5 Tabungan Anak Terbaik Saat ini

Sejak kecil, orang tua sudah sering mengingatkan kita untuk rajin menabung karena dengan menabung, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Meskipun sudah diingatkan berulang kali dari kecil, apakah Anda sudah pandai menabung saat ini? Sebenarnya menabung adalah suatu kebiasaan, jadi jika Anda sudah dibiasakan untuk menabung sejak kecil, kemungkinan besar menabung sudah tidak sulit untuk dilakukan ketika sudah dewasa. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa menanamkan kebiasaan menabung sejak kecil adalah hal yang tidak penting, padahal justru pada masa kanak-kanak itulah masa yang paling krusial dalam menanamkan kebiasaan menabung. Di usia anak-anak, mereka hanya akan menerima pelajaran dari apa yang diajarkan oleh orang lain, dan karena masih belum tahu apa-apa, nilai-nilai yang sering ditanamkan pada masa itu akan melekat kuat pada kehidupannya kelak. Jadi alangkah baiknya jika Anda mulai menumbuhkan kebiasaan menabung pada anak Anda sejak dini.

Menumbuhkan kebiasaan menabung bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti menabung di celengan yang dilakukan setiap hari atau setiap minggunya. Setelah mereka sudah cukup besar dan tabungan sudah mulai banyak, Anda bisa membukakan tabungan anak untuk mereka. Dengan memiliki rekening tabungan anak, mereka bisa lebih terpacu untuk menabung. Tapi sebelum membuka rekening tabungan anak, Anda harus memastikan bahwa Anda memilih yang tabungan anak yang terbaik. Karena setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda, maka Anda harus mencermati masing-masing kelebihan dan kekurangan dari tabungan anak di setiap bank.

Kriteria Tabungan Anak Terbaik

Sebelum bisa memilih tabungan anak yang terbaik, Anda harus mengetahui kriteria apa saja yang bisa membuat sebuah tabungan anak menjadi yang terbaik. Berikut ini adalah kriteria tabungan anak terbaik yang harus Anda ketahui.

1. Jumlah Setoran Awal Kecil

Layaknya membuka tabungan pada umumnya, ketika membuka tabungan anak, bank akan meminta sejumlah uang yang akan menjadi setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya pasti lebih kecil dari tabungan biasa, namun setiap bank memiliki perbedaan besaran setoran awal. Pilihlah bank yang meminta setoran awal dengan jumlah terkecil. Hal ini bertujuan agar setoran awal itu bisa dipenuhi dengan uang tabungan sang anak sendiri sehingga membuat mereka merasa bangga memiliki tabungan itu sendiri.

2. Jumlah Saldo Minimum

Ada beberapa bank yang menetapkan berapa jumlah saldo minimum yang harus ada di tabungan dan ada juga yang tidak. Jadi sebaiknya Anda cari tahu tentang hal ini lebih lanjut supaya tidak salah langkah dan merugi. Biasanya bank yang memiliki ketetapan jumlah saldo minimum akan menagih biaya jika jumlah saldo anak Anda ada di bawah jumlah saldo minimum yang sudah ditetapkan oleh bank.

3. Persyaratan Pengajuan Mudah

Sebelum membuka tabungan anak, Anda akan diminta untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Lebih baik pilih bank yang memiliki persyaratan pengajuan mudah, tujuannya untuk memudahkan Anda saja. Jika proses pengajuannya mudah, jadi Anda tidak perlu repot lagi. Biasanya persyaratan pengajuan yang diminta oleh bank adalah KTP orang tua, akte kelahiran anak, dan umur sang anak saat itu. Proses pembukaan rekening tabungan anak akan semakin mudah jika Anda sudah memiliki rekening di bank yang sama sehingga Anda tidak perlu membuka rekening baru.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Tabungan Di Indonesia Ini Agar Tidak Salah Pilih

4. Buku Tabungan Atas Nama Anak

Seperti biasa, setelah memiliki rekening tabungan maka bank akan memberikan buku tabungan. Yang harus Anda perhatikan adalah atas nama siapakah buku tabungan itu. Sebenarnya hal ini tidak berpengaruh pada tabungannya, tapi jika buku tabungan tersebut diatas namakan anak Anda, itu akan menumbuhkan rasa bangga dan senang yang akhirnya berdampak pada kerajinan mereka dalam menabung.

