3 Strategi Jitu dan Menguntungkan dalam Investasi Saham

Saham masih menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati hingga saat ini. Potensi keuntungan yang diberikan saham memang besar, sehingga banyak orang menjadikannya sebagai pilihan investasi utama. Selain itu, investasi saham juga cukup mudah dilakukan dalam keuangan, bahkan ketika Anda hanya memiliki modal yang terbatas sekalipun.

Namun untuk mendapatkan keuntungan, Anda tentu harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola investasi saham ini. Anda perlu menguasai berbagai pengetahuan dasar terkait perdagangan saham di pasar modal terlebih dahulu. Selain itu, kuasai juga strategi jitu yang akan membawa Anda lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini penting, agar Anda bisa mengambil keputusan yang paling menguntungkan dalam investasi yang Anda lakukan.

Berikut ini adalah beberapa strategi jitu dan menguntungkan yang wajib Anda kuasai dalam investasi saham:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Manfaatkan volatilitas harga

saham
Manfaatkan volatilitas harga

Strategi yang satu ini terbilang populer dan sangat banyak dimainkan oleh para investor. Volatilitas harga merupakan kenaikan atau penurunan nilai harga saham yang terjadi dalam waktu yang terbilang cepat atau tiba-tiba. Perubahan harga ini akan menimbulkan sejumlah selisih, bahkan bisa saja dalam jumlah yang sangat besar dari waktu ke waktu. Hal ini bisa memberikan Anda potensi keuntungan yang besar dalam kurun waktu yang terbilang cepat.

Anda bisa memanfaatkan volatilitas harga ini dengan cara membeli saham-saham yang mengalami penurunan harga di saat terjadinya penutupan bursa. Selanjutnya, Anda perlu melakukan penjualan kembali saham-saham tersebut di saat pembukaan bursa keesokan harinya. Swing trading seperti ini pada umumnya dilakukan dengan berasumsi pada turunnya harga saham tersebut akan menimbulkan pantulan keesokan harinya, di mana harga saham kembali naik saat pembukaan bursa. 

Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham tersebut di keesokan harinya. Jumlah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari volatilitas harga seperti ini bisa saja sangat besar, apalagi jika Anda jeli dalam mengambil keputusan. Namun meski begitu, sebelum menggunakan strategi ini Anda tetap perlu melihat bagaimana pergerakan saham tersebut selama beberapa waktu terakhir terlebih dahulu. 

Baca Juga: Investasi Saham: Hal-Hal Dasar yang Mesti Anda Ketahui

2. Cermati waktu jatuh tempo dividen

Waktu jatuh tempo selalu menjadi hal penting bagi para pemegang saham, di mana investor akan mendapatkan pembagian keuntungan dari pihak perusahaan. Bagi Anda yang ingin memulai investasi saham, strategi yang satu ini juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan waktu jatuh tempo deviden dari saham yang Anda beli.

Dalam strategi ini, Anda perlu mencermati dengan baik tanggal jatuh tempo saham-saham yang akan Anda beli. Idealnya, belilah saham yang sudah mendekati waktu jatuh tempo pembagian dividen, lalu jual kembali saham tersebut setelah melewati tanggal jatuh tempo tersebut. Cara ini akan memungkinkan Anda mendapatkan sejumlah keuntungan, yakni dari pembagian deviden dan juga selisih pada harga beli dan harga jual saham tersebut.

Strategi yang satu ini bisa saja memberikan Anda potensi keuntungan yang cukup besar, meskipun hanya dalam waktu yang terbilang singkat. Namun dalam hal ini Anda tetap harus jeli dalam memilih saham yang akan dibeli, agar resiko kerugian juga bisa ditekan dengan baik sejak awal. Hal ini sangat penting, untuk memastikan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan maksimal atas pembelian saham tersebut.

Baca Juga: 8 Artis Ini Makin Tajir Berkat Investasi Saham

3. Manfaatkan laba saham Anda dengan cerdas

jual saham
Manfaatkan laba saham Anda dengan Cerdas

Tujuan Anda melakukan investasi saham tentu untuk mendapatkan sejumlah dividen atau laba. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari laba saham yang Anda miliki secara maksimal, jika Anda memiliki kemampuan yang baik untuk mengelolanya dengan cara tepat. Namun selain itu, Anda juga bisa menggunakan strategi jitu lainnya untuk mendatangkan uang dari investasi saham yang Anda lakukan di dalam keuangan.

Manfaatkan laba saham Anda dengan cara yang cerdas, agar keuntungan ini benar-benar bisa membawa dampak baik di dalam keuangan. Anda bisa memulai hal ini dengan cara membeli saham-saham pilihan, tentunya yang secara rutin selalu membagi dividen bagi para investornya. Selanjutnya, Anda hanya perlu membiarkan saham-saham tersebut mendatangkan laba di dalam keuangan Anda. 

Begitu simpel dan mudah, Anda bahkan hanya perlu mengawasi perkembangan nilai pasar saham Anda tersebut. Jika menginginkan laba yang lebih besar di masa yang akan datang, maka gunakan dividen yang Anda dapatkan untuk membeli lebih banyak lagi saham yang baru.

Pahami dan terapkan strategi yang paling tepat 

Untuk bisa sukses dalam investasi saham, Anda perlu mempelajari banyak hal terlebih dahulu. Namun di antara semua hal tersebut, memahami strategi jitu dalam investasi ini menjadi salah satu yang terpenting. Pastikan Anda menguasai semua strategi jitu dan menerapkannya di dalam investasi Anda, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari saham.

Baca Juga: Melek Investasi: Simak Beda Investasi Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito