4 Lowongan Kerja yang Akan Selalu Ada di Setiap Perusahaan

Mencari pekerjaan merupakan aktivitas yang banyak dilakukan sepanjang tahun. Setiap tahunnya ribuan pekerja akan mencoba peruntungan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan skill yang mereka kuasai. 

Jumlah pekerja yang melamar ini bahkan bisa saja begitu banyak, terutama pada perusahaan-perusahaan besar dan sudah ternama. Namun pada kenyataannya, tidak semua perusahaan selalu membuka lowongan pekerjaan sepanjang tahun. 

Sebagian perusahaan kerap hanya membuka lowongan di waktu-waktu tertentu, beberapa bahkan hanya membuka lowongan tersebut secara terbatas saja.

Jika saat ini Anda sedang mencoba untuk mencari pekerjaan, maka pastikan Anda jeli dalam mencermati lowongan yang tersedia. Di dalam perusahaan, beberapa divisi tertentu mungkin saja terbilang jarang membuka lowongan bagi pekerja yang baru. 

Namun meski begitu, beberapa divisi lainnya justru sering sekali membuka lowongan untuk karyawan baru. Bukan hanya itu saja, divisi-divisi ini bahkan kerap membutuhkan banyak pekerja sekaligus. Hal ini akan menguntungkan dan bisa memberi Anda peluang yang lebih besar untuk masuk dan bergabung di sana. 

Pilih lowongan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan skill Anda, agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan ini dengan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa lowongan kerja yang selalu dibutuhkan oleh perusahaan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bagian Sales

loader

Aktifitas penjualan selalu menjadi salah satu fokus utama di dalam perusahaan, ini bahkan berlaku di semua jenis perusahaan. Sepanjang tahun, perusahaan akan memiliki target tertentu yang harus dicapai dengan baik melalui angka penjualan mereka. 

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan hampir setiap tahun membuka lowongan untuk staf penjualan. Lowongan di bidang sales ini akan mudah Anda temui di berbagai perusahaan sekaligus. 

Pada umumnya, perusahaan akan memberikan kesempatan pada hampir semua jurusan kuliah untuk bergabung dengan divisi penjualan mereka. Anda tidak perlu khawatir jika jurusan kuliah Anda bukan berasal dari bidang pemasaran ataupun yang berkaitan dengan hal tersebut. 

Selama Anda memiliki skill dan kemauan untuk terjun ke bidang yang satu ini, maka Anda juga akan memiliki peluang sukses dalam bagian sales ini. Selain itu, penghasilan yang bisa didapatkan dari bagian sales juga terbilang besar, sebab Anda juga bisa mendapatkan sejumlah komisi dari setiap penjualan yang Anda lakukan.

Baca Juga: Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!

2. Akuntan dan Keuangan

loader

Akunting juga menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perusahaan. Setiap perusahaan akan membutuhkan Akuntan untuk menangani keuangan mereka, baik itu perusahaan besar maupun yang masih dalam skala kecil. 

Di dalam perusahaan yang sudah berskala besar, akunting bahkan dipisahkan menjadi beberapa sub yang berbeda, sehingga lebih fokus untuk menangani tugas tertentu yang biasanya memang cukup banyak dan membutuhkan keahlian tertentu dari bidang ini.

Peluang Anda untuk bekerja sebagai akunting akan cukup besar, mengingat sepanjang tahun lowongan seperti ini juga mudah ditemukan. Namun pada umumnya, perusahaan akan menentukan jurusan tertentu saja yang mengisi lowongan tersebut, mengingat pekerjaan ini memang membutuhkan keahlian khusus. 

Kebanyakan perusahaan akan memberikan kesempatan untuk lulusan ekonomi, akuntansi, manajemen dan juga administrasi untuk bergabung di dalam divisi ini.

3. HRD & Operasional

loader

Bagi perusahaan yang cukup besar, divisi HRD juga merupakan kebutuhan tersendiri. Banyak tugas yang akan ditangani oleh bagian ini, seperti: penggajian, perekrutan, bahkan hingga pelatihan para karyawan. 

Di dalam perusahaan tertentu, divisi ini bahkan kerap harus menangani berbagai pekerjaan yang lebih kompleks, termasuk mengatur sarana dan prasarana kantor. Biasanya perusahaan akan merekrut lulusan hukum, psikologi, atau bahkan manajemen untuk menduduki posisi ini. 

Namun meski begitu, tidak tertutup kemungkinan bagi perusahaan untuk merekrut pekerja dari jurusan lainnya.

Baca Juga: Melamar Kerja Lewat Website Perusahaan atau Situs Pencari Kerja? Pahami ini Dulu, Yuk!

4. Bagian Administrasi

loader

Lowongan kerja yang satu ini juga menjadi salah satu yang paling banyak dicari perusahaan. Di lain sisi, lowongan ini juga menjadi yang cukup banyak diminati pelamar. Sebagian perusahaan memang memungkinkan pelamar dari semua jurusan untuk mengisi lowongan ini. 

Namun pada dasarnya, bagian administrasi ini membutuhkan banyak keahlian sekaligus, apalagi jika Anda akan bergabung dengan perusahaan yang cukup besar. Anda akan bekerja dengan banyak data dan dokumen, sehingga dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk menangani pekerjaan administrasi ini dengan baik. 

Selain itu, beberapa tambahan tugas lainnya juga sangat mungkin dibebankan pada bagian administrasi ini. 

Pilih Lowongan yang Tepat dan Sesuai dengan Skill

Mencari pekerjaan sering menjadi aktivitas yang tidak mudah bagi semua orang. Dengan jeli dan lebih memahami informasi lowongan, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan lebih banyak lowongan kerja yang terbuka sepanjang tahun. Cermati lowongan yang tersedia dan pilihlah lowongan tepat dan paling sesuai dengan skill Anda, agar peluang diterima bekerja semakin besar. 

Baca Juga: Kumpulan Contoh CV Kreatif Ini Bisa Dijadikan Panduan Melamar Kerja