3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan sebelum Sewa Rumah

Ingin mengontrak rumah, tapi tidak tahu mekanismenya? Hal yang wajar, khususnya kalau ini kali pertama untukmu. Banyak ketakutan yang menghampirimu, khususnya yang ada kaitannya dengan rugi.

Pada umumnya, ada tiga hal yang perlu dikroscek sebelum menyewa rumah. Kamu perlu memahaminya dengan baik untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan dirimu di kemudian hari. Yuk, bahas selengkapnya di bawah ini!

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Pahami hukum sewa-menyewa rumah

loader
Hukum Sewa-Menyewa Rumah

Sebelum menyewa properti apapun, kamu harus paham dulu tentang hukum sewa-menyewa untuk meminimalisir adanya kerugian di masa mendatang. Hukum ini sifatnya mengikat. Jika dilanggar, maka aka nada sanksi tegas bagi yang melanggarnya. 

Sesuai KUH Perdata Pasal 1548, aktivitas menyewa ditujukan untuk memberi kenikmatan kepada penyewa berupa barang, dengan mekanisme pembayaran yang disanggupi oleh penyewa. 

Beberapa poin yang harus dipatuhi oleh pemilik rumah, yaitu :

  • Pemilik wajib menyerahkan barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut selama masa sewa berlangsung
  • Pemilik membebaskan penyewa untuk menggunakan barang tersebut, tapi tidak merusaknya
  • Penyewa bisa menikmati fungsi barang tersebut berdasarkan jenisnya untuk menunjang kenyamanan selama menyewa

2. Persiapkan diri secara matang

loader Mempersiapkan Diri secara Matang

Menyewa rumah merupakan kegiatan krusial yang butuh persiapan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Hal-hal yang harus disiapkan, seperti meluangkan waktu untuk melakukan survei ke lokasi, menyiapkan uang sewa, dan memikirkan cara saat pindahan nanti. 

Kelihatannya sepele, tapi banyak yang sering salah. Akibatnya, proses untuk menyewa rumah tidak selancar yang diharapkan di awal. 

Persiapannya akan semakin mudah kalau kamu memutuskan untuk tinggal bersama teman. Sebab, persiapannya dilakukan dan dipikirkan bersama-sama demi meningkatkan kenyamanan selama menempati rumah tersebut. 

Baca Juga: 7 Trik Mencari Kos-kosan yang Nyaman dan Bisa Bikin Betah

3. Sewalah hunian yang tepat untukmu

loader
Menyewa Rumah

Kroscek terakhir dan tak kalah penting adalah menyewa hunian yang tepat untukmu. Sesuaikan dengan status, budget, dan berapa lama kamu akan menyewa rumah tersebut. 

Untuk memudahkanmu mencari hunian yang sesuai, kamu bisa kroscek lebih dalam lagi lima poin berikut ini. 

  • Lihat kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jangankan jenis kelamin, status seseorang di masyarakat saja bisa mempengaruhi kebutuhan masing-masing. Misalnya antara yang masih single dan sudah berkeluarga, jumlah kamar yang dibutuhkan yang berkeluarga biasanya lebih banyak karena harus memikirkan kamar anak.  

Sama halnya untuk kamu yang masih single, tapi ingin tinggal sama teman. Hitung jumlah penghuni yang akan menempati rumah tersebut untuk memudahkanmu saat menyortir hunian.

Pastikan jumlah kamarnya cukup agar masing-masing penghuni punya ruang untuk dirinya sendiri. Jika sekamar berdua, takutnya malah mengganggu privasi. 

  • Cek dan bandingkan harga

Selanjutnya adalah mengecek harga rumah dengan sesuai spesifikasi. Rata-rata harga sewa di ibu kota antara Rp 2-3 juta per bulan. Untuk wilayah yang agak jauh dari ibu kota, biasanya lebih murah. 

Kuncinya adalah cari referensi rumah sebanyak-banyaknya, lalu bandingkan harga dan spesifikasinya. Jika ada rumah yang spesifikasinya bagus, fasilitasnya juga lengkap, tapi harganya sedikit lebih mahal, apa salahnya keep dulu. 

Mengingat jangka waktu tinggalmu juga tidak sebentar, lebih baik cari rumah yang benar-benar nyaman. 

  • Survei

Jika kamu punya dua atau tiga opsi yang sudah pas, sekarang saatnya lakukan survei. Tentu dengan cara mendatangi rumah tersebut untuk memastikan kondisinya. Apakah sesuai dengan yang difoto atau tidak. 

Jangan langsung deal kalau misalnya satu rumah yang dikunjungi sudah pas di hati. Sebab, kamu masih opsi rumah lain. Siapa tahu rumah tersebut lebih bagus daripada rumah pertama.  

Setelah melihat semua opsi, baru putuskan mana yang terbaik. Jadi, tidak ada namanya penyesalan di kemudian hari.

  • Proses pembayaran

Bagaimana dengan proses pembayarannya? Kamu juga harus pikirkan untuk kemudahan administrasi dan kelola keuangan. Tanyakan apakah pembayarannya secara bulanan, triwulan, atau langsung setahun. 

Jika pembayaranya secara bulanan, cari tahu batas maksimum pembayaran untuk menghindari telat bayar. Sebab, ada denda yang harus dibayar kalau kamu sampai telat membayar sewa rumah. 

Tanya juga apakah pembayarannya secara tunai atau transfer. Khusus untuk pembayaran transfer, jangan lupa meminta nomor rekening pemilik rumahnya. 

  • Mengenal tetangga sekitar

Meskipun sudah pindahan, tugasmu belum selesai begitu saja. Selanjutnya, kamu harus mencoba mengenal tetangga sekitar. 

Caranya mudah, yaitu dengan memperkenalkan dirimu sewaktu berpapasan atau mengobrol santai. Tetangga ibaratkan keluarga yang akan membantumu saat mengalami kesusahan. 

Jalin dan jaga hubungan baik dengan semua tetangga di sekitar. Jangan sampai kamu dicap sombong, ya!

Baca Juga: Pasangan Baru, Perhatikan 6 Hal ini Jika Ingin Ngontrak Rumah

Kroscek sebelum Mulai Menyewa Rumah

Mencari rumah untuk disewa bukanlah hal sulit mengingat banyaknya rumah yang disewakan di wilayah tempat tinggalmu. Namun, kroscek sebelum menyewa penting dilakukan untuk memudahkan proses sewa rumah dan meminimalisir kesalahan. Hingga pada akhirnya, kamu bisa tinggal dengan nyaman dan tenteram di rumah tersebut.

Baca Juga: Pilih Sewa Rumah, Apartemen atau Ambil KPR? Mana yang Lebih Untung Ya?