4 Cara Menghindari Terjadinya Skor Kredit Jelek

Skor kredit yang jelek akan membuat pengajuan kredit menjadi tertunda atau bahkan tidak pernah disetujui pihak bank. Jika melihat kenyataan tersebut, maka menjaga riwayat kredit tetap baik tentu menjadi hal yang sangat penting. 

Jangan sampai Anda kesulitan untuk mengakses layanan perbankan maupun lembaga keuangan lainnya, hanya karena skor kredit yang buruk seperti ini. 

Penting untuk selalu merencanakan pengajuan kredit dengan baik

Pada dasarnya yang membuat skor kredit buruk adalah riwayat kredit sebelumnya, dimana hal ini dicatat pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang kini telah dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jika tidak ingin skor kredit Anda buruk, maka pastikan selalu merencanakan pengajuan kredit dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari skor kredit yang jelek: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lihat kemampuan bayar

loader

Dalam mengelola keuangan, Anda memang harus selalu realistis, begitu juga ketika akan mengajukan kredit ke bank. Berapapun jumlah kredit yang diinginkan atau dibutuhkan, Anda tentu harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. 

Artinya, Anda harus melihat kemampuan bayar dengan baik terlebih dahulu. Karena kredit ini akan menjadi beban di dalam keuangan, sehingga sangat penting untuk memastikan keuangan tetap berjalan lancar meskipun memiliki utang tersebut.

Hindari jumlah utang yang terlalu besar, apalagi jika tidak terlalu penting untuk diadakan di dalam keuangan. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan besaran cicilan dengan kemampuan keuangan. 

Jangan sampai mengambil cicilan yang terlalu besar, sebab ini beresiko menimbulkan gagal bayar. Namun hindari juga cicilan yang terlalu kecil, karena ini juga akan membuat Anda lebih lama berhutang dan harus membayar lebih banyak beban bunga. Ambil cicilan dalam jumlah yang tepat dan sesuai dengan kemampuan bayar. 

2. Jangan berbohong

Penghasilan kecil namun membutuhkan pinjaman bank dalam jumlah yang besar, maka Anda berniat memanipulasi jumlah penghasilan dalam aplikasi pengajuan kredit. Ini merupakan tindakan yang salah dan akan membawa Anda ke dalam masalah keuangan, termasuk skor kredit yang jelek. 

Di dalam prakteknya, bank bisa saja menyetujui permohonan dan memberikan sejumlah pinjaman yang besar. Namun setelahnya, Anda tentu akan kesulitan untuk melakukan pembayaran. 

Jika berbohong seperti ini dan mendapatkan pinjaman yang besar, maka sudah tentu harus mencicil utang tersebut dalam jumlah yang besar juga. Hal ini akan menimbulkan ketimpangan di dalam keuangan, sebab pada dasarnya Anda hanya memiliki penghasilan yang kecil saja. 

Sementara di lain sisi, Anda juga memiliki kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Jangan lakukan kebohongan yang akan membawa masalah besar seperti ini.

Baca Juga: Cara Melihat dan Membersihkan BI Checking agar Pengajuan Kredit Lolos 

3. Bayar penuh cicilan

loader

Saat memiliki pinjaman di bank, maka Anda akan memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah cicilan setiap bulannya. Idealnya besaran cicilan ini memang harus sesuai dengan kemampuan keuangan, agar bisa membayarnya dengan baik dan tepat waktu. Cicilan yang terlalu besar akan membuat Anda kewalahan setiap bulannya. 

Pastikan selalu membayar cicilan secara penuh dan selalu tepat waktu. Hal ini akan membuat riwayat kredit tetap terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga akan menghindari beban bunga dan berbagai biaya lainnya yang justru akan menambah besar jumlah hutang Anda tersebut. 

4. Lakukan pembayaran dengan disiplin 

Banyak orang yang hanya semangat ketika mengajukan kredit dan menggunakannya saja, namun tidak untuk mencicilnya. Hal seperti ini akan membuat cicilan tertunda, menunggak atau bahkan menjadi macet sama sekali. Secara otomatis, riwayat kredit juga akan memburuk dan membuat skor kredit menjadi jelek di mata bank.

Hindari kondisi di atas sejak awal, agar semua urusan perbankan selalu bisa berjalan lancar. Apapun alasannya, pastikan selalu membayar cicilan kredit dengan tepat waktu. Lakukan hal ini dengan disiplin tinggi, sejak Anda mencairkan dana pinjaman tersebut hingga kelak melunasinya. Jika sudah begini, skor kredit tentu tidak akan jelek.

Baca Juga: Mau Skor Kredit Meningkat? Lakukan 7 Trik Sederhana Ini

Jaga Skor Kredit Tetap Baik dan Sehat

Berurusan dengan layanan perbankan kerap menjadi kebutuhan tersendiri. Hal ini tentu hanya bisa berjalan lancar jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik di mata bank. Pastikan selalu menjaga skor kredit tetap sehat, sehingga bisa mengakses layanan perbankan dan lembaga keuangan lainnya dengan mudah. 

Baca Juga: Sistem Informasi Debitur: Hal-Hal yang Mesti Anda Ketahui