25 Kata-kata Motivasi Hidup Sehari-hari

Setiap orang memiliki pandangan hidup dan cara berpikir yang berbeda, begitu pula dengan cara mereka menjalani hidup. Tidak semua orang bahagia meski kaya dan tidak semua orang selalu bersedih ketika tidak memiliki apapun. Banyak orang merasa hidup mereka sangat buruk sementara yang sesungguhnya hidup lebih buruk pun tak merasa seperti itu.

Terkadang banyak dari kita merasa hidup kita masih kurang baik dibandingkan dengan hidup orang lain. Apakah Anda juga pernah atau bahkan sering berpikir seperti ini? Jika iya, Anda harus segera membuang pemikiran seperti itu. Banyak hal yang belum Anda tahu tentang orang-orang yang memiliki hidup tidak lebih baik daripada Anda namun mereka masih bisa bahagia.

Jika Anda kerap menanyakan bagaimana cara menjadi bahagia, atau di mana Anda bisa membeli kebahagiaan, Anda semestinya harus sadar bahwa kebahagiaan datang dari diri sendiri. Kebahagiaan bukan datang dari orang lain, bukan tersembunyi pada suatu tempat yang jauh, atau bahkan kebahagiaan harus datang pada waktu yang tepat menurut Anda. Sama sekali tidak menyentuh definisi bahagia yang sesungguhnya.

Pemikiran yang membangun batas bahagia ini kerap kali datang dari bagaimana seseorang kurang menghargai hidup yang mereka miliki. Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau selalu mematok standar bahagia dengan ukuran materi adalah kesalahan yang kerap kali dilakukan berulang-ulang dan terus dilakukan mesti tahu hal itu bukan sesuatu yang benar. Sayangnya, meski tahu hal ini bukan sesuatu yang benar, banyak pula yang tidak peduli dan tetap fokus pada standar bahagia masing-masing.

Anda masih menganggap bahwa bahagia Anda dapat dipatok dengan standar? Jika iya, Anda harus siap dengan kenyataan bahwa Anda tidak akan pernah bisa bahagia dengan hidup Anda. Anda akan terus haus akan pencapaian yang selalu lebih banyak, lebih tinggi, dan lebih unggul dari sekitar Anda.

Sebaliknya, ketika Anda merasa hidup Anda tidak ada apa-apanya, Anda selalu merasa Anda tidak layak mendapatkan kebahagiaan dari hidup yang Anda terima. Salah! Hal ini jelas-jelas bukan sebuah pemikiran yang manusiawi dan bukanlah pola pikir yang layak ditanamkan apalagi kepada keturunan Anda.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari lingkungan kita, salah satunya adalah bagaimana kita membuat dan menikmati hidup kita untuk mencapai kebahagiaan tanpa dipatok oleh standar tertentu. Hidup Anda tidak akan bahagia hanya dengan materi karena materi membuat Anda terus haus akan pencapaian yang lebih. Ada banyak hal yang bisa Anda jadikan pelajaran mengenai motivasi hidup yang lebih baik tanpa harus mengikut sertakan hal-hal duniawi yang begitu fana.

1. “Do not dwell in the past, do not dream of the future, concentrate the mind on the present moment”

Today 

Konsentrasikan Pada Kejadian Hari Ini via intentionalcaregiver.com

 

Jangan tenggelam dalam masa lalu, jangan bermimpi di masa depan, konsentrasikan pikiran pada kejadian hari ini. - Buddha.

Kegagalan terjadi dalam hidup kita bukan hanya karena kita tidak memiliki semangat hidup, tetapi karena kita terlalu larut dalam masa lalu dan terlalu khawatir untuk menjalani apa yang akan terjadi di kemudian hari. Akibatnya kita menjadi tidak fokus untuk menyelesaikan apa yang ada di depan kita, hasilnya pun menjadi tidak maksimal kemudian muncullah lagi hal-hal yang dianggap negatif yang ini pun mempengaruhi kita di masa mendatang.

2. “Life is not a problem to be solved, but a reality to be experienced.”

Reality

Kenyataan Yang Harus Dihadapi via cloudfront.net

 

Hidup bukan masalah untuk diselesaikan tetapi realita untuk dihadapi. - Soren Kierkegaard.

Mungkin kita merasa hidup cukup berat dan selalu ada masalah baru yang muncul dan membuat tekanan lebih besar setiap harinya bagi Anda. Anda merasa mulai muak dengan masalah-masalah tersebut karena belum selesai satu sudah ada masalah baru. Perlu Anda ketahui, sepanjang Anda hidup Anda tidak akan pernah terhindar dari masalah. Akan selalu ada berbagai masalah baru yang muncul dalam hidup Anda dan Anda tidak bisa menghindarinya. Maka hidup bukan perkara bagaimana Anda menyelesaikan masalah, tetapi lebih kepada bagaimana Anda menghadapi realita setiap harinya.

3. “If you live long enough, you'll make mistakes. But if you learn from them, you'll be a better person. It's how you handle adversity, not how it affects you. The main thing is never quit, never quit, never quit”

Belajar Dari Kesalahan

Belajar Dari Kesalahan via valenspoint.com

 

Jika Anda hidup cukup lama, Anda membuat banyak kesalahan. Tetapi jika Anda belajar dari kesalahan tersebut, Anda akan menjadi orang yang lebih baik. Itu adalah bagaimana Anda menghadapi kesulitan, bukan bagaimana hal itu mempengaruhi Anda. Hal yang utama adalah jangan berhenti, jangan berhenti, dan jangan berhenti. - William J. Clinton.

Kita semua hidup pasti pernah melakukan yang namanya kesalahan dan hal itu adalah sesuatu yang sangat manusiawi karena manusia bukanlah makhluk sempurna. Tetapi adalah hal yang bodoh bila kita tidak pernah belajar dari kesalahan yang pernah kita perbuat dan sebuah tindakan yang sangat hebat bisa menjadi orang yang lebih baik karena belajar dari kesalahan. Anda tidak akan pernah terlepas dari kesalahan dan yang membuat Anda hebat adalah Anda berani untuk bangkit dan memperbaiki kesalahan terus menerus tanpa pernah mengenal lelah.

4. "Life's most persistent and urgent question is, 'What are you doing for others?"

What Are You Doing To Others

What Are You Doing For Others via picturequotes.me

 

Pertanyaan yang paling mendesak dan presisten dalam hidup adalah 'Apa yang Anda lakukan bagi orang lain?' - Martin Luther King, Jr.

Hidup kita bukan hanya perkara diri kita saja. Ada populasi yang jauh lebih besar daripada sekedar individu, yang keberadaan mereka juga menyokong kehidupan Anda. Jangan pernah berkata apa yang sudah mereka berikan kepada Anda, apa yang sudah mereka lakukan bagi Anda. Bertanyalah sebaliknya, apa yang sudah Anda lakukan bagi orang lain? Ketika Anda mengharap suatu perbuatan baik, bukankah Anda harus memulai melakukannya lebih dulu kepada orang lain? Begitu juga kepada kehidupan dan hidup Anda sendiri.

5. "Open your eyes, look within. Are you satisfied with the life you're living?"

Bob Marley Quotes

Bob Marley Quotes via alphanextdoor.com

 

Buka mata dan lihat sekitar. Apakah Anda bahagia dengan hidup Anda? - Bob Marley.

Terkadang kita dibutakan dengan kekayaan duniawi yang seolah menjadi penentu kebahagiaan hidup seseorang. Padahal materi bukanlah suatu pengukur yang sah. Bahagia tidak bisa dibeli dengan uang atau ditukar dengan materi. Bahagia didapat dari dalam diri seseorang ketika ia berhasil menjadikan hidupnya lebih berarti. Sekalipun Anda menjadi orang terkaya di dunia, Anda tidak akan bisa menjadi bahagia ketika Anda tidak pernah merasa cukup. Coba lihatlah apa yang Anda miliki sekarang,  bukankah jauh lebih baik daripada apa yang dimiliki orang di luar sana?

