5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres Buat Milenial

Setiap orang pastinya menginginkan hidupnya bahagia. Definisi bahagia sendiri masih kerap diartikan dengan banyaknya uang atau kekayaan yang dimiliki seseorang. Dimana ia memiliki kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan hidup plus gaya hidup kekinian.

Terlebih di era kemajuan teknologi dan sosial media, semuanya terlihat begitu menggoda. Mulai dari kebahagiaan versi selebgram atau influencer seperti rutin travelling keliling dunia, membeli sneakers terbaru hingga hangout ke tempat-tempat ng-hits instagramable nan mewah. Tentunya, jika gaya hidup ‘bahagia’ versi milenial seperti diatas, jelas akan membutuhkan ‘biaya’ yang tidak murah plus bisa bikin stres kalau banyak hutang.

Tapi coba kamu pikir-pikir lagi deh! Apa iya bahagia itu harus punyak banyak uang? Sebetulnya tidak juga, sebab kamu pun bisa bahagia dan berhak bahagia dengan kondisimu saat ini.

Mau tahu caranya? Ciptakan kebahagiaan versi kamu sendiri. Yuk mulai terapkan 5 tips hidup bahagia tanpa stres versi cermati.com berikut ini, dijamin hidupmu bisa lebih bahagia.

1. Berpikir Positif

berpikiran positif

Kunci utama untuk bisa hidup bahagia dan minim stress adalah dengan berpikir positif. Pikiranmu mencerminkan kualitas hidupmu. Jadi, jika kamu ingin sukses dan bahagia, mulai hari ini kamu harus terapkan berpikir positif alias berprasangka yang baik-baik atas segala hal yang terjadi dihidupmu. Apapun beban hidup yang kamu miliki saat ini, percayalah semuanya akan baik-baik saja dan kamu bisa hidup bahagia.

Cara melatih diri berpikir positif:

Latihlah dirimu untuk berkata positif sejak kamu bangun tidur. Misalnya, “Hari ini saya bisa melakukan pekerjaan dengan baik”, “Saya akan mendapatkan promosi dan kenaikan gaji tahun ini”, “Saya pasti bisa mewujudkan impian ibadah umrah bersama kedua orangtua”.

2. Jaga Kesehatan

makanan sehat

Sehat itu penting dan salah satu kunci kebahagiaan adalah kesehatan. Ketika kamu sehat, kamu bisa melakukan banyak hal dalam hidup. Di zaman serba digital saat ini, kamu harus bisa menjaga dua kesehatan yaitu sehat fisik dan sehat mental.

Cara menjaga kesehatan:

Menjaga kesehatan secara fisik bisa dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan. Usahakan untuk makan lebih banyak sayur-sayuran dan buah-buahan ketimbang fast food atau junk food. Lalu, jangan lupa minum air putih sebanyak 2 liter - 3 liter sehari.

Sementara itu, tips menjaga kesehatan mental bisa dicoba dengan cara menghindari lingkungan pertemanan toxic, biasakan diri untuk membatasi waktu bermain di sosial media, membaca berita dari sumber terpercaya agar tidak termakan hoax, hingga aktif bersosialisasi dengan komunitas yang bisa memberikan positive vibes dalam hidupmu.

3. Cintai Dirimu

self love

Apakah kamu sudah mencintai dirimu sendiri? Atau selama ini kamu masih sering membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain? Memang ‘sih, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Tapi biar kamu bisa bahagia, please stop comparing yourself with others!

Milenial zaman now wajib tahu cara mencintai dirinya agar hidupnya lebih bahagia dan tidak stres akibat membandingkan dirinya dengan sosok yang sempurna di tampilan sosial media. Buat kamu yang masih berjuang dalam meraih impian, hal ini penting agar kamu bisa cepat meraih kesuksesanmu sendiri.

Cara mencintai diri sendiri:

Hal sederhana tapi efektif yang bisa dilakukan ialah dengan berlatih bicara kepada dirimu sendiri di depan kaca. Misalnya, katakan: “I Love Myself’ atau “Saya Cinta Diri Saya”, “Saya menerima bentuk tubuh saya dan menjaga kesehatan”.

Kamu bisa mencari motivasi dengan cara menyimpan postingan berkata-kata positif tentang self-love. Jangan lupa berikan hadiah kepada dirimu sendiri ketika berhasil dalam suatu hal. Semisal, nonton fim terbaru, jalan-jalan ke tempat baru, makan makanan favorit, dan lain sebagainya.

4. Cermat Mengatur Uang

mengatur keuangan

Poin ini sangat penting buat milenial. Pasalnya, generasi milenial cenderung boros, suka foya-foya, dan tidak cermat mengatur uang. Jadi kalau ingin hidupmu lebih happy and stress-less, kuncinya belajar mengatur uang lebih baik agar biaya gaya hidup tetap aman terkendali.

Cara mengatur uang:

Milenial wajib melek finansial seperti investasi dan tahu cara memaksimalkan manfaat kartu kredit. Miliki kartu kredit yang bebas biaya tahunan dan punya banyak benefit supaya kamu bisa lebih hemat. Contohnya, kartu kredit rekomendasi yang cocok dimiliki milenial yaitu kartu kredit CIMB Niaga Wave n Go.     

Apa saja untungnya punya Wave n Go? Kamu bisa lebih hemat ketika belanja kebutuhan apapun secara online karena ada Everyday Online Shopping Cash Back sebesar 10%. Pas kamu ingin beli sesuatu atau mau rencana beli tiket travelling akhir tahun, tapi uang tabungan belum cukup, bayar aja pakai Wave n Go. Ada cicilan 0% untuk semua transaksi, minimum Rp500.000 selama 3 bulan.

Nongkrong bareng teman-teman juga lebih hemat karena ada everyday bonus dari kartu kredit Wave n Go di merchant-merchant restoran atau kafe di Ismaya Group seperti Sushigroove, Pizza E Birra, Kitchenette, Tokyo Belly, The People’s Cafe, Publik Markette, dan Djournal House. Nikmati juga promo nonton buy one-get-one di XXI. Seru banget kan, nongkrong bisa makin irit.

5. Bersyukur

bersyukur

Cara agar hidupmu bahagia ialah jangan lupa bersyukur. Apapun situasimu saat ini, kamu harus bersyukur karena pasti ada orang lain yang berharap memiliki apa yang kamu miliki. Selain itu, bersyukur bisa menambah rejeki. Jadi bersyukurlah atas semua yang sudah kamu raih.

Cara melatih diri bersyukur:  

Latih dirimu untuk kurangi mengeluh tentang situasimu. Misal, kenapa saya belum dapat pekerjaan dengan gaji besar? Kenapa bisnis saya belum berhasil? Kenapa begini dan kenapa begitu! Stop complaining! Berhenti mengeluh dan mulailah bersyukur (titik).

Mulai dari syukuri pekerjaan, kesehatan, keluarga, tempat tinggal dan lain sebagainya. Dengan rajin bersyukur, perasaanmu akan lebih bahagia dan kamu bisa fokus untuk meraih cita-citamu.    

Mulai Sekarang! Percaya Kamu Bisa!

Setelah tahu tips diatas, tantangannya ialah mempraktikan kelima poin diatas. Buanglah rasa malas dan mager (malas gerak), tanyakan kepada dirimu sendiri, kebahagiaan seperti apa yang kamu cari? Lalu, mulailah percaya kepada dirimu sendiri bahwa kamu berhak dan bisa mewujudkan kebahagiaan itu. Pastinya, jangan lupa berusaha, lakukan aksi nyata biar impianmu terwujud. Semangat!