3 Cara Siasati Biaya Pendidikan yang Semakin Mahal

Biaya pendidikan tak lagi bisa dibilang murah. Bahkan dari tahun ke tahun ada potensi kenaikan biaya pendidikan karena inflasi yang harus diantisipasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10%-15% per tahun.

Oleh sebab itu, merencanakan biaya pendidikan dari jauh-jauh hari itu penting. Namun, hal ini juga tak mudah, dibutuhkan persiapan yang matang dan konsisten untuk menabung atau investasi. Selain itu, biaya pendidikan pastinya akan semakin besar apabila Anda memiliki lebih dari satu anak.

Sebagai gambaran, asumsi biaya uang muka sekolah swasta di Jakarta tahun 2021 adalah:

  • PAUD = berkisar Rp5 juta
  • TK     = berkisar Rp10 juta
  • SD     = berkisar Rp30 juta
  • SMP    = berkisar Rp35 juta
  • SMA = berkisar Rp40 juta
  • Kuliah = berkisar Rp50 juta

Jangan lupa, biaya tersebut baru angka kisaran uang muka saja, belum hitungan uang bulanan (SPP), uang buku, seragam, praktikum dan lain sebagainya.

Memikirkan biaya pendidikan yang semakin mahal tentunya bisa membuat Anda pusing tujuh keliling. Namun Anda harus tetap semangat, lakukan yang terbaik untuk mengatur keuangan dan ketahui cara menyiasati biaya pendidikan. Simak tips dari Cermati.com berikut ini:

1. Cari dan Apply Beasiswa

loader

Salah satu cara menyiasati mahalnya biaya pendidikan adalah dengan mendapatkan beasiswa. Beasiswa dapat menjadi solusi praktis guna menghemat biaya pendidikan sekolah anak atau kuliah. Biaya pendidikan yang umumnya di cover oleh beasiswa meliputi biaya uang muka, uang bulanan sekolah atau SPP (sumbangan pembinaan pendidikan), hingga biaya buku dan praktikum.

Program beasiswa selalu hadir setiap tahunnya dan terbuka bagi siapa saja, mulai pendidikan di tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Jenis beasiswa yang bisa didapatkan pun beragam, antara lain beasiswa penuh, parsial, dari pemerintah, swasta, organisasi/komunitas dan lain sebagainya.

Cara mendapatkan beasiswa itu mudah, pastinya Anda harus rajin mencari informasi seputar beasiswa yang sesuai dengan minat dan kemampuan akademik anak Anda. Siapkan, penuhi persyaratannya dan apply beasiswa sebelum batas waktu yang ditentukan berakhir. Jangan lupa, motivasi sang buah hati agar semangat belajar, berprestasi dan senantiasa mengasah kemampuan agar bisa lulus seleksi beasiswa.

2. Pilih Sekolah atau Universitas dengan Biaya Terjangkau

loader

Cara selanjutnya adalah bersikap realistis yakni dengan memilih sekolah atau universitas dengan biaya terjangkau sesuai dengan kemampuan keuangan. Tujuannya, supaya Anda tidak stres finansial dengan biaya bulanan hingga biaya gaya hidup di lingkungan sekolah tersebut

Ingat, sekolah atau universitas yang bagus tidak harus selalu yang biayanya mahal. Namun, sayangnya selama ini masyarakat umum masih beranggapan bahwa sekolah atau universitas berkualitas itu pasti mahal. Padahal kenyataan di lapangan, sekolah mahal tidak selalu bagus. Ada banyak sekolah murah atau berbiaya terjangkau dengan kualitas pendidikan yang tak kalah dengan sekolah ‘mahal’.

Kunci mencari sekolah yang bagus dengan biaya terjangkau adalah rajin-rajinlah mencari informasi baik secara online maupun offline. Jangan ragu untuk bertanya kepada kerabat, tetangga atau pihak terkait yang memiliki pengalaman di sekolah/universitas tersebut.

3. Cari Pinjaman untuk Biaya Sekolah dan Kuliah

loader

Idealnya dana pendidikan sekolah hingga kuliah untuk buah hati atau Anda pribadi dapat direncanakan jauh-jauh hari dengan cara menabung dan investasi. Namun terkadang ada keperluan atau kebutuhan lain yang lebih mendesak sehingga uang tabungan atau investasi pun bisa terkuras.

Biaya pendidikan sekolah atau kuliah tergolong kebutuhan finansial yang penting dan tidak sedikit dana yang dibutuhkan. Jangan sampai buah hati Anda putus sekolah karena kendala biaya. Menghadapi hal ini, Anda tak perlu panik sebab ada solusi keuangan yang bisa Anda pertimbangkan, yakni dengan memanfaatkan Kredit Serba Guna dari J Trust Bank.

Caranya mudah, cukup dengan menjaminkan sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar, suku bunga 12,5% per tahun dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun.

Persyaratan dokumen pengajuan pinjaman mudah dan prosesnya cepat. Selain buat biaya sekolah atau bayar kuliah, pinjaman tersebut dapat digunakan untuk semua kebutuhan, seperti biaya renovasi rumah, modal usaha, nikah hingga berobat.

Dana Pendidikan Aman, Hati Tenang

Pendidikan itu penting untuk membangun masa depan yang sukses bagi anak Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki dana pendidikan yang cukup supaya bisa menyekolahkan anak-anak hingga perguruan tinggi. Dana pendidikan aman, maka Anda pun tenang. Namun, jika Anda kekurangan biaya, jangan khawatir Kredit Serba Guna J Trust Bank siap membantu Anda.