Baca Juga : 11 Kata Kata Motivasi Kerja yang Akan Membuatmu Sukses

6. "You will never be happy if you continue to search for what happiness consists of. You will never live if you are looking for the meaning of life."

Bahagia

Jadilah Bahagia  via midliferocksblog.com

 

Anda tidak akan pernah bahagia jika Anda masih mencari apa komposisi kebahagiaan. Anda tidak akan pernah hidup jika Anda masih mencari arti hidup. - Albert Camus.

Hidup yang Anda jalani sekarang bukan soal menemukan apa komposisinya tetapi dimaknai sebagai sesuatu yang harus Anda jalani dan Anda isi sendiri dengan pengalaman. Itulah makna hidup yang sesungguhnya. Tidak pernah ada definisi sempurna untuk menggambarkan hidup, apa yang Anda lakukan adalah definisi kehidupan bagi Anda sendiri.

7. "You have enemies? Good. That means you've stood up for something, sometime in your life"

Winston

Winston Churchill Quotes via myawesomequotes.com

 

Anda memiliki musuh? Bagus. Itu artinya Anda berdiri untuk sesuatu, suatu saat dalam hidup Anda. - Winston Churchill.

Terkadang kita merasa kita tidak disukai oleh beberapa orang atas beberapa hal tertentu. Menyedihkan karena tidak semua orang bisa menyukai kita, namun lihatlah sisi positifnya. Anda tidak disukai orang karena Anda memiliki apa yang tidak mereka miliki, Anda hidup untuk memperjuangkan sesuatu dan Anda mendapatkannya sementara mereka tidak. Apa lagi yang Anda ingin tidak syukuri?

 

8. "It does not matter how slowly you go as long as you do not stop"

Jangan Pernah Berhenti

Jangan Pernah Berhenti via empowermagazine.com

 

Tidak penting seberapa lambat Anda bergerak selama Anda tidak berhenti. - Confucius.

Hidup terus berputar dan kita pasti akan mengalami proses dalam hidup. Anda mungkin akan merasa kesulitan dan terpuruk pada saat-saat tertentu. Jalani proses itu dan lakukan pekerjaan Anda meski tak harus dalam jumlah besar, setidaknya Anda membuktikan bahwa diri Anda tidak hanya diam saja.

9. "Always do your best. What you plant now, you will harvest later "

Lakukan Yang Terbaik

Lakukan Yang Terbaik via elt-connect.com

 

Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang Anda tanam sekarang, akan Anda tuai nantinya. - Og Mandino.

Apa yang Anda lakukan sekarang akan berdampak esok hari dan sesuatu yang Anda lakukan terhadap orang lain sebenarnya sama dengan memperlakukan diri sendiri. Ketika Anda menginginkan yang terbaik bagi hidup Anda, Anda harus bisa memberikan yang terbaik pula karena pada dasarnya kehidupan ini hanyalah peristiwa yang berputar terus menerus.

10. "If you can dream it, you can do it"

Dream

Bermimpilah via quotescloud.com

 

Jika Anda bisa memimpikannya, Anda bisa melakukannya. - Walt Disney.

Hidup Anda tidak ada artinya tanpa mimpi. Ketika Anda memiliki mimpi, sadarilah bahwa Anda dikaruniai potensi untuk bekerja yang mendapatkan apa yang Anda impikan. Bukan soal keadaan yang mendukung atau tidak, tetapi masalah bagaimana Anda memperjuangkan dengan sungguh-sungguh apa yang ingin Anda capai.

11. "Go for it now. The future is promised to no one"

Masa Depan

Masa  Depan via future-europe.info

 

Bekerjalah untuk mencapai sesuatu itu sekarang. Masa depan tidak dijanjikan untuk siapa-siapa. - Wayne Dyer.