5. Mendapatkan Kartu ATM

Dalam tabungan anak di beberapa bank ada yang memberikan kartu ATM dan ada juga yang tidak. Lebih baik Anda memilih bank yang memberikan kartu ATM. Hal ini tujuannya hampir sama dengan buku tabungan atas nama anak, yaitu untuk menumbuhkan rasa bangga sehingga akhirnya sering menabung.

6. Desain Kartu Menarik

Desain kartu ATM yang lucu akan lebih menarik bagi anak-anak. Terlebih lagi jika nama sang anak bisa tertera pada kartu ATM itu. Mereka bisa semakin bangga karena memiliki tabungan atas nama sendiri dan desain yang menarik. Secara tidak langsung, desain kartu menarik dan nama anak di kartu ATM akan memotivasi anak untuk rajin menabung.

7. Biaya lain-lain

Hal ini sangat perlu Anda ketahui sebelum membuka rekening, karena biaya tabungan ini akan berdampak pada pengurangan jumlah tabungan anak Anda dan bisa mengurangi minat mereka untuk menabung. Ada beberapa biaya lain-lain yang harus Anda ketahui dalam tabungan anak, seperti biaya penutupan rekening, biaya minimal saldo, dan biaya administrasi. Namun kabar baiknya adalah ada juga bank yang tidak mengenakan biaya-biaya tersebut sama sekali. Jadi hal ini wajib Anda pertimbangkan sebelum membuka rekening. Semakin kecil atau bahkan jika tidak ada biaya, maka akan semakin baik.

8. Memiliki Promo Menarik

Beberapa bank memberikan promo-promo yang menarik dalam tabungan anak. Seperti diskon di tenant anak-anak, mendapat hadiah langsung, dan tambahan bunga. Sebaiknya Anda memilih tabungan anak yang memberikan banyak promo menarik supaya semakin memotivasi anak Anda agar rajin menabung.

9. Memiliki Point Reward

Tidak semua tabungan anak memiliki point reward, namun hal ini juga layak Anda pertimbangkan karena dengan adanya point reward, anak bisa lebih rajin menabung. Point reward biasanya bisa didapat jika sering menabung dan bisa ditukarkan dengan mainan atau souvenir anak lainnya karena inilah mereka jadi memiliki tujuan yang semakin membuat mereka rajin.

10. Bunga Tabungan Tinggi

Bunga di tabungan anak memang lebih kecil dari tabungan biasa, tapi setiap bank memiliki bunga tabungan yang berbeda-beda, bisa jadi lebih tinggi daripada yang lain. Semakin tinggi bunga tabungan, semakin baik, karena sang anak bisa lebih merasakan manfaat dari kerajinan menabungnya selama ini.

11. Memiliki Fitur Tambahan Yang Memudahkan

Pastinya Anda selalu ingin memberikan yang terbaik pada anak. Fitur tambahan berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan rekening tabungan anak yang terbaik.

  • Mendapatkan Asuransi

Beberapa tabungan anak ada yang langsung memberikan fasilitas asuransi kepada pemilik rekening. Tentunya hal ini akan menguntungkan karena anak Anda jadi terproteksi dengan asuransi.

  • Punya Fasilitas Mobile atau Internet Banking

Akses yang mudah dalam memantau tabungan akan menambah minat anak Anda untuk menabung, tentunya dengan mobile atau internet banking, mereka bisa mengecek saldo dan lainnya dimana saja, kapan saja.

  • Fasilitas Automatic Fund Transfer (ATF)

Fasilitas ini berguna untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya secara otomatis per tanggal yang sudah ditentukan.

  • Fasilitas Account Sweep

Fasilitas untuk mentransfer dari satu tabungan ke rekening lain secara otomatis, sebelumnya telah di set up sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang telah ditetapkan nasabah.

  • Fasilitas Automatic Grab Fund

Fasilitas Automatic Grab fund berfungsi untuk menarik dana tabungan secara otomatis oleh satu rekening tertentu.

  • Memiliki Program Kolektif

Nasabah akan mendapatkan fee kolektor per rekening baru dan fee tambahan setiap penabungan lanjutan.

  • Tersedia Pilihan Mata Uang Asing

Memberikan pilihan mata uang selain IDR, sehingga memudahkan ketika akan ditukar ke mata uang asing.

