4 Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit tanpa Masalah

Banyak orang yang tidak berani mengakses layanan kartu kredit dan menggunakannya. Rasa khawatir akan memiliki utang tentu menjadi salah satu alasan utama. Selain itu, sebagian orang memang tidak memahami dengan baik apa saja manfaat yang bisa diberikan alat pembayaran yang satu ini. 

Sementara di lain sisi, sebagian pengguna kartu kredit justru tetap nyaman dan bisa menikmati keuntungan atas fasilitas kartu kredit yang mereka gunakan. Bukan hanya itu saja, berbagai transaksi keuangan juga bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan jauh lebih cepat. 

Semua ini tentu patut menjadi pertimbangan untuk memiliki dan memakai kartu kredit, bukan? 

Jika menggunakannya dengan cara yang cerdas, alat pembayaran yang satu ini bahkan bisa membuat keuangan menjadi lebih teratur. Kamu bisa menggunakannya untuk mengontrol pengeluaran, termasuk menyelesaikan berbagai tagihan bulanan. 

Hal ini bahkan akan semakin menguntungkan, jika bisa memanfaatkan semua diskon dan penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan. Semua ini tentu akan menjadi menjadi kenyataan, bila bisa menggunakan kartu kredit dengan cara tepat.

Simak beberapa cara cerdas berikut ini, yang bisa dilakukan untuk menggunakan kartu kredit tanpa masalah:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan tentukan anggarannya

loader

Kartu kredit akan mempermudah kamu dalam melakukan berbagai transaksi keuangan, bahkan di saat belum memiliki uang/ dana. Namun hal ini tentu tidak bisa menjadi alasan untuk selalu berbelanja tanpa aturan. 

kamu harus memahami aturan dasar penggunaan fasilitas ini, bahwa semua transaksi akan menghasilkan sejumlah tagihan. Semua tagihan ini adalah utang yang harus dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Artinya, sangat penting untuk selalu merencanakan pembelanjaan/ transaksi kartu kredit kamu dengan baik.

Sesuaikan limit atau penggunaan kartu kredit dengan kondisi dan kemampuan keuangan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyusun anggaran keuangan yang tepat sejak awal, termasuk apa saja yang akan dibeli dengan menggunakan kartu kredit. 

Pastikan kamu sudah memiliki dana yang dapat dialokasikan untuk membayar setiap transaksi yang dilakukan. Hal ini akan mempermudah kamu melakukan pelunasan setiap tagihan kartu kredit tersebut. Jika sudah begini, risiko menunggak utang di dalam kartu kredit tentu akan sangat kecil. 

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Segera Dilakukan saat Kartu Kredit Hilang

2. Baca dan pahami semua syarat serta ketentuannya

loader

Masing-masing bank akan memiliki syarat dan ketentuan tersendiri terkait dengan produk kartu kredit mereka. Sebagai pengguna, kamu hanya memahami setiap syarat ini dengan baik, bahkan meski memiliki beberapa kartu dari bank yang berbeda sekalipun. 

Ada banyak yang perlu dipahami, seperti: aturan penggunaan, ketentuan pembayaran, aturan terkait biaya, dan yang lainnya.

Pastikan kamu selalu membaca dan memahami dengan baik semua syarat dan ketentuan kartu kredit. Jika perlu, kamu bisa menanyakan berbagai poin yang kurang dipahami terkait hal tersebut kepada pihak bank. 

Pemahaman yang baik seperti ini akan memungkinkan kamu menggunakan kartu kredit dengan lebih tepat, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari hal tersebut.

3. Bayar tagihan penuh setiap bulannya

loader

Tagihan yang tidak terlunasi merupakan indikasi penggunaan kartu kredit yang tidak terencana. Jumlah tagihan ini akan menjadi jauh lebih besar di bulan berikutnya, sebab bank akan menerapkan sejumlah bunga. 

Hal ini bahkan akan semakin buruk, jika ternyata kamu kembali menggunakan kartu tersebut dan tidak melunasi tagihan lagi di bulan berikutnya. Jika ingin bebas masalah, hindari kondisi seperti ini saat memakai kartu kredit. 

Biasakan untuk selalu membayar tagihan penuh setiap bulannya, agar tidak menumpuk utang di dalam kartu kredit. Hal ini juga akan menghindarkan kamu dari biaya bunga yang jumlahnya terbilang cukup memberatkan.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Kartu Kredit 

4. Cek dan teliti tagihan kamu

loader

Membayar tagihan kartu kredit lebih awal memang sangat disarankan, sebab hal ini memungkinkan kamu menghindari kekeliruan. Kamu akan memiliki cukup banyak waktu untuk mengecek dan meneliti satu per satu transaksi di lembar tagihan kartu kredit. 

Hal ini penting, untuk memastikan bahwa semua tagihan tersebut sudah benar dan sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Jika ternyata ada kekeliruan, maka kamu akan memiliki waktu untuk menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit dan menyelesaikan hal tersebut dengan segera. Sikap teliti seperti ini akan memperkecil resiko kesalahan dan juga kerugian.

Pakai Kartu Kredit dengan Cerdas dan Nyaman

Bagi pengguna aktif kartu kredit, pastikan kamu memahami dengan baik apa saja yang ditawarkan produk tersebut. Selalu gunakan dengan cerdas dan manfaatkan semua keuntungan di dalam kartu kredit secara maksimal. Hal ini akan memungkinkan kamu menikmati kenyamanan dan keuntungan maksimal di dalam setiap transaksi yang kamu lakukan.

Baca Juga: Tips Mencari Kartu Kredit yang Pas untuk Pengusaha