5 Cara Mudah agar Kamu Semakin Disukai Orang-Orang di Sekitarmu

disukai semua orang

Menjadi orang yang diterima merupakan salah satu anugerah. Berada diantara orang baik adalah impian banyak orang. Memiliki banyak teman sama dengan memiliki banyak koneksi dan koneksi pun bisa banyak membantu kamu dalam membangun karir dan bisnis kamu.

Namun, hal ini tidak mudah untuk didapatkan. Untuk itu, jadilah orang yang dapat menyesuaikan diri kepada lingkungan dan orang lain. Terdapat beberapa tips atau cara ampuh seperti yang dikutip dari Cermati.com agar disukai orang di sekitar kamu. Berikut penjelasannya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menyebut Nama Orang yang Diajak Bicara

Tips pertama menyebut nama orang atau teman merupakan cara utama untuk mengikat pertemanan yang erat. Mengapa begitu? ketika orang diajak berbicara dengan menyebutkan namanya, berarti asumsinya orang tersebut mengetahui nama kamu. 

Untuk orang lama, menyebut nama teman yang sudah dikenal sejak lama merupakan bentuk kecil dari pemerhatian individu. Ketika mengobrol dengan teman dengan menyebutkan namanya, orang yang diajak berbicara pasti akan merasa lebih khusus karena, pertanyaan atau obrolan tersebut diselipi dengan namanya. 

Kebanyakan orang cerdas, ketika berbicara dengan lawan bicara pasti tidak lepas dengan kontak mata dan juga penyebutan nama dari lawan bicara.

Baca Juga: Setop Lakukan Hal Ini Kalau Kamu Mau Sukses Besar

2. Menyesuaikan Gaya Bicara

Menyesuaikan gaya bicara juga sangat penting. Dalam hal ini, kamu harus mengetahui siapa yang kamu ajak bicara. 

Karakter setiap orang berbeda - beda. Ada yang mengobrol dengan kamu untuk hal serius seperti diskusi kantor, tentang kiat-kiat sukses, atau sebaliknya. Ada juga yang ingin mengobrol dengan kamu hanya dengan obrolan kecil dan tidak membahas sesuatu yang serius seperti di kantor. 

Dengan perbedaan di atas, kamu harus mengetahui benar kebutuhan lawan berbicara ketika berbicara dengan kamu. Karena, ketika kamu salah meletakkan porsi sesuai tempatnya. Jika tidak, bisa saja menghasilkan percakapan yang fatal. 

Contohnya, jika lawan bicara atau teman kamu berbicara tentang hal kantor dengan kamu namun kamu menanggapi dengan humor. Tentu saja, teman kamu pasti akan merasa awkward dan bisa saja marah akan hal ini. Jadi, menyesuaikan gaya bicara adalah hal yang paling terpenting untuk disukai banyak orang.

3. Menunjukkan Sikap Nyaman Dengannya

Selain tips atau cara diatas, yang ketiga ini jangan sampai tidak diperhatikan. Menunjukkan sikap nyaman dengan lawan bicara, maksudnya adalah ketika kamu berbicara, 

kamu harus menunjukkan jika kamu nyaman dengan teman. Sikap nyaman dapat ditunjukkan dengan betah berbicara dengannya, selalu connect dengan topik yang dibicarakan, dan selalu tersenyum ketika mengobrol dengan teman bicara kamu. Menanggapi setiap pertanyaannya adalah salah satu bukti kamu nyaman bicara dengannya. 

4. Memberikan Ruang Untuknya Berbicara

Ketika berbicara dengan teman, dan begitupun sebaliknya maka artinya keduanya saling ada topik untuk diutarakan, didiskusikan, serta mendapatkan solusi. Karena pada dasarnya, orang yang sudah mengungkapkan apa yang dirinya hadapi, akan merasa lebih tenang meskipun pada akhirnya tidak mendapatkan solusi. 

Maka dari itu, ketika ada kesempatan berdua untuk mengobrol dengan teman gunakan waktu itu dengan sebaik baiknya, karena berdiskusi adalah hal yang paling menyenangkan. Baik diskusi tentang hal pekerjaan atau hal yang paling kecil sekalipun. 

Untuk memulai pembicaraan, kamu dapat memulainya dengan apa yang terjadi? apa ada cerita? dan lain sebagainya. Berikan teman kamu ruang waktu untuk menjelaskan ceritanya. Setelah selesai, tanggapi pembicaraan dengan jawaban yang menenangkan. 

Begitupun sebaliknya, ketika kamu ingin bercerita dengan teman jangan gunakan sepanjang waktu untuk berbicara saja dan teman hanya mendengarkan. Berikan space dia untuk mengutarakan pendapatnya. Jika kamu menyuruh teman mendengarkan kamu saja ketika berbicara, maka tentu saja teman akan bosan. 

Untuk itu, kamu harus bisa dalam membedakan waktu dimana kamu harus bercerita dan teman lainnya mengutarakan pendapat atau menanggapi akan cerita tersebut.

Baca Juga: Banyak Karyawan Resign Gara-gara 6 Alasan Ini. Kamu yang Mana?

5. Mendengarkannya dengan Baik Diselipkan Humor Segar

Humor adalah sesuatu hal yang dapat menyegarkan kembali pikiran kita. Yang kamu harus ketahui  bahwa tidak semua orang memiliki humor yang sama. Dengan begitu, kamu harus tetap mengetahui siapa yang kamu ajak bicara. Dimana tempat atau titik dia bisa tertawa. 

Lalu, ketika teman mengajak berbicara, dengarkan dengan baik dan berikan solusi terbaik sebisa kamu. Tawarkan apa yang harus dibantu dan selipkan dengan humor atau guyonan yang dapat membawa suasana mencair dan tidak selalu tegang.

Selalu Pahami Karakter Orang Sekitar kamu

Penjelasan diatas adalah cara agar kamu disukai orang lain. Terapkan cara diatas saat di lingkungan sekitarmu. Pahami benar karakter yang kamu ajak bicara. kamu harus bisa menyesuaikan dan masuk kedalam dunia orang yang diajak bicara. Dengan begitu, dia akan merasa nyaman dan suka bermain dan berbicara dengan kamu. Jauhkan rasa egois ketika berteman dan berpikirlah secara luas.

Baca Juga: Yuk, Intip Profesi yang Paling Menjanjikan di Masa Mendatang