5 Pertimbangan untuk Fleksibel Memilih Kerja, Khusus Fresh Graduate

Sebagian besar anak muda akan berpikir untuk segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Gambaran tentang perusahaan besar dan jabatan yang sesuai dengan jurusan kuliah tentu sangat umum terlintas di benakmu. 

Kamu bahkan bisa saja sudah memilih beberapa perusahaan besar sebagai tempatmu bekerja kelak, di mana kamu akan merintis karir dan masa depan dengan sukses. Harapan seperti ini tentu tidak salah, namun juga tidak akan selalu mudah untuk diwujudkan, bukan?

Persaingan di dunia kerja begitu ketat, kamu akan bertemu dengan ribuan pelamar lainnya. Kamu tentu akan berusaha keras untuk mendapatkan pekerjaan dan posisi di tempat yang sudah kamu impikan sejak lama. Namun jika tak kunjung diterima, memilih pekerjaan lainnya juga tidak ada salahnya. 

Pada kenyataannya mendapatkan pekerjaan memang bukan perkara mudah, itulah mengapa kamu perlu lebih fleksibel untuk memilih. Jangan hanya fokus pada bidang yang sesuai ijazah saja, sebab bisa saja rejekimu justru berada di bidang lainnya. 

Simak beberapa alasan berikut ini, mengapa kamu harus fleksibel ketika memilih pekerjaan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mendapatkan lebih banyak peluang

loader

Melamar pekerjaan hanya sesuai dengan ijazah akan membuat kamu rugi sendiri. Bayangkan saja, kamu hanya akan mendapatkan sedikit lowongan untuk satu jurusan yang kamu ambil tersebut. 

Sementara di luar saja, ada ribuan pelamar lainnya yang menginginkan posisi tersebut. Tingkat persaingan yang tinggi bahkan akan semakin sengit, jika ternyata dulu kamu mengambil jurusan kuliah yang paling banyak diminati. 

Namun kondisi di atas akan berbeda, jika kamu juga mau mengajukan lamaran pada posisi yang tidak mensyaratkan latar belakang pendidikan tertentu. Kamu tentu bisa menemukan lebih banyak lowongan, yang sekaligus membawamu ke dalam tingkat persaingan yang lebih rendah. Artinya, peluang kamu mendapatkan pekerjaan juga akan semakin besar ke depannya.

2. Rejeki bisa saja datang dengan jalan tak terduga

loader

Meski selama ini kamu sudah membayangkan sebuah pekerjaan yang akan menjadi pintu rezekimu, hal ini tentu tidak bisa dipastikan. Kita tidak akan pernah tahu dari mana rejeki itu datang, walaupun kita sudah merencanakannya. Tidak perlu selalu fokus pada impianmu untuk sukses di bidang tertentu, sementara kamu mengabaikan pintu rezeki lainnya. 

Saat kamu hanya melamar pekerjaan untuk jurusan yang kamu geluti, maka kamu tentu melewatkan banyak peluang rejeki di bidang lainnya. Sikap seperti ini akan membuat kamu kehilangan kesempatan yang lebih cepat untuk mendapatkan lebih banyak rejeki. 

Jangan sungkan untuk melamar di bidang yang berbeda, sebab rejekimu bisa ada di mana saja, bahkan di bidang yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Baca Juga: Belum Dapat Kerja? Pakai 5 Cara Ini Untuk Raup Uang

3. Jangan abaikan bakat serta minat

loader

Tak semua orang beruntung kuliah di bidang yang mereka minati, barangkali kamu salah satunya. Kamu mungkin saja telah mengabaikan minatmu dan hanya fokus pada jurusan kuliahmu, termasuk ketika melamar pekerjaan. Namun pada kenyataannya, mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan kuliah seperti ini juga tidak selalu mudah. 

Saat kamu belum juga mendapatkan pekerjaan, maka mulailah melihat kembali bakat dan minat yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan kedua hal ini untuk menemukan kesempatan kerja di luar latar belakang pendidikanmu tersebut. Sebagian orang bahkan bekerja tidak sesuai jurusan kuliah mereka, kamu juga bisa mempertimbangkan hal yang satu ini sebagai pilihan.

4. Menganggur lama akan membuatmu tidak punya pemasukan

loader

Kondisi keuangan menjadi salah satu pertimbangan untuk segera mendapatkan pekerjaan, meskipun tidak sesuai ijazah. Jika kamu hanya menganggur saja, maka uang tabunganmu tentu akan menipis atau bahkan habis. Meminta uang kepada orangtua setelah selesai kuliah kerap menjadi sesuatu yang kurang menyenangkan. 

Daripada terus menganggur dan menjadi beban orang tua, mengambil peluang kerja dari bidang lainnya tentu akan menjadi keputusan yang sangat bijak. Di sela-sela waktu luangmu, kamu juga tetap bisa mencari pekerjaan lainnya yang lebih tepat dan sesuai dengan keinginanmu. 

Baca Juga: Hati-hati Sifat Malas Bisa Merubah Masa Depan

5. Bersikap positif dan mengembangkan diri secara maksimal

loader

Bekerja di bidang yang berbeda dengan harapanmu, mungkin saja akan membuatmu sedikit cemas. Hal ini wajar saja dan akan hilang seiring dengan berlalunya waktu. Saat kamu terjun menekuni sesuatu yang berbeda, maka tetaplah positif dan berikan kemampuan terbaikmu. 

Hal ini akan membuat kamu bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi, bahkan lebih ahli di bidang tersebut. Jika kamu konsisten dan mau belajar dengan baik, maka kesuksesan tentu bisa datang dari semua bidang.

Dapatkan Pekerjaan yang Tepat dalam Waktu Cepat

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan dan juga ijazah mungkin sudah jadi impianmu sejak lama. Namun bersikaplah fleksibel, terutama saat kamu belum bisa mewujudkan impian tersebut menjadi kenyataan. Pilih pekerjaan dari bidang lainnya, agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dalam waktu yang lebih cepat.

Baca Juga: 5 Tips Anti Stres untuk Fresh Graduate yang Belum Dapat Kerja