5 Mood Booster yang Membuatmu Tidak Suntuk Lagi di Kantor

Memiliki perasaan suntuk dan jenuh merupakan hal yang wajar bagi seorang karyawan. Bagaimana tidak, mereka harus bekerja di depan dokumen dan komputer dengan aktifitas yang sama setiap harinya. Rasa suntuk itu paling sering datang menjelang akhir pekan dimana mood booster sangat dibutuhkan. Bahkan banyak juga yang merasa suntuk di hari libur karena malas memulai aktifitas di minggu baru.

Meski merasa jenuh dan suntuk, seorang karyawan kantor harus tetap datang ke kantor untuk memenuhi kewajiban sebagai karyawan. Mereka harus memaksakan diri memulai aktivitas rutin dengan suasana hati yang kurang baik karena membutuhkan mood booster. Perusahaan terkadang akan membiarkan masalah tersebut dan tetap menuntut karyawan untuk melaksanakan tugas dengan baik.

Oleh sebab itu, Kamu yang mulai suntuk bekerja dan membutuhkan mood booster harus mengatasinya sendiri. Namun jangan khawatir, ada beberapa mood booster yang bisa Kamu lakukan di kantor sehingga bisa mengembalikan mood kerja seperti semula. Penasaran apa saja mood booster tersebut? Berikut ini adalah ulasannya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

minum kopi

Udara nyaman yang dihasilkan oleh AC serta istirahat untuk makan siang merupakan dua hal yang mampu memecah konsentrasi kerja. Bagaimana bisa? AC dan perut kenyang terkadang bisa membuatmu mengantuk dan malas melanjutkan pekerjaan sehingga konsentrasi kerja berkurang. Jika hal tersebut terjadi maka mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi adalah pilihan yang tepat.

Seorang peneliti bernama A. Nehlig melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein sebanyak 75 miligram atau setara dengan satu cangkir kopi dapat meningkatkan suasana hati yang sebelumnya negatif. Beberapa contoh dari suasana hati yang negatif diantaranya yaitu marah, malas, dan juga takut. Selain itu, kita juga tahu bahwa kafein dapat menghilangkan rasa kantuk dengan cepat.

2. Medekorasi Ruang atau Meja Kerja

mendekorasi ruang kerja

Mood booster selanjutnya yang bisa mengembalikan mood bekerjamu ketika merasa suntuk adalah mendekorasi ruang atau meja kerja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Maastricht University menghasilkan kesimpulan bahwa ruang kerja yang diberi dekorasi dan pernak pernik dapat meningkatkan produktifitas karyawan. Banyak juga yang menyebutkan bahwa ruang atau meja kerja yang dekoratif dan menarik bisa menjadi mood booster terbaik.

Dari sumber lain yaitu buku The Exhaustion Cure karya Laura Stack juga menyebutkan bahwa karyawan yang menambahkan dekorasi pada ruang atau meja kerjanya memiliki tingkat kebahagiaan 40% lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mendekorasinya. Namun Kamu juga perlu memilih barang dekoratif yang tidak mengganggu dan juga berwarna cerah sehingga mampu meningkatkan mood.

Baca Juga: 6 Etika di Kantor ini Dijamin Bikin Karir Meningkat. Yuk Terapkan!

3. Mendengarkan Musik Favorit

mendengarkan musik

Musik sepertinya menjadi mood booster yang paling banyak digunakan oleh karyawan kantoran yang suntuk terhadap aktivitasnya yang monoton. Hal tersebut merupakan pilihan yang tepat untuk Kamu lakukan. Bahkan menurut penelitian Science Daily, mendengarkan musik saat sedang bekerja tidak hanya mampu meningkatkan mood kerja namun juga bisa meningkatkan fokus kerja. 

Pilihan jenis musik yang bisa meningkatkan fokus kerja yaitu musik klasik. Pasalnya, musik dengan tempo 60 bpm dapat membuat otak lebih mudah dalam mengelola infomasi yang didapatkan. Selain itu, Science Daily juga menyimpulkan bahwa musik mampu menjadi alat terbaik untuk Kamu yang ingin relaks dan kreatif. Ketika mendengarkan musik, jantung akan dipompa sehingga baik digunakan sebagai mood booster.

4. Mengkonsumsi Permen Karet atau Snack

makan snack

Banyak ahli menyatakan bahwa permen karet memiliki manfaat untuk merelaksasi otak yang mulai kehilangan konsentrasinya. Oleh sebab itu, permen karet direkomendasikan untuk Kamu konsumsi ketika merasa mulai jenuh dan membutuhkan mood booster. Dua rasa permen karet yang paling direkomendasikan adalah rasa Jeruk dan rasa Mint. Dua rasa tersebut ternyata mampu menstimulasi saraf di otak sehingga bisa mengembalikan mood.

Selain itu, gerakan kunyahan yang harus dilakukan ketika mengkonsumsi permen karet juga bisa menghilangkan rasa kantuk. Disamping permen karet, konsumsi snack atau makanan ringan juga bisa menjadi mood booster terbaik. Namun snack tersebut bukan sembarang snack tapi snack dengan kandungan antioksidan tinggi. Pasalnya, snack dengan antioksidan tinggi dapat mengembalikan fokus dan stamina.

5. Memelihara Tanaman

memelihara tanaman

Bagi Kamu yang hobi dengan tanaman, memelihara tanaman di ruang atau meja kerja dapat menjadi mood booster. Hal tersebut lantaran tanaman yang mengeluarkan oksigen di siang hari dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar. Tentu saja hal tersebut akan membuat pikiranmu menjadi lebih fresh dan mampu bekerja dengan maksimal.

Disamping itu, kadar oksigen yang meningkat dari tanaman ternyata juga bisa mengurangi kecemasan seseorang. Bahkan tanaman tertentu bisa menghilangkan racun dan logam berat seperti formaldehida sehingga Kamu juga bisa lebih sehat.

Baca Juga: Cepat Sukses di Tempat Kerja dengan 4 Tips Komunikasi Efektif Berikut 

Kembalikan Mood Kerjamu Agar Pekerjaan Lebih Maksimal

Menjaga mood selama bekerja dapat membuat pekerjaanmu lebih baik dan maksimal sehingga tidak ada masalah selama di kantor. Jika mulai merasa suntuk dan jenuh terhadap pekerjaanmu, segera cari mood booster yang mampu menghilangkannya. Dengan adanya mood booste maka mood kerja bisa kembali baik.

Baca Juga: Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus