5 Pertimbangan Penting saat Memilih Lokasi Rumah

Rumah merupakan salah satu aset dengan nilai yang terbilang sangat tinggi.  Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa sebagian besar orang memiliki banyak pertimbangan sebelum membeli aset yang satu ini. 

Namun selain harganya,  lokasi rumah juga menjadi salah satu pertimbangan penting yang tak bisa diabaikan.  Pada dasarnya masing-masing orang akan memiliki pertimbangan tersendiri terkait  pemilihan lokasi rumah ini. 

Selain mempertimbangkan kebutuhan diri sendiri,  kamu juga tentu harus mempertimbangkan kebutuhan dan kenyamanan orang-orang lainnya yang akan tinggal di rumah tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dijadikan pertimbangan ketika akan memilih lokasi rumah:

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Keamanan dan kenyamanan

loader

Faktor keamanan juga tentu menjadi pertimbangan penting lainnya  saat akan memilih lokasi rumah. Kamu tentu tidak ingin tinggal di kawasan yang selalu rusuh atau bahkan sering menjadi lokasi tawuran. 

Kondisi keamanan seperti ini biasanya didukung dengan fasilitas keamanan yang memadai di sekitar lingkungan rumah tersebut. Jika keamanan di sekitar lokasi rumah terjamin, makan akan semakin bisa tinggal dengan nyaman di sana.

Masih berkaitan dengan kenyamanan, pastikan untuk memilih lokasi rumah yang bebas banjir,  macet,  serta kondisi lainnya yang mengganggu. Kamu bisa tinggal dengan tenang sepanjang tahun di sana, tanpa perlu mengkhawatirkan banyak hal yang merepotkan di masa yang akan datang. 

2. Jarak rumah dengan tempat kerja

Saat akan pindah rumah,  kelancaran rutinitas harian tentu menjadi salah satu hal penting yang dijadikan pertimbangan.  

Dimanapun tinggalnya,  kamu tentu ini bisa menjalankan seluruh rutinitas dengan lancar dan mudah. Penting untuk mempertimbangkan jarak dari lokasi rumah ke tempat kerja sejak awal. 

Hindari untuk memilih lokasi rumah yang terlalu jauh dari tempat kerja, sebab ini beresiko membuatmu menghabiskan terlalu banyak waktu di jalan. Bukan hanya menyita waktu itu dan tenaga selama dalam perjalanan, kondisi seperti ini juga bisa membuat kamu setiap hari merasa lelah. 

Memilih lokasi rumah yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja bisa menjadi pertimbangan yang tepat. 

Baca Juga: Gen X dan Z Baca Ini Biar Bisa Beli Rumah Meski Gaji Masih Rp5 Jutaan

3. Fasilitas umum di sekitar rumah

loader

Jangan lupa untuk memilih lokasi rumah yang memiliki fasilitas umum yang memadai. Berbagai fasilitas ini juga akan mendukung kelancaran berbagai rutinitas selama tinggal di sana. 

Idealnya rumah memiliki fasilitas dasar yang memadai,  seperti layanan PLN dan juga PDAM yang lancar sepanjang waktu.

 Selain itu,  berbagai fasilitas umum lainnya juga patut menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi rumah, antara lain:  fasilitas kesehatan (rumah sakit  atau klinik), fasilitas pendidikan (sekolah), pusat perbelanjaan (mall, pasar, minimarket), fasilitas ibadah,  dan yang lainnya. 

4. Akses transportasi yang tersedia

Ketersediaan akses transportasi umum juga menjadi pertimbangan penting saat memilih lokasi rumah. Hal ini bahkan akan semakin penting,  jika ternyata kamu dan seluruh anggota keluarga lainnya terbiasa bepergian dengan moda transportasi umum. 

Hal ini akan memungkinkan kamu bisa bepergian dengan nyaman dan tenang,  kapan pun memiliki aktivitas di luar rumah. 

Pertimbangkan untuk memilih lokasi rumah yang berdekatan dengan fasilitas transportasi umum dan pendukungnya, misalnya: akses pintu tol yang dekat,  stasiun kereta api yang mudah  dijangkau, halte bus yang mudah dicapai,  dan yang lainnya. 

Semakin dekat dan banyak fasilitas transportasi umum yang tersedia, maka akan semakin mudah juga ada melakukan rutinitas setiap harinya. 

Baca Juga: Aman Tanpa Tipu! 7 Tips Membeli Rumah Bagi Pemula

5. Potensi kenaikan harga rumah di masa mendatang

loader

Bukan hanya untuk sekedar ditinggali, rumah juga tentu bisa menjadi salah satu aset investasi di dalam keuangan   Pertimbangkan nilai investasi rumah di masa depan ketika akan memilih lokasi yang satu ini. 

Hal ini penting,  mengingat harga rumah juga tidak bisa dibilang murah. Kamu bahkan bisa saja mengeluarkan ratusan juta rupiah untuk mendapatkannya.

 Pilih lokasi rumah yang berpotensi mengalami perkembangan ekonomi kedepannya. Ini bisa dilihat dari berbagai hal, misalnya: potensi pembangunan kampus atau sekolah di sekitar lingkungan tersebut, pembangunan fasilitas umum di sekitar lingkungan rumah, dan yang lainnya. 

Berbagai perkembangan ini akan mempengaruhi harga tanah dan properti di sekitar lingkungan tersebut,  sehingga kamu juga memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan besar dari investasi rumah yang  dilakukan. 

Kumpulkan Informasi Akurat sebagai Pertimbangan

Bagi yang berniat segera membeli rumah,  pastikan memilih lokasi yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang akurat terlebih dahulu terkait lokasi rumah yang akan dibeli. 

Memiliki pertimbangan yang tepat dalam memilih lokasi rumah, agar kelak bisa mendapatkan rumah yang tepat dan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: 9 Tips Cerdas saat Negosiasi dengan Penjual Rumah