Tidak ada orang yang bisa mencapai kesuksesan atau meraih mimpi mereka hanya dengan duduk bersantai. Kenyataannya, orang sukses bahkan mengorbankan waktu istirahat dan kesehatan mereka untuk mewujudkan mimpi. Masa depan tidak pernah menjanjikan sesuatu yang pasti pada seseorang, siapapun itu. Maka ketika Anda ingin masa depan yang baik, maka Anda harus bekerja untuk itu.

12. "Do something wonderful, people may imitate it"

Wonderful

Do Something Wonderful via blogspot.com

 

Buatlah sesuatu yang hebat, orang akan mencoba menirunya. - Albert Schweitzer.

Buatlah hidup Anda sebagai kenangan yang berarti. Buat sesuatu yang hebat, yang berkesan tak hanya dalam hidup Anda tetapi juga dalam hidup orang lain. Kesan yang baik akan meninggalkan ingatan yang baik dan hal ini bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk menirunya. Pada akhirnya, Anda adalah sosok penyebar semangat dan inspiratif.

13. "Quality is not an act, it is a habit"

Kualitas

Kualitas via bartonseo.com

 

Kualitas bukanlah sebuah aksi, itu adalah kebiasaan. - Aristotle.

Hasil pekerjaan Anda mungkin tidak akan terlihat dari satu kali kerja. Mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama hingga terlahir mahakarya sempurna. Kualitas suatu hal tidak bisa dilihat dari sekali kerja namun tercermin dari kebiasaan pekerjanya dalam mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. Kebiasaan akan memoles hasil pekerjaan menjadi lebih sempurna. Itulah kualitas.

14. "If you fell down yesterday, stand up today"

Stand up today

Stand up Today via prosperityclub1.com

 

Jika Anda terjatuh kemarin, berdirilah untuk hari ini. - H. G. Wells.

Tidak ada orang yang selalu berada di atas roda kehidupan terus menerus. Kita semua pasti pernah mengalami masa terpuruk, merasa bahwa kehidupan tidak adil. Tetapi orang hebat tidak menyesal pada kehidupan yang menaruhnya pada keadaan tidak baik. Ia justru akan berusaha untuk segera bangkit dan memperbaiki kesalahannya.

15. "Step by step and the thing is done"

Step by Step

Selangkah Demi Selangkah via careerealism.com

 

Selangkah demi selangkah dan pekerjaan akan selesai. - Charles Atlas.

Tidak penting apakah pekerjaan yang Anda lakukan termasuk pekerjaan besar atau kecil, selama Anda tidak berhenti mengerjakannya. Mungkin Anda terbebani dengan segudang masalah yang datang silih berganti dan pada akhirnya hanya membuat Anda merasa terpuruk. Satu-satunya jalan adalah menyelesaikannya satu per satu, dimulai dari yang paling bisa diselesaikan. Ingat, kehidupan tidak lepas dari masalah. Ketika Anda bisa menghadapi perkara tanpa harus merasa terpuruk, itulah keadaan Anda dewasa dalam hidup.

16. "Life is full of surprises"

Life is Full of Suprises 

Hidup Selalu Punya Kejutan via wordpress.com

 

Hidup itu penuh dengan kejutan. - John Major.

Tidak semua orang bisa melihat bahwa kehidupan ini merupakan sebuah pertunjukan yang luar biasa. Kehidupan selalu berhasil memberi kejutan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Baik itu kejadian baik atau buruk. Namun semua kejutan yang diberikan sebenarnya sebuah pelajaran yang sama baiknya, tergantung dari sudut mana kita melihat kejutan itu terjadi.

17. “A confession has to be part of your new life”

Pengakuan

Pengakuan via wordpress.com

 

Sebuah pengakuan harus menjadi bagian dari hidup baru Anda. - Ludwig Wittgenstein.

