20 Ide Kencan Seru dan Anti Mainstream

Awalnya menemukan hal keren saat kencan adalah sangat mudah dilakukan. Anda dan pasangan bahkan menghabiskan banyak beragam cara untuk merasa nyaman dengan pasangan masing-masing. Saat itu Anda dan pasangan sama-sama sedang kasmaran. Tapi kehidupan telah berubah. Bukan berarti tak ada perhatian. Namun, kesibukan pekerjaan, membesarkan anak-anak, urusan cicilan rumah, dan sebagainya sudah menyita perhatian Anda dan pasangan. Tetapi Anda dan pasangan selalu berusaha menghabiskan banyak waktu, uang, dan energi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik untuk keluarga Anda.

Meski demikian, sisihkan waktu untuk kalian berdua sebagai pasangan sangat penting untuk tetap terhubung dan memulai kembali kencan. Kencan kali ini tak harus mengeluarkan banyak biaya. Ada banyak ide kencan dengan biaya murah atau tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

Berikut 20 daftar kencan seru dengan anggaran sangat hemat:

1. Nikmati Anggur atau Stroberi di Kebun

Kebun Strawberry

Kebun Strawberry via adelaidehills.org.au

 

Menikmati minuman anggur merupakan salah satu kencan yang menyenangkan. Anda dapat mengajak pasangan Anda berjalan-jalan di kebun stroberi, memetik langsung dari pohon dan mencicipi buah aslinya. Banyak tempat atau kebun menawarkan gratis mencicipi minuman anggur. Atau membebankan biaya nominal sekitar Rp69.000-Rp96.600 per-orang. Sungguh ide kencan yang patut dicoba bukan?

2. Menghadiri Festival Musik

Festival Music  

Festival Musik via holidayme.com

 

Datang ke festival musik juga merupakan salah satu kencan yang murah. Jika Anda menyukai musik, festival musik dapat menjadi cara yang indah untuk menghabiskan waktu bersama-sama.

Ada juga konser musik yang digelar tiap tahun dan digelar beberapa hari, seperti Festival Jazz Indonesia. Beberapa bulan sebelum festival dimulai, Anda dan pasangan bisa merencanakan sedari dini. Misalnya, menabung untuk pembelian tiket konser.

3. Ambil Kelas Memasak Bersama

Kelas Masak Bersama

Kelas Masak Bersama via northjersey.com

 

Ada yang aneh dengan kencan ini? Bukankah Anda atau pasangan Anda selalu memasak tiap malam untuk orang di rumah? Mengapa Anda ingin mengambil kelas memasak?

Ini jawabannya. Karena mengikuti kelas memasak secara bersama-sama itu sungguh menyenangkan. Sangat menyenangkan. Dari membuat Kue Pai, Pizza, Sushi dan menu lain yang khas. Anda dan pasangan bersama peserta lain bisa mempelajari teknik-teknik baru, tertawa bersama dan membuat kesalahan alami di lingkungan yang santai dan akrab.

Baca Juga : Cara Jitu Berhemat di Hari Kasih Sayang

4. Nikmati Film

Nikmati Film

Nikmati Film via gasbuddy.com

 

Ide kencan ini memang terdengar biasa, namun tidak ada salahnya Anda menikmati film dengan cara yang  berbeda. Misalnya saja, Anda memilih untuk menikmati film bersama pasangan di bioskop dengan harga tiket mulai dari Rp35.000/orang. Cara yang lebih hemat menonton Film di Taman. Banyak masyarakat menawarkan film-film gratis, Anda hanya perlu mencari kegiatan komunitas melalui online. Anda dan pasangan cukup bawa selimut atau kursi, dan nikmati saja sepuasnya..

5. Piknik di Taman

Piknik di Taman

Piknik di Taman via gasbuddy.com

 

Kencan dengan cara piknik. Cobalah sesekali  mengajak pasangan Anda menikmati kencan dengan cara ini, Jika Anda bosan dengan suasana taman, Anda bisa mencoba piknik di pantai  Piknik di dekat lapangan terbang pribadi. Menonton pesawat lepas landas dan mendarat dan bermimpi tentang petualangan berikutnya atau bisa juga piknik sambil menonton kembang api.

