan atau setahun ke depan juga menjadi hal yang banyak dilakukan pada momen tersebut. Setidaknya berbagai poin akan menjadi pertimbangan dalam hal tersebut, seperti karier, keuangan, pendidikan, atau bahkan hubungan asmara. Hal-hal tersebut merupakan poin-poin penting dalam pencapaian yang akan diraih ke depannya sehingga adakalanya sebagian besar orang menerapkan berbagai rencana terkait dengan hal-hal tersebut.

Dengan bertambahnya usia, tentu ada banyak pelajaran berharga yang bisa didapatkan selama kurun waktu tersebut. Itulah yang menjadi pedoman dalam menjalani hidup dari hari ke hari untuk bergerak maju menuju kesuksesan. Dan inilah cara cerdas untuk membuat hidup menjadi sukses.

Baca Juga: 8 Cara Cepat Mengubah Gaya Hidup Konsumtif

1. Arahkan Pikiran ke Arah yang Positif

Cara Berpikir Positif

Berpikir Positif via improveu.guru

 

Hal ini akan menjadi salah satu poin penting dalam menciptakan perubahan ke arah hidup yang lebih baik. Ketika menilai pekerjaan yang dijalani begitu sulit dan tidak menyenangkan, Anda akan menemui berbagai kendala di dalamnya. Misalnya, jadwal kerja terasa makin padat, rekan kerja yang menjengkelkan, atau pekerjaan yang membosankan. Di sisi lain, apabila Anda memandangnya secara positif, semua akan terasa lebih nyaman. Pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Bahkan, rekan kerja Anda juga menjadi pribadi yang menyenangkan.

Berbagai macam pikiran buruk cenderung membuat Anda berpandangan buruk terhadap hal apa pun. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu fokus dan berpikir positif terhadap segala sesuatu di dalam hidup Anda. Sebuah pepatah mengatakan, “Perhatikan gagasanmu sebelum mengatakannya, perhatikan kata-katamu sebelum mereka menjadi sebuah tindakan, perhatikan tindakanmu sebelum mereka menjadi sebuah kebiasaan, perhatikan kebiasaanmu sebelum mereka menjadi karakter, perhatikan juga karaktermu sebelum mereka menjadi takdirmu.”

2. Jangan Terbawa Hal-Hal yang Bersifat Pribadi

Anda mungkin seorang yang begitu perasa dan langsung menilai secara negatif terhadap seseorang yang tidak memberi respons baik terhadap Anda. Padahal, bisa saja orang tersebut sedang memiliki kesibukan atau masalah yang menyita seluruh perhatiannya sehingga tidak berkesempatan untuk merespons seperti yang Anda harapkan. Sikap langsung menilai seperti itu atau sikap apriori sangat tidak baik. Lebih baik menghindari atau mencari tahu lebih jauh sebelum berkesimpulan. Salah menilai seseorang hanya merusak hubungan yang telah Anda jalin dengan orang-orang dekat atau sekitar.

3. Mensyukuri Hidup Setiap Harinya

Mengucap Syukur dalam Segala Hal

Syukurilah yang Telah Dicapai dalam Hidup via viajesycocina.com

 

Ya, terdengar klasik dan sangat biasa. Namun rasa syukur dalam diri seseorang terbukti dapat membuat mereka memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai tantangan di dalam hidup mereka. Anda juga bisa melakukan hal tersebut. Ingatlah, betapa Anda adalah seorang pribadi yang sangat beruntung dengan berbagai pencapaian yang patut disyukuri. Semua akan terasa lebih menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

4. Gunakan Kemampuan dan Lakukan Kewajiban

Ada perbedaan yang kecil di antara dua pemikiran berikut: Anda merasa berutang terlalu besar dalam segala hal atau Anda terlalu takut untuk meminta sesuatu yang seharusnya memang menjadi hak Anda. Kedua hal ini sama buruknya sehingga sangat tepat jika Anda memilih untuk selalu menghindari sikap dan pemikiran tersebut. Ketahuilah dengan baik mengenai kemampuan yang Anda miliki. Lakukan kewajiban (pekerjaan) sesuai dengan kemampuan tersebut dan dapatkan hasil yang sebanding dengan apa yang Anda perbuat.