Manusia sering kali melakukan penolakan atau denial bahkan terhadap dirinya sendiri. Jarang dari kita yang bisa menerima diri dan hidup kita apa adanya, bersyukur dengan apa yang kita punyai, mulai berbagi dengan mereka yang tidak punya dan tidak mendapatkan karunia hidup seperti kita. Tapi ketika seseorang memutuskan untuk menjadi pribadi yang jauh dari penolakan diri, ia akan menyadari bahwa hidupnya tidak seburuk apa yang ada di dalam kepalanya. Dan dengan hal itu kehidupan baru yang lebih baik siap untuk ia jalani.

18. "If your life changes, we can change the world, too "

Mengubah Dunia

Mengubah Dunia via ichemepresident.files.wordpress.com

 

Jika hidup Anda berubah, kita bisa mengubah dunia juga. - Yoko Ono

Apa yang terjadi pada diri kita, sebenarnya sebuah bagian kecil dari peristiwa kehidupan. Jika Anda percaya bahwa Anda bisa mengubah hidup Anda dan membawa Anda pada takdir baik, bukannya tidak mungkin dunia ini juga bisa berubah dan mengarah pada tujuan hidup baik. Kuncinya adalah keyakinan bahwa diri kita bisa berubah, maka alam akan membantu mewujudkannya.

19. “You are doomed to make choices. This is life's greatest paradox”

Buat Pilihan Anda 

Buat Pilihan Anda via gaylifeafter40.com

 

Anda ditakdirkan untuk membuat keputusan atau pilihan. Inilah paradox terbesar kehidupan. - Wayne Dyer.

Kita selalu merasa bahwa hidup kita berjalan begitu saja. Namun sadarkah bahwa apa yang kita jalani sebenarnya konsekuensi dari pilihan kita? Kita selalu memilih pilihan untuk mengambil keputusan, tetapi kita terkadang hanya terlalu fokus pada pilihan yang kasat mata. Terkadang kita terlalu takut untuk membuat keputusan di luar pilihan yang terlihat. Hal yang harus Anda ketahui adalah, tidak ada larangan untuk membuat keputusan di luar pilihan yang tersedia. Ini hidup Anda, lakukan apa yang seharusnya Anda lakukan sebelum orang lain yang melakukan dan mendapatkannya.

20. "If you want to live a memorable life, you have to be the kind of person who remembers to remember"

Jadilah Orang yang Ingat untuk Mengingat

Jadilah Orang Yang Ingat Untuk Mengingat via jaredleto.com

 

Jika Anda ingin menghidupi hidup yang penuh dengan kenangan, Anda harus menjadi orang yang ingat untuk mengingat. - Joshua Foer.

Tidak ada orang yang ingin diingat sebagai pribadi yang menyebalkan, jahat, dan tidak berguna. Dan tidak ada orang yang ingin memenuhi pikirannya dengan kenangan akan seseorang yang tidak baik bagi hidup mereka. Jika semua orang menginginkan hidup yang baik dan selalu bisa mengenang dan dikenang, maka setiap orang harus berusaha memulainya lebih dulu: menjadi orang yang selalu bisa dikenang.

21. "Winners are people with definite purpose in life"

Pemenang

Pemenang via glassdoor.com

 

Pemenang adalah mereka yang memiliki tujuan pasti dalam hidup. - Denis Waitley.

Memang hidup bukan sebuah kompetisi yang berakhir ketika satu orang berhasil menyelesaikan permainan. Tujuan dalam hidup bukan sebatas garis akhir tetapi lebih kepada babak baru dalam proses hidup. Pemenang tidak sekedar mencapai satu tujuan, pemenang akan berusaha berlomba setelah dia menang dalam perjuangannya mencapai babak baru dalam hidupnya. Dan ia tidak akan pernah berhenti berjuang karena ia tahu bahwa berhenti berjuang sama dengan mati.

22. "Don't you know that every perfect life would mean the end of art?"