  • Orang Tua Mendapat SMS Notifikasi

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memantau tabungan anak Anda. Setiap ada transaksi, Anda akan mendapatkan sms notifikasi dari bank.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tabungan Untuk Anak

5 Tabungan Anak Terbaik

1. BII Tabungan Super Kidz

BII Tabungan Super Kidz via Cermati.com

BII Tabungan Super Kidz via cermati.com

 

Tabungan Super Kidz adalah produk tabungan anak dari Bank BII. Tabungan ini memberikan penawaran yang menarik untuk anak Anda lewat desain kartu yang dibagi menjadi dua pilihan, yaitu desain hot wheels dan Barbie. Sangat cocok untuk anak laki-laki dan perempuan.

Keunggulan

Tabungan anak ini memberikan sejumlah keuntungan bagi anak Anda, mulai dari gratis biaya administrasi, memiliki berbagai program istimewa sesuai periode promosi, tersedia dalam bentuk syariah maupun konvensional, dan pihak bank akan memberikan kado tahun baru berupa bonus bunga apabila tabungan anak Anda memenuhi kriteria yang ditentukan.

Persyaratan Pembukaan Rekening

Untuk membuka rekening tabungan Super Kidz ini cukup mudah. Anda harus menyiapkan Rp500 ribu untuk setoran awal tabungan, mengisi formulir pembukaan rekening serta pernyataan pengoperasian tabungan ini, identitas orang tua atau wali, dan akte kelahiran anak Anda.

2. CIMB Niaga Tabungan Junior

CIMB Niaga Tabungan Junior via blogspot.com

CIMB Niaga Tabungan Junior via blogspot.com

 

Tabungan anak ini memberikan berbagai promosi menarik untuk membuat anak Anda selalu rajin menabung. CIMB Niaga tidak menetapkan jumlah saldo minimum yang harus mengendap pada rekening ini, sehingga memudahkan anak Anda.

Keunggulan

Dengan tabungan ini, anak Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan sehingga anak bisa menabung dengan jumlah yang lebih besar. Selain itu, Tabungan Junior akan memberikan bonus bunga tambahan bagi nasabahnya apabila mereka rajin menabung. Tidak hanya itu, tabungan ini adalah satu-satunya tabungan yang memiliki program point reward. Point reward bisa didapatkan jika ada peningkatan saldo dan dana yang mengendap pada rekening tersebut. Point reward dapat digunakan untuk ditukar dengan barang-barang menarik atau dikumpulkan dan digabungkan dengan point Xtra. CIMB Niaga Tabungan Junior memberikan promosi berupa diskon di Toys City, Waterbom, dan Snowbay.

Persyaratan Pembukaan Rekening

Syarat pembukaan rekeningnya pun terbilang sangat mudah. Jumlah setoran awalnya kecil, yakni Rp100 ribu rupiah dan Anda hanya harus mengisi formulir pendaftaran, serta melengkapi identitas diri dan juga akte kelahiran anak.

3. BRItama Junio

BRItama Junio via banyuwanger.com

BRItama Junio via banyuwanger.com

 

Tabungan anak dari bank BRI ini menyediakan berbagai keunggulan melalui fitur-fiturnya yang menarik dibanding tabungan anak lainnya. Bank BRI tidak menetapkan jumlah saldo minimum yang harus mengendap dalam rekening.

Keunggulan

Tabungan anak dari BRI ini memiliki keunggulan dalam hal akses yang mudah. Tabungan BRItama Junio bisa diakses secara online, transaksi real time online, memiliki fasilitas asuransi kecelakaan pada nasabahnya sebesar Rp150 juta, besaran bunga tabungan yang kompetitif, dan kartu ATM memiliki desain karakter khusus yang menarik untuk anak Anda. Selain itu, BRItama Junio memberikan fasilitas transaksi otomatis seperti Automatic Fund Transfer (AFT), Account Sweep, dan Automatic Grab Fund. Dengan banyaknya fasilitas yang diberikan, melakukan transaksi dengan BRItama Junio menjadi semakin mudah bagi anak Anda. Jika memiliki tabungan BRItama Junio, anak Anda juga bisa ikut serta dalam program undian Untung Beliung Britama.

Persyaratan Pembukaan Rekening

Tabungan BRItama Junio bisa dimiliki baik oleh nasabah berumur dibawah 17 dan di atas 17 tahun. Keduanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening tabungan anak di bawah 17 tahun adalah mengisi formulir pendaftaran, memberikan setoran awal sejumlah Rp250 ribu, identitas orang tua, akte kelahiran anak, dan orang tua harus memiliki rekening tabungan di BRI.

Sedangkan persyaratan untuk nasabah berusia diatas 17 tahun adalah mengisi formulir pendaftaran, memberikan identitas diri, dan memberikan setoran awal sejumlah Rp300 ribu.

4. BJB Tandamata MyFirst

BJB Tandamata My First via wp.com

BJB Tandamata My First via wp.com

 

Tabungan BJB Tandamata MyFirst merupakan tabungan yang bertujuan untuk mengedukasi anak untuk mulai belajar menabung. Tabungan ini hanya bisa dipakai untuk tabungan dalam bentuk rupiah. Dalam tabungan ini, saldo minimum yang harus mengendap di rekening adalah Rp20 ribu.

Keunggulan

Tabungan ini memberikan banyak fitur bebas biaya, yaitu bebas biaya administrasi kartu ATM, bebas biaya bulanan tabungan, bebas biaya pembuatan kartu perdana, dan bebas biaya penarikan uang di ATM BJB, ATM Bersama, dan ATM Prima di seluruh Indonesia. Hal ini memudahkan anak Anda untuk mengakses tabungan mereka. Selain itu, kartu ATM memiliki desain yang menarik dan nama anak bisa tertera pada kartu ATM sehingga menambah rasa bangga sang anak. Semakin besar jumlah tabungan anak Anda, semakin besar juga bunga yang akan mereka terima.

Persyaratan Pembukaan Rekening

Tabungan BJB Tandamata MyFirst diperuntukkan bagi anak berusia 0-17 tahun saja. Jumlah setoran awal untuk membuka rekening tabungan ini sangat ringan, yakni hanya Rp50 ribu saja. Anda tinggal mengisi formulir pendaftaran, memberikan identitas orang tua, dan akte kelahiran anak pada bank.

5. BNI Taplus Anak

BNI Taplus Anak via blogspot.com

BNI Taplus Anak via blogspot.com

 

Tabungan BNI Taplus Anak merupakan tabungan anak yang ingin memberikan kesempatan anak untuk belajar menabung dengan pantauan dari orang tua. Saldo minimum yang mengendap di tabungan hanya Rp10 ribu saja sehingga tidak memberatkan anak Anda.

Keunggulan

BNI Taplus Anak tidak mengenakan biaya apapun pada pengelolaan rekening, sehingga tabungan anak Anda bisa tetap utuh tanpa potongan. Pada buku tabungan dan kartu ATM akan tertera nama anak Anda. Kartu ATM diberikan dengan tujuan untuk mengajarkan anak Anda untuk melakukan transaksi di ATM, lewat SMS banking, atau di teller bank. BNI Taplus Anak juga memiliki kerjasama dengan banyak merchant sehingga terdapat banyak promosi yang diberikan kepada anak Anda sebagai pemilik tabungan. Dengan BNI Taplus Anak, Anda bisa memantau pergerakan tabungan anak Anda karena bank akan memberikan SMS notifikasi kepada Anda saat ada transaksi.

Persyaratan Pembukaan Rekening

Untuk bisa memiliki tabungan BNI Taplus Anak, yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran, memberikan setoran awal tabungan sejumlah Rp100 ribu, identitas orang tua, akte kelahiran atau kartu pelajar anak, dan orang tua harus memiliki tabungan di BNI.

Bandingkan Sebelum Memilih

Memilih tabungan anak tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu dan mempelajari keunggulannya dibandingkan dengan tabungan di bank lainnya sebelum akhirnya menentukan tabungan anak yang terbaik. Selain itu, carilah tabungan anak yang persyaratannya bisa dipenuhi oleh anak Anda sehingga mereka bisa merasa memiliki tabungan itu sendiri tanpa bantuan Anda. Hal itu akan menambah motivasi mereka dalam menabung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bank mana saja yang menyediakan produk tabungan anak serta keunggulan-keunggulannya, silakan cek di Cermati.com. Memiliki rekening tabungan anak adalah langkah yang baik untuk membiasakan anak Anda menabung.

Baca Juga: 5 Cara Yang Bisa Membuatmu Cinta Menabung