5. Dapatkan Semua Hak Sebagaimana Mestinya

Hak Asasi Manusia

Mintalah Apa yang Menjadi Hak via picshype.com

 

Jangan pernah sungkan untuk meminta 100% apa yang memang menjadi hak Anda. Hal tersebut tentu harus sesuai dengan kemampuan dan kinerja yang telah Anda lakukan. Akan sangat baik jika Anda melakukannya pada waktu yang tepat dan tentunya terhadap orang-orang yang memang tepat dan berwenang untuk hal tersebut.

6. Belajar untuk Menerima Penolakan

Jalan tidak akan selalu mulus dan sesuai dengan keinginan Anda semata. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa menerima penolakan. Pada awalnya, hal ini mungkin akan terasa sangat berat dan tidak menyenangkan. Namun, bukankah setiap orang memang membutuhkan sebuah proses yang panjang untuk tiba ke tujuannya. Dalam proses tersebut, Anda mustahil tidak berhadapan dengan yang namanya penolakan.

7. Akui Jika Uang Bisa Memberi Anda Kebebasan

Cara Menghasilkan Banyak Uang

Sadari Uang Bisa Mendatangkan Kebebasan via tinobusiness.com

 

Memiliki sejumlah uang tentu akan memberi Anda sejumlah kesempatan untuk bisa melakukan dan mendapatkan berbagai hal di dalam hidup. Meskipun demikian, sangat penting untuk bisa mengelola keuangan dengan tepat dan baik. Pastikan bahwa Anda mengatur uang tersebut sesuai dengan yang seharusnya. Bukan uang tersebut yang pada akhirnya mengatur Anda.

8. Selalu Bernegosiasi

Berbagai kebutuhan dalam hidup Anda tentu akan membutuhkan sejumlah uang. Hal ini tentu sangat penting untuk selalu dinegosiasikan dengan baik. Anda bisa menempatkan sejumlah uang tersebut dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Negosiasikan pendapatan Anda, terutama bila Anda memiliki kemampuan yang sangat baik di dalam pekerjaan Anda.

9. Mulai Berinvestasi Sejak Awal

Investasi yang Menguntungkan

Investasi via moneycontrol.com

 

Jangan membuang-buang uang untuk berbagai kepentingan yang bukan menjadi kebutuhan. Ini bisa saja menjadi bentuk pemborosan di dalam keuangan. Kelola dengan baik setiap sen penghasilan Anda sehingga Anda bisa diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi yang tepat dan sesuai. Hal ini akan menjadi jaminan masa depan Anda bersama dengan keluarga.

10. Lakukan Satu Hal dalam Satu Waktu

Sangat tepat jika Anda melakukan satu hal pada satu waktu daripada melakukan dua atau beberapa hal dalam kurun waktu yang bersamaan. Kalau melakukan satu hal saja, Anda bisa fokus dan mendapatkan hasil terbaik atas kegiatan yang Anda lakukan tersebut. Meskipun dalam beberapa hal orang bisa melakukan beberapa kegiatan sekaligus, hal tersebut tentu bisa mengganggu konsentrasi sehingga hasil yang didapatkan tidak akan maksimal.

11. Nikmati Keadaan dan Kondisi Saat Ini

Cara Menikmati Hidup

Bersantai Sejenak untuk Menikmati Waktu via recoverymaine.com

 

Hal ini akan sangat menyenangkan jika ternyata Anda bisa menerima dan menikmati hidup yang dijalani saat ini. Beberapa peristiwa mungkin akan membuat Anda sedikit kesal atau bahkan tidak suka. Namun, kalau bisa menerima dan menikmati semua itu, Anda akan jauh lebih bahagia dan bisa melakukan berbagai hal lainnya di dalam hidup.

12. Menikmati Waktu Secara Berkala untuk Kembali ke Alam

Kehidupan tentu tidak akan bisa dipisahkan dari alam, bahkan sejak kita belum terlahir ke dunia ini. Selalu luangkan waktu untuk menikmati alam sekitar Anda walau hanya sesaat. Niscaya Anda merasa damai dan tenang ketika melakukannya. Melihat pepohonan, air yang mengalir, atau sekadar mengamati hujan akan membuat Anda lebih dekat dengan alam.