 Perfect Life

Kesempurnaan Hidup via ytimg.com

 

Tidakkah Anda tahu bahwa kesempurnaan hidup berarti akhir dari sebuah seni? - Robert Musil.

Terkadang kita mendambakan sebuah kesempurnaan hidup. Kita menganggap diri kita terlalu muak dengan hidup yang tidak pernah menjadi baik, selalu ada hal yang mencoba menghancurkan kebahagiaan dan hal-hal baik. Sayangnya, kita tidak berpikiran terbuka bahwa ketika hidup sudah sempurna, kita tidak bisa mengerti makna hidup sesungguhnya, tentang bagaimana arti berjuang karena kita bukan orang yang punya segalanya. Pada akhirnya kita sadar bahwa ketidak sempurnaan hidup adalah kesempurnaan yang sesungguhnya.

23. "What you get is a living, what you give is a life"

 Hidup

Tentang Hidup via belimitless.com

 

Apa yang Anda dapatkan adalah kehidupan, apa yang Anda beri adalah hidup. - Lillian Gish.

Anda tahu bahwa diri Anda tercipta apa adanya diri Anda. Anda mungkin bersyukur karena lahir dalam keadaan baik dikelilingi orang yang baik di sekitar Anda, membantu Anda tumbuh dan berkembang menjadi pribadi serupa. Tapi, jutaan orang di luar sana berharap ada di posisi Anda ketika Anda merasa tidak puas diri. Ketika Anda tidak puas dengan hidup Anda, satu-satunya alasan yang mendukung adalah kurang berbagi dengan mereka yang tidak pernah menikmati karunia hidup seperti yang Anda terima.

24. “My motto in life is 'Take risks' you don't have a voice if you don't. You have to venture outside your boundaries. That's what life's all about”

Berani Ambil Resiko

Berani Ambil Resiko via thequotepedia.com

 

Moto hidup saya adalah 'Ambillah resiko' Anda tidak memiliki suara jika Anda tidak melakukannya. Anda harus berusaha di luar batas Anda. Itulah kehidupan yang sesungguhnya. - Kelly Wearstler.

Sebagian orang berpikir bahwa risiko adalah hal yang harus dihindari. Bahkan tidak jarang orang memilih untuk diam daripada bersentuhan sedikit dengan risiko meski yang akan dipilihnya adalah suatu kebenaran. Tapi, yang perlu ditekankan dalam pemahaman Anda adalah ketika Anda tidak membuat pilihan hanya karena Anda tidak mau mengambil risiko, maka Anda tidak berhak memberikan komentar sedikit pun pada mereka yang mungkin gagal karena mengambil risiko. Setidaknya mereka mencoba dan berusaha, bukan melarikan diri.

25. “We need to appreciate how precious life is ”

Apresiasi

Apresiasi via theablelife.ca

Kita harus bisa mengapresiasi betapa berharganya hidup ini. - Shelley Fabares.

Banyak dari kita yang kurang bersyukur dengan apa yang kita miliki. Ingatlah bahwa apa yang kita terima sekarang mungkin masih sangat di atas sebagian orang yang hidup di belahan bumi yang berlawanan dengan Anda. Anda ingin memiliki hidup yang berharga dan bisa dikenang? Mulailah berbagi arti hidup dan kebahagiaan. Anda akan merasakan betapa berharganya hidup yang sudah Anda terima.

Baca Juga : 15 Kata-kata Bijak Presiden Indonesia

Bahagia adalah Pilihan 

Itulah beberapa kata-kata yang bisa memotivasi Anda untuk menjalani hidup yang lebih baik dan lebih bahagia. Yang perlu Anda ingat adalah kebahagiaan datang dari dalam diri Anda, bukan dari orang lain. Ciptakan kebahagiaan itu, buat hidup yang menyenangkan, sebarkan kebahagiaan positif pada orang lain, dan bantu orang lain mendapatkan kebahagiaan yang sama.

Baca Juga : 25 Kata-kata Motivasi untuk Membantu Anda Sukses