6. Kencan di Acara Karnaval

Karnaval

Acara Karnaval via wordpress.com

 

Kadangkala, ketika kencan di lokasi karnaval mengingatkan seseorang pada masa kecilnya. Masa ketika orang tua mereka mengajak ke sebuah untuk sekedar menikmati berbagai macam wahana permainan, serta berbagai pertunjukkan gratis. Kencan dengan cara ini  tidak hanya membawa kenangan pada mas kecil pada Anda, namun juga memberikan keseruan sendiri pada Anda dan pasangan. Agar lebih hemat Anda bisa membawa makanan dari rumah.

7. Kencan Sambil Menyetir Mobil

Kencan Sambil Menyetir 

Kencan Sambil Menyetir Mobil via theurbandater.com

 

Baru punya mobil pertama? Kenapa tidak mengajak pasangan berkeliling dengan mobil baru Anda. Kencan bersama sambil menyetir mobil dan mengelilingi lingkungan sekitar menjadi ide kencan yang patut dicoba. Jika Anda belum sanggup memiliki mobil? Anda bisa mencoba paket test drive. Ajak serta pasangan duduk di samping Anda dan saatnya berputar-putar di sekitar jalur test drive. Kencan yang seru bukan?

8. Nikmati Makan Malam di Restoran Mewah

Makan Malam Romantis

Makan Malam Romantis via wordpress.com

 

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menikmati restoran kelas tinggi. Sejumlah restoran ada yang menawarkan harga murah di luar jadwal ramai pengunjung. Anda dan pasangan bisa berlama-lama menikmati minuman dan beberapa menu makanan dengan harga terjangkau.

9. Berjalan di Pantai Pada Malam

Berjalan di Pantai Malam Hari

Jalan di Partai via wordpress.com

 

Suasana pantai pada malam hari sangat berbeda. Berjalan beriringan di tepi pantai pada malam adalah momen romantis. Jangan lupa membawa selimut, duduk di pantai seraya menatap bintang-bintang.

10. Open House

 Open House

Open House via wikimedia.org

 

Open house dan undang tetangga Anda untuk berkunjung. Terdengar tidak lazim? Memang, di Indonesia cara ini memang terdengar baru, namun tidak ada salahnya keluar dari kebiasaan kencan selama ini. Pertemuan dengan tetangga dan berbicara tentang banyak hal bisa memberikan Anda motivasi serta inspirasi.

11. Jadi Pendukung Tim Olahraga Lokal

 Pendukung Tim Lokal

Pendukung Tim Olahraga Lokal via nydailynews.com

 

Apakah ada tim sepakbola atau tim olahraga di dekat rumah Anda? Jadilah fans bagi tim tersebut. Jika ada pertandingan, jadilah pemandu sorak agar atlet-atlet menjadi bersemangat. Kegiatan ini bisa Anda jadikan sebagai waktu berkencan dengan pasangan Anda, dan Anda tidak perlu membayar untuk kencan ini.

12. Kunjungan ke Arcade

Arcade

Kunjungan ke Arcade via visitcardiff.com

 

Kunjungan ke Arcade atau gedung-gedung yang mempunyai gang beratap adalah ide kencan yang menarik. Selain terbilang murah, Anda dan pasangan Anda dapat menikmati minuman di cafe mini atau restoran klasik yang ada di dalam gedung tersebut.

13. Pilih Sendiri Buah di Kebun

Pilih Sendiri Buah di Kebun

Pilih Sendiri Buah di Kebun via abc.net.au

 

Menjadwalkan kencan di sebuah perkebunan buah dan sayuran milik Anda sendiri adalah sensasi yang menyegarkan. Udaranya segar, pemandangannya indah, namun harganya terjangkau, bahkan murah. Anda dan pasangan bisa memetik buah langsung di pohonnya yang tentunya lebih segar dibandingkan membeli di supermarket lokal.