13. Bersihkan Berbagai Masalah yang Ada

Cara Menyelesaikan Masalah Keuangan

Ilustrasi Bersih-Bersih via kitacleaning.co.uk

 

Sesekali Anda tentu akan memiliki masalah atau kendala terkait dengan berbagai hal di dalam kehidupan. Jangan menunda untuk segera menyelesaikan hal tersebut dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih damai dan nyaman bagi diri Anda sendiri.

14. Kenali Teman Anda dengan Baik

Ketika seseorang membicarakan orang lain di depan Anda, percayalah bahwa mereka juga akan membicarakan Anda di belakang seperti yang sedang mereka lakukan saat ini di depan Anda. Kenali dengan baik orang-orang di sekitar Anda. Ketahui dengan jelas siapa saja yang memang benar-benar bisa Anda jadikan sebagai seorang teman.

15. Jangan Menyimpan Dendam

Jabat Tangan Orang Sukses

Berdamai via sandnessjoen.vgs.no

 

Hal ini akan membuat Anda lelah dan juga tidak bisa fokus pada berbagai hal lainnya di dalam kehidupan Anda saat ini. Jangan membuang-buang waktu Anda untuk mendendam kepada orang lain. Sebab ini hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

16. Selalu Lakukan yang Terbaik agar Tidak Ada Penyesalan

Ketika akan melakukan suatu hal, lakukan hal tersebut dengan sebaik mungkin yang bisa Anda upayakan. Berikan semua yang terbaik yang Anda bisa lakukan untuk berbagai hal di dalam kehidupan. Nantinya yang Anda dapatkan adalah pencapaian terbaik atas usaha yang Anda lakukan dalam hidup.

17. Perubahan dalam Hidup Akan Dimulai dari Kebiasaan

Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Berubah Demi Hidup yang Lebih Baik via linkedin.com

 

Tidak ada sebuah perubahan instan yang bisa didapatkan dalam hidup. Sebab hal tersebut merupakan wujud dari berbagai kebiasaan yang Anda miliki selama ini. Jika Anda menginginkan perubahan, lakukan hal tersebut melalui kebiasaan-kebiasaan di dalam kehidupan sejak sekarang.

18. Tanyakan pada Diri Anda, “Apa yang Anda Inginkan dalam Setahun Ini?”

Pencapaian Anda dalam satu tahun penuh dapat diawali dengan pertanyaan yang sangat sederhana ini. Hal tersebut banyak dilakukan, terutama pada akhir tahun ketika orang-orang membuat resolusi untuk pencapaiannya pada tahun baru yang akan segera datang.

19. Perlakukan Orang Lain dengan Baik dan Semestinya

Sikap Orang Sukses

Orang Menyenangkan Disukai Banyak Orang via theglamourai.com

 

Ada kalanya seseorang terpuruk dan membutuhkan sejumlah bantuan/perhatian. Akan sangat tepat jika Anda memang mencoba melakukan dan memberikan perhatian serta perlakuan yang baik dan semestinya. Jangan semena-mena, terutama bagi mereka yang berada di sekitar Anda.

20. Ketahui Cara Menggunakan Pikiran dan Kekuatan Anda dengan Tepat

Anda tentu harus mengenal dan memahami diri Anda sendiri dengan baik. Sebab hal inilah yang akan membantu Anda untuk bisa mengendalikan semua kemampuan dan kekuatan yang Anda miliki di dalam diri Anda.

Baca Juga: 25 Cara Hidup Sehat

Ketahui dan Kelola dengan Baik

Setiap orang memiliki kemampuan dan keahlian masing-masing di dalam dirinya, termasuk Anda juga. Hal inilah yang akan membantu seseorang untuk bisa memiliki kehidupan yang berkualitas dan berhasil mendapatkan yang diinginkan di dalam hidup. Ketahui dan kelola dengan baik semua kemampuan Anda. Sebab kesuksesan dapat diraih karena pengelolaan yang dilakukan dengan baik.

Baca Juga: 25 Kata-kata Motivasi Hidup Sehari-hari