3 Hal Penting yang Wajib Dicek sebelum Tanda Tangan Kontrak

Mendapat kabar kalau sudah diterima bekerja tentu akan selalu menjadi yang paling ditunggu oleh para pelamar kerja. Kamu mungkin saja akan begitu gembira, apalagi jika ternyata kamu bisa diterima di perusahaan yang sudah kamu impikan sejak lama. 

Untuk kebanyakan orang, momen yang satu ini akan membawa banyak sensasi dan semangat sekaligus. Membayangkan duduk di belakang meja, menyelesaikan berbagai tugas, dan akan bekerja dalam waktu dekat merupakan hal-hal yang mungkin kerap hadir di  benakmu sejak kabar itu datang. 

Panggilan untuk tanda tangan kontrak sudah tentu datang di saat bersamaan. Ini memang sesuatu yang mungkin saja sudah sangat kamu tunggu sejak lama. 

Perusahaan akan menawarkan berbagai fasilitas, tentunya dengan sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus kamu emban selama bekerja di sana. Semua ini harus kamu cermati dengan baik, sebab bisa saja perusahaan memberikan fasilitas yang berbeda dengan yang mereka tawarkan di dalam lowongan kerja yang kamu lamar. 

Hal ini penting, jangan sampai kamu mengalami masalah atau bahkan kerugian, hanya karena terburu-buru dalam menandatangani kontrak kerja. Hindari masalah di kemudian hari seperti ini, pastikan kamu membaca secara rinci isi kontrak tersebut terlebih dahulu. Jika ada yang kurang jelas, bertanya tentu akan menjadi keputusan yang paling bijak.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib kamu cermati sebelum tanda tangan kontrak kerja:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Deskripsi Pekerjaan

deskripsi pekerjaan

Saat kamu bergabung dengan perusahaan, maka kamu akan menduduki jabatan tertentu di sana. Jabatan ini pada umumnya disesuaikan dengan kemampuan kerja yang kamu miliki. Perusahaan akan menjabarkan apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab kamu di dalam kontrak tersebut. Deskripsi pekerjaan ini akan menjadi acuan aktivitas kamu selama bekerja di perusahaan tersebut. Pastikan kamu memahami semua deskripsi pekerjaan tersebut sejak awal. 

Jangan sampai kamu harus menangani pekerjaan yang tidak sesuai atau bahkan berada di luar kemampuan kerjamu. Hal ini bukan hanya membuat pekerjaanmu tidak maksimal, namun juga beresiko membuat kamu berada dalam kesulitan di masa yang akan datang. 

Cermati setiap deskripsi yang tertulis di dalam kontrak secara detail. Jika ada yang kurang jelas, sebaiknya langsung tanyakan saat itu juga. Jika kamu merasa tugas-tugas tersebut tidak sesuai dengan tanggung jawabmu, maka sampaikan hal tersebut sejak awal.

Baca Juga:  Baru Pertama Kali Kerja? Lakukan Ini Kalau Mau Sukses Besar 

2. Cek Kesesuaian Gaji

cek kesesuaian gaji

Gaji selalu menjadi sesuatu yang wajib kamu perhatikan dengan baik sebelum tanda tangan kontrak kerja. Pada umumnya, para pelamar sudah memiliki gambaran yang jelas terkait besaran gaji yang bisa mereka terima dari lowongan yang dilamar. 

Biasakan untuk melakukan survey seperti ini sejak awal, agar kamu mengetahui dengan baik kisaran gaji di jabatan kamu nantinya. Semua informasi seperti ini bisa kamu dapatkan dengan mudah secara online, bahkan untuk informasi gaji terkini dan akurat.

Selain melakukan pengecekan kisaran gaji, jangan lupa mencermati isi kontrak terkait dengan jumlah gaji yang akan kamu terima dari perusahaan. Saat wawancara kamu tentu sudah membicarakan hal ini dengan pihak perusahaan. Namun di dalam kontrak kerja, besaran gaji ini bisa saja berubah, bahkan jauh dari yang kamu duga. 

Tidak masalah jika pada akhirnya perusahaan memberi gaji yang lebih tinggi dari yang kamu ajukan. Namun jika ternyata nominalnya lebih kecil, kamu tentu perlu membicarakannya kembali dengan pihak perusahaan. Jangan abaikan poin yang satu ini, sebab bisa berakibat fatal di masa yang akan datang. 

Baca Juga:  Omnibus Law UU Cipta Kerja Terbit, Begini Tips Atur Uang Pekerja agar Tak Pailit

3. Budaya Kerja Perusahaan

budaya kerja perusahaan

Kenyamanan selama bekerja di perusahaan menjadi sesuatu yang sangat penting, sebab ini akan mempengaruhi produktivitas kamu. Kamu akan menghabiskan waktu yang panjang di perusahaan, di mana kamu perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan budaya kerja di dalamnya. 

Jika ini berjalan dengan baik, maka kamu akan bisa menikmati pekerjaanmu dengan nyaman sepanjang waktu. Namun jika tidak, maka jelas kamu tidak akan betah untuk bekerja dan menikmati pekerjaan dengan gembira di sana. 

Penting untuk melihat budaya kerja perusahaan secara detail, sebelum akhirnya kamu tanda tangan kontrak dan bergabung di sana. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara melihat langsung kondisi perusahaan saat interview. Selain itu, kamu juga dapat mengumpulkan informasi terkait hal ini secara online. Jika semua sudah sesuai dan dapat kamu terima dengan baik, maka tanda tangan kontrak kerja bisa dilakukan dengan tenang. 

Tanda Tangani Kontrak dengan Tenang 

Diterima kerja merupakan hal yang menggembirakan, di mana kamu akan segera tanda tangan kontrak dengan pihak perusahaan. Jangan terburu-buru, pastikan kamu memahami dan setuju dengan semua poin penting di dalamnya. Cek dan tanda tangani kontrak mu dengan tenang, agar kelak kamu bisa bekerja dengan nyaman di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Wahai Fresh Graduate, Kamu Wajib Tahu Beda CV dan Resume Lamaran Kerja