14. Naik Perahu Sepeda

Naik Perahu Sepeda

Naik Perahu  Sepeda via rackcdn.com

 

Naiklah perahu sepeda dan injak bersama-sama dengan pasangan Anda. Rasakan sensasinya. Kekompakkan mengayuh pedal perahu sepeda juga menentukan kekompakkan hati kalian berdua. Cara sederhana namun romantis.

15. Ikut Kelas Menari

Kelas Menari

Ikut Kelas Menari via netdna-cdn.com

 

Anda mungkin tidak pergi ke klub, tapi itu tidak berarti tidak ada ruang untuk menari. Ambillah kelas menari seperti tango, ballroom, bahkan hip hop. Cara ini dapat menguatkan hubungan intim dengan pasangan Anda. Anda bisa mencari info kelas menari yang gratis.

16. Bermain Peran Menggunakan Boneka JariMain Boneka Jari

Main Boneka Jari via blogspot.com

 

Anda memiliki aktor atau artis pujaan. Bersandiwaralah seakan-akan menjadi seperti mereka. Anda dan pasangan bisa membeli bantal bergambar dan beberapa pensil warna. Lukiskan gambar artis atau karakter lain. Atau Anda membeli boneka jari dan lukis wajah karakter tertentu. Bersandiwara dengan menjadi karakter yang Anda dan pasangan Anda ciptakan. Cara ini tidak hanya memberi keseruannya sendiri, namun juga makin mendekatkan Anda dan pasangan secara emosi.  

17. Minum Kopi Bersama

Minum Kopi

Minum Kopi via wordpress.com

 

Kencan minum kopi. Anda mungkin cukup sering minum kopi di kafe favorit. Tapi, berapa kali Anda mengajak pasangan untuk minum kopi bersama-sama di tempat itu. Seberapa sering Anda duduk, bersantai, berbicara dan berlama-lama di cangkir itu? Mungkin sudah saatnya Anda lakukan.

18. Naiki Perahu Karet

Perahu Karet

Naik Perahu Karet via photobucket.com

 

Menyusuri sungai dengan perahu karet atau pipa plastik raksasa sungguh mengasyikkan. Di Indonesia, tubing bisa diganti dengan tong plastik raksasa warna biru. Rasakan sensasi duduk di dalam tubing atau perahu karet sembari mengayun-ayun sendiri.          

19. Kunjungi Museum

Mengunjungi Museum

Mengunjungi Museum via arthistorysummerize.info

 

Banyak orang lupa tentang tips klasik ini. Ada sesuatu yang damai dan meditatif saat duduk di depan sebuah karya seni dan merenungkan keindahan dan keunikan. Ada berbagai jenis benda antik di museum yang dapat Anda lihat dan nikmati keindahannya. Kencan dengan cara ini tidak hanya menyenangkan namun juga ekonomis tergantung lokasi yang Anda kunjungi.

20. Cek Acara Dekat Rumah Anda

Pasar Malam Dekat Alun-alun Kota

Pasar Malam Dekat Alun-alun Kota via yogyakarta.panduanwisata.id

 

Cek acara lokal di sekitar rumah atau kota Anda. Seperti kegiatan sejumlah komunitas. Anda dan pasangan bisa kencan dengan sekadar melihat-lihat aktivitas komunitas seperti teater, bermusik, drum band, silat, karate, atau komunitas lain. Datangi taman kota atau alun-alun terdekat yang sering mengadakan konser mini, atraksi, happening art, pameran seni, dan sejenisnya yang bisa dinikmati secara gratis.      

Baca Juga : 9 Tips Kencan Hemat untuk Anda dan Pasangan

Seperti Kencan Pertama

Apapun jenis kencan yang Anda pilih, pastikan Anda telah menyepakatinya terlebih dahulu dengan pasangan baik tempat maupun cara kencan yang Anda pilih. Buatlah semenyenangkan mungkin. Lakukanlah seolah-olah ini adalah  kencan pertama Anda dengan pasangan, lakukan dengan tulus dengan begitu kencan hemat Anda akan terasa istimewa. Karena menjadi istimewa tidak harus mahal.

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan