4 Rencana Finansial Ini Bikin Uang Bulanan Aman dan Lancar

Menjaga kemampuan finansial tetap stabil tentunya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan uang yang Anda punya saat ini.

Bukan hanya mengurangi pengeluaran saja, tapi juga harus memiliki rencana keuangan yang berupa langkah - langkah dalam mengatur keuangan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan atau menjaga kondisi finansial agar selalu dalam keadaan aman dan lancar.

Sayangnya, belum semua orang bisa menerapkan rencana keuangan. Mereka termasuk kalangan anak muda memiliki banyak alasan, salah satunya tidak mengetahui rencana keuangan seperti apa yang baik untuk diterapkan dalam mengatur keuangan.

Agar lebih mudah, ada beberapa rencana finansial yang mudah dilakukan untuk semua kalangan baik kalangan dewasa hingga anak muda sekalipun yang baru saja bekerja mendapat penghasilan. Simak ulasannya berikut ini!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki sumber penghasilan yang lancar

gaji harian
Penghasilan

Satu hal yang paling awal yang perlu diperhatikan adalah sumber penghasilan untuk kemudian diolah untuk berbagai kebutuhan. Penghasilan bahasan yang agak sensitif memang sangat relatif untuk setiap orang, tapi yang pasti memiliki penghasilan yang lancar dan pasti adalah kebutuhan dasar setiap orang. Penghasilan bisa didapatkan dari pekerjaan utama, sampingan, maupun dari hobi.

Jika menurut pertimbangan Anda penghasilan utama masih tidak cukup memenuhi kebutuhan, Anda bisa mencari sumber penghasilan lain untuk menambah pundi - pundi uang. Teruslah berusaha untuk tetap produktif dan tingkatkan kemampuan diri agar bisa meningkatkan pendapatan.

Baca Juga: 8 Cara Cermat Atur Keuangan dari Penghasilan Harian Tidak Tetap

2. Usahakan untuk tidak berhutang

Memang di masa sekarang untuk membeli sesuatu yang bernilai tinggi seperti rumah atau mobil dengan kredit adalah hal yang wajar, tapi jika dilihat lagi selama Anda dalam tahap mencicil hutang, Anda harus menanggung bunga yang ditetapkan oleh bank yang membuat jumlah yang harus dibayar melambung tinggi. 

Jadi, lebih baik pertimbangkan lagi pada kebutuhan apakah anda benar benar harus berhutang ke bank atau bisa menunda pengeluaran itu hingga uang tabungan cukup untuk membelinya tanpa berhutang.

3. Hidup Hemat

nabung
Hidup hemat

Tidak semua barang yang diinginkan adalah yang benar benar Anda butuhkan. Anda harus bisa lebih memilah dan membedakan mana yang merupakan keinginan dan kebutuhan. Dengan kemampuan membedakan kedua hal ini, Anda tentunya akan bisa sangat mengurangi pengeluaran yang memang pada dasarnya tidak begitu diperlukan.

Berhemat bukan berarti pelit pada diri sendiri tapi lebih pada kesadaran diri untuk tidak mengeluarkan uang pada hal yang sifatnya kurang penting. Tidak masalah jika sesekali ingin memanjakan diri sendiri dengan membeli sesuatu yang sangat Anda inginkan, tapi tetap ingat kebutuhan utama harus terpenuhi dulu.

Jika penghasilan bulanan masih tersisa lumayan banyak, cek kemabali kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi. Jika tidak ada, sisa uang bulanan tersebut bisa Anda simpan sebagai dana cadangan atau masukan ke dalam tabungan.

Baca Juga: Keuangan Sehat, dan Manfaat Hidup Hemat Lainnya

4. Pencatatan keuangan yang rapi

Membuat catatan keuangan tidak harus seperti akuntan yang memberikan laporan yang sangat mendetail hingga balanced. Cukup dengan pencatatan yang rapi agar enak dilihat dan mudah dipahami. 

Untuk yang paling dasar, catat pengeluaran dan pemasukan Anda agar bisa mendapatkan informasi yang tepat tentang cash flow tiap beberapa periode tertentu.

Sebesar apapun penghasilan jika tidak bisa mengatur keuangan pasti akan berantakan, dan bisa jadi merusak rencana keuangan yang sudah dirancang sedemikian rupa. Dengan pencatatan yang baik, Anda bisa menganalisa pada bagian mana dan kapan Anda melakukan kesalahan atau kelepasan saat menggunakan uang.

Terapkan Rencana Keuangan dengan Konsisten

Rencana keuangan yang baik bukan selalu yang sangat rinci dan menjelaskan setiap langkah yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan, tapi adalah rencana yang dirancang dengan baik.

Selain itu, terapkan rencana keuangan tersebut dengan konsisten. Hal ini tentunya perlu diperhatikan agar keuangan terus berjalan dengan aman dan lancar.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan uang, apalagi jika ada kebutuhan yang datang secara mendadak karena ada uang tabungan atau cadangan yang bisa digunakan.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Atur Gaji Bulanan yang Kecil