5 Fungsi Utama Asuransi yang Harus Diketahui Agar Tak Menyesal

Tak jarang, kesadaran pentingnya memiliki asuransi masih dipandang sebelah mata. Padahal, jika tahu lebih dalam mengenai asuransi, maka manfaatnya bisa dirasakan di kemudian hari.

Bukan hanya bagi yang belum memiliki asuransi, bagi pemegang polis asuransi pun ternyata masih cukup banyak yang masih awam mengenai fungsi utama dari jaminan perlindungan ini.

Jadi, bagi Anda yang belum memiliki asuransi, tidak ada salahnya mengetahui apa fungsi utama asuransi ini agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Dan kalaupun Anda sudah memegang sebuah kartu asuransi, maka Anda akan benar-benar bersyukur telah mengajukan asuransi sebelumnya.

Berikut 6 fungsi utama asuransi yang harus Anda ketahui, yakni:

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

1. Asuransi Bisa Mengalihkan Risiko

loader
Ganti rugi kendaraan Anda bisa dibayarkan oleh Asuransi

Siapapun pasti tidak ada ingin mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Namun, tak seorang pun yang bisa menghindar ketika musibah datang menerpa. Maka, risiko dari musibah pastinya beragam dan memiliki dampak yang berbeda-beda, serta yang seringnya berkaitan dengan keuangan.

Jika Anda nasabah asuransi, maka Anda memiliki hak pengalihan risiko, sehingga Anda bisa mengajukan klaim atau mendapatkan ganti rugi apabila berada dalam kondisi yang sulit atau mengalami peristiwa yang merugikan.

Di sinilah fungsi premi akan terlihat jelas, apakah premi yang Anda bayarkan itu benar-benar bermanfaat atau tidak sama sekali. Oleh sebab itu, penting bagi calon nasabah untuk memilih asuransi dengan mengkalkulasi atau memahami ilustrasi dari sebuah asuransi.

Jadi, dengan memiliki asuransi, maka sejumlah risiko yang mungkin saja menimpa diri Anda bisa teralihkan pada jaminan yang ada di produk asuransi tersebut. Artinya, kerugian yang mungkin saja timbul akibat sesuatu hal, bisa tercover oleh asuransi yang Anda miliki.

Kalau sudah begitu, maka siapapun pasti akan merasa tenang dan nyaman karena terlindungi dari berbagai risiko dari terjadinya kemungkinan yang tidak diinginkan.

2. Asuransi Bisa Sebagai Investasi

loader
Asuransi bisa berfungsi sebagai investasi

Jangan anggap remeh asuransi. Selain fungsinya yang bisa mengalihkan risiko, asuransi juga bisa sebagai sarana investasi. Sebab, dana yang dihimpun dari nasabah itu akan dikembangkan oleh pihak asuransi. Karena tidak sedikit pula, asuransi yang bisa diambil pada masa tertentu karena tidak pernah ada klaim sama sekali sebelumnya.

Nah, ini bisa memberikan manfaat lebih kepada nasabah asuransi, bukan? Bahkan dana yang dikembangkan pihak asuransi tersebut juga bisa menghemat biaya premi setiap bulannya. Jadi, selain rasa aman dan nyaman karena merasa terlindungi, pada akhirnya Anda bisa mengambil dana yang terkumpul dari premi yang dibayarkan setiap bulannya.

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi

3. Jaminan Keseimbangan Premi yang Dibayarkan dengan Perlindungan

loader
Antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan sesuai

Fungsi asuransi lainnya adalah memberikan keseimbangan antara premi yang dibayarkan dengan perlindungan yang nantinya diberikan apabila nasabah mengalami peristiwa yang merugikan. Artinya, nasabah akan diberikan ganti rugi yang seimbang atau sesuai dengan premi yang Anda bayarkan setiap bulannya.

Segala risiko yang terjadi akan dikalkulasikan dengan premi yang Anda bayarkan. Pertanggungjawaban pihak asuransi akan berbeda-beda pada setiap nasabah tentunya. Hal ini disebabkan setiap nasabah juga membayar premi dengan jumlah yang berbeda pula sesuai kemampuan keuangannya.

Jadi, bila Anda membayar premi lebih rendah, maka tidak bisa mendapatkan pertanggungan sama dengan nasabah yang membayar premi lebih tinggi setiap bulannya. Selain itu, kondisi kesehatan dan usia, atau kondisi dan jenis barang/properti, juga memengaruhi harga premi perlindungan asuransi.

Misal, jika Anda menjadi nasabah asuransi di usia 27 tahun, maka harga premi bisa lebih murah. Ini karena usia Anda masih masuk kategori produktif dan minimnya terjadi gangguan kesehatan dibandingkan yang berusia 40 tahun ke atas. Dan nasabah yang usianya di atas 40 tahun, akan membayar premi yang jauh lebih mahal karena banyak sekali risiko gangguan kesehatan.

4. Asuransi Berfungsi Melindungi Risiko Kebangkrutan

loader
Semakin tenang berbisnis dengan memiliki asuransi

Ada banyak macam asuransi yang ada, tergantung dari kebutuhan. Bukan hanya untuk kategori kesehatan ataupun pendidikan, macam asuransi juga terdapat untuk perlindungan usaha. Artinya, bagi Anda pengusaha perintis (startup entrepreneur), Anda bisa mengikuti asuransi untuk usaha ini.

Pada umumnya, usaha startup akan lebih banyak mengalami naik-turun dalam menjalankan usahanya, dan di sinilah fungsi dari asuransi akan terlihat. Asuransi ini bisa mencegah terjadinya kebangkrutan pada seorang pengusaha, baik mereka yang baru memulai usahanya ataupun yang sudah lama.

Fungsi dari asuransi sendiri bisa melindungi nasabah dan menghimpun dana nasabah atau yang disebut dengan investasi. Ketika Anda sudah menginvestasikan uang melalui premi yang sudah dibayarkan setiap bulan, tentu Anda akan mendapatkan pemasukan yang bagus dan bisa dijadikan sebuah perlindungan tepat bagi usaha Anda.

Baca Juga: Cermati Rilis Layanan Asuransi Online

5. Asuransi Bisa Membantu Perbaikan Perekonomian Nasional

loader
Pertumbuhan ekonomi baik, masyarakat hidup sejahtera

Tahukah Anda, bahwa asuransi juga memiliki andil terhadap perekonomian nasional. Dengan membaiknya pertumbuhan ekonomi, maka taraf hidup masyarakatnya juga akan semakin baik pula. Nah, bila Anda sudah punya asuransi, maka Anda juga telah berperan memajukan perekonomian dalam negeri dan hasilnya juga bisa Anda nikmati.

Pahami Fungsinya dan Manfaatkan Keuntungan dari Asuransi

Nah, dengan melihat fungsi dari keberadaan asuransi ini, maka jelas sudah manfaat yang bisa kita peroleh di masa mendatang. Jadi, bila ada pertanyaan seberapa penting memiliki asuransi? Jawabnya sudah pasti sangat penting. Karena asuransi sebagai sarana perlindungan yang bisa didapatkan dalam kondisi mendesak dan tak terduga sewaktu-waktu, maupun keuntungan pada akhir periode mengikuti asuransi tersebut. Jadi, ada jaminan dalam hidup Anda sendiri maupun keluarga tercinta. Maka, manfaatkan keuntungan lebih asuransi dan jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Lagi Cari Asuransi? Inilah Kriteria Perusahaan Asuransi Berkinerja Baik