5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Sulit Menambah Penghasilan

Memiliki penghasilan tetap (gaji) bulanan kerap membuat orang nyaman, barangkali kamu juga merasakan kondisi ini. Hal ini memang tidak salah, namun akan lebih baik jika kamu bisa menambah penghasilan tersebut menjadi lebih besar. 

Menambah penghasilan bisa kamu lakukan dengan cara mencari penghasilan tambahan. Tidak harus yang selalu berkaitan dengan pekerjaan utama, penghasilan tambahan ini bisa saja berasal dari bidang lainnya. 

Di dalam prakteknya, ada banyak orang yang sulit mendapatkan penghasilan tambahan untuk keuangan mereka. Hal ini tentu patut disayangkan, apalagi jika ternyata kamu sendiri benar-benar membutuhkan penghasilan tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Hindari berbagai kondisi yang membuat kamu sulit mendapatkan tambahan penghasilan, terutama hal-hal yang pada dasarnya bisa diatasi dengan mudah.  

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat kamu sulit mendapatkan tambahan penghasilan: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki bayi

loader

Ini akan menjadi tantangan pertama, jika kamu adalah ibu muda yang baru saja memiliki bayi kecil. Memiliki bayi memang membuat aktivitas menjadi lebih penuh, bahkan bisa dibilang menjadi jauh lebih sibuk dari biasanya. 

Bayi membutuhkan perhatian dan perawatan, bahkan hampir 24 penuh dalam sehari. Semua ini tentu akan menyita tenaga, perhatian, dan juga waktu kamu sepanjang hari. Namun semua ini merupakan bagian yang paling membahagiakan dari proses menjadi ibu, bukan? 

Belum lagi jika ternyata kamu juga sudah memiliki anak sebelum kelahiran si bayi mungil ini, maka kesibukan ini akan menjadi berlipat ganda. Hal ini bahkan akan semakin lengkap, jika ternyata kamu mengerjakan berbagai pekerjaan rumah sendiri tanpa ART. 

Bisa dibayangkan jika dalam kondisi seperti ini, keinginan kamu untuk mendapatkan tambahan penghasilan tentu sulit diwujudkan.

2. Sudah sangat nyaman dengan pekerjaan kantoran

Saat bekerja kantoran, kamu tentu saja akan terbiasa dengan rutinitas yang sama setiap harinya. Berangkat pagi dan pulang sore hari, lalu menikmati libur di akhir pekan. 

Mendapatkan gaji di akhir bulan, lalu apalagi yang kurang? Hidup sudah terasa begitu nyaman, terutama jika kamu begitu menikmati pekerjaanmu di kantor. Hal ini bahkan akan semakin lengkap, jika ternyata kamu mendapatkan gaji yang lumayan besar. 

Jika kamu sudah terlalu nyaman dengan kerja kantoran, maka kamu akan sulit menambah penghasilan. Jangankan menambah penghasilan, kamu bahkan bisa saja tidak kepikiran sama sekali untuk hal tersebut. 

Kamu sudah bahagia dengan pekerjaan dan rutinitas yang kamu jalani, sehingga banyak hal lainnya terabaikan, termasuk kesempatan untuk menambah penghasilan. 

Baca Juga: Masalah Keuangan Bikin Pusing, Ini 8 Cara Mengatasinya

3. Tak percaya diri

loader

Rasa percaya diri sangat penting dalam semua hal, termasuk saat kamu ingin menambah penghasilan. Jika sejak awal kamu sudah merasa pekerjaan sampingan yang akan kamu lakukan terasa berat, maka kamu tentu akan lebih sulit untuk menjalankannya. Hal sebaliknya juga berlaku, jika ternyata kamu optimis dan cukup percaya diri untuk melakukan pekerjaan sampingan tersebut.

Pada dasarnya, tidak semua orang langsung menjadi ahli di bidang tertentu, terutama untuk bidang yang baru saja digeluti. Kamu perlu berproses untuk bisa menguasai bidang yang akan kamu masuki dan kamu harapkan menjadi sumber penghasilan tambahan ini. Hal tersebut tentu akan lebih mudah jika sejak awal kamu sudah percaya diri. 

4. Tidak sabar

Sikap tidak sabar juga bisa menjadi penghalang kamu untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Sikap yang satu ini akan membuat kamu mudah menyerah dan meninggalkan apa yang sudah kamu kerjakan, bahkan meski sudah setengah jalan. Jika kamu menyerah seperti ini, jelas tidak ada yang bisa diharapkan dari apa yang sudah sempat kamu kerjakan tersebut.

Hal ini bisa saja terjadi di semua pekerjaan sampingan yang kamu jalankan, termasuk bisnis. Saat kamu sudah memperkirakan keuntungan yang bisa kamu dapatkan, maka kamu akan fokus pada hal tersebut. 

Namun di dalam membangun bisnis, apa saja tentu bisa terjadi, termasuk bisnis yang tertunda atau bahkan gagal sekaligus. Jika kamu tidak sabar untuk menikmati semua proses ini, maka kamu tidak akan bisa sukses dalam bisnis tersebut. 

Baca Juga: Mau Bisnis dengan Teman Kantor? Coba 7 Ide Bisnis Ini

5. Tidak terencana

loader

Ingin menambah penghasilan namun tidak memiliki rencana yang matang, ini juga akan menjadi kendala untuk kamu. Meski ini hanya menjadi penghasilan tambahan, namun kamu tetap harus merencanakannya dengan baik sejak awal. 

Apa saja yang harus dilakukan dan apa yang kelak bisa kamu dapatkan dari hal tersebut, kedua hal ini tentu harus terjawab sejak awal. Jika tidak, tujuan kamu mendapatkan tambahan penghasilan akan sulit dicapai dengan baik.

Tambah Penghasilan dengan Cara yang Tepat

Memiliki tambahan penghasilan tentu akan membuat kondisi keuanganmu menjadi lebih baik lagi. Lakukan hal ini dengan cara yang tepat, tentunya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Rencanakan cara untuk menambah penghasilan dengan baik, agar kamu bisa menerapkannya dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Mumpung WFH, Yuk Coba 9 Ide Bisnis Ini untuk Tambah Income!