4 Pekerjaan Online yang Bisa Berikan Gaji Puluhan Juta, Tertarik?

Saat ini, amat jelas terlihat bahwa perkembangan teknologi telah menjadikan hidup manusia menjadi jauh lebih mudah. Berbagai aktivitas, mulai dari mencari informasi, melakukan transaksi, hingga cari nafkah pun dapat dilakukan hanya memanfaatkan gadget dan jaringan internet saja.

Salah satu kelebihan dari internet yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yaitu menambah peluang kerja bagi masyarakat. Dengan demikian, angka pengangguran pun jadi makin berkurang karena adanya kesempatan kerja secara online.

Selain itu, bekerja secara online juga bersifat lebih fleksibel, sehingga dapat dijadikan sebagai mata pencaharian tambahan untuk meningkatkan pemasukan. Dalam dunia kerja online tersebut, terdapat beberapa jenis mata pencaharian yang bisa memberikan gaji cukup tinggi hingga puluhan juta per bulannya. 

Bila Anda tertarik dan ingin mencobanya, berikut kerja online yang bisa menghasilkan gaji hingga puluhan juta sebulan yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pekerja Lepas atau ‘Freelancer’

loader

Jika Anda ingin punya pekerjaan dengan jam operasional yang fleksibel, menjadi freelancer merupakan profesi yang bisa dipilih. Selain jam dan cara kerjanya yang tidak ketat, Anda juga tidak terikat kontrak dan peraturan dari pihak penyedia project.

Anda hanya perlu berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Karena sifatnya yang fleksibel, banyak orang pilih jadi freelancer paruh waktu, hanya untuk menambah pemasukan.

Namun, tidak jarang pula seseorang memilih menjadi full-time freelancer. Meski terkesan sebagai pekerjaan yang tidak tetap, pendapatan dari freelance tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah per project-nya, tergantung dari bidang keilmuan dimiliki.

Jika rajin menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, income yang bisa Anda peroleh bisa melebihi gaji dari pekerjaan yang sifatnya tetap. Untuk menjadi freelancer, Anda hanya perlu memiliki skill khusus seperti menulis, mendesain, menerjemahkan, dan lain sebagainya.

Anda juga perlu memiliki contoh hasil kerja untuk dilampirkan pada pihak yang menawarkan project, agar mereka tertarik menggunakan jasa Anda. Selain dua poin tersebut, seorang freelancer juga harus punya kemampuan beradaptasi cukup baik.

Alasannya tentu karena pihak pemberi project memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi, Anda harus bisa menyesuaikan keprofesionalan bekerja sesuai dengan sifat client tersebut.

2. Desainer Situs

loader
Desainer situs

Mudahnya akses internet dan banyaknya bisnis yang berjalan dengan kemudahan teknologi tentu memberikan peluang bagi para web designer untuk meraih kesuksesan. Tugas dari seorang web designer tentu saja mengatur website agar terlihat lebih menarik, tanpa mengurangi fungsi utamanya. 

Mendesain sebuah situs bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan, namun tidak mudah untuk dilakukan. Sebab untuk menghasilkan desain yang sempurna, seorang web designer tentu memerlukan skill di bidang programming dan juga seni.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris (pasif) pun juga diperlukan, karena sumber atau referensi mengenai programming umumnya berbahasa tersebut. 

Tantangan yang dihadapi oleh seorang web designer tentu bervariasi. Selain mempercantik tampilan situs tanpa mengganggu fungsi utamanya, website pun harus bisa tampil dengan sempurna, baik di komputer, tablet, maupun smartphone.

Oleh sebab itu, tak heran jika seorang desainer web bisa meraih hingga jutaan rupiah per project. Jika menangani beberapa project sekaligus, tentu hasilnya cukup besar.

Baca Juga: Mengenali Hak-Hak Pekerja Kantoran dan Manfaatnya

3. Pembuat atau Pencipta Konten

loader
Pembuat atau pencipta konten

Pada era digital seperti ini, menjadi seorang konten kreator merupakan pilihan kerja dengan hasil yang cukup menjanjikan. Pasalnya, maraknya penyebaran informasi dan promosi dari brand tentu memerlukan seseorang yang ahli dalam bidang pembuatan konten, agar tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai dengan maksimal.  

Tugas seorang konten kreator pastinya menciptakan konten yang nantinya akan dipublikasikan dalam media online. Bentuk konten tersebut dapat berupa tulisan, gambar, audio, video, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut. 

Tujuan dari konten yang dibuat pun beragam, mulai dari promosi brand, edukasi, hiburan, atau sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Sebab pekerjaannya yang membutuhkan ide kreatif dan juga keahlian, maka tidak heran jika seorang konten kreator bisa meraup pendapatan mulai hingga puluhan juta per project.

Jika Anda berkeinginan untuk menjadi seorang konten kreator, poin-poin penting yang harus diperhatikan adalah ide, metode penyampaian konten yang menarik, serta memproduksi konten itu sendiri.

Apabila produk konten telah selesai Anda buat, maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang agar tujuan dari konten tersebut sudah sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga: Anda Pekerja? Pahami dan Manfaatkan Tunjangan serta Kompensasi

4. Affiliate Marketing

loader
Affiliate marketing

Apabila Anda masih asing dengan istilah affiliate marketing, sederhananya, pekerjaan ini adalah menjual dengan basis komisi. Jadi, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk atau jasa dari perusahaan maupun seorang merchant yang berhasil terjual kepada konsumen. 

Meski sama-sama menjual produk dari pihak lain, affiliate dan reseller memiliki sistem kerja yang berbeda. Seorang reseller diharuskan membeli produk dari merchant atau perusahaan, kemudian menjualnya pada konsumen dengan komisi 20% hingga 40% saja.

Berbeda dengan affiliate yang tidak perlu membeli produk, dan range komisi yang bisa diperoleh yaitu dari 30% hingga 80%. Apabila Anda ingin menjadi seorang affiliate yang sukses, terdapat beberapa tips yang dapat diterapkan pada profesi ini.

Tentukan produk yang sedang diminati pasar, lalu buat honest review dari produk atau jasa yang ditawarkan. Anda juga bisa melampirkan konten-konten lain yang bermanfaat jika Anda bermaksud mempromosikannya di sebuah website.

Dengan memaksimalkan daya kreatifitas dan pemasaran yang baik, pastinya pendapatan hingga mencapai puluhan juta rupiah dapat Anda raih.

Pilih Pekerjaan Sesuai Passion

Pekerjaan online ini memang bisa dijadikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar hasil yang diinginkan bisa memberikan jumlah bayaran yang maksimal, maka pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion. Sebab, Anda bisa menjalankan pekerjaan tersebut dengan mudah karena keahlian dasar sudah dimiliki hanya tinggal diasah agar keahlian bisa semakin bagus dan berkembang.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah