5 Tips Anti Stres untuk Fresh Graduate yang Belum Dapat Kerja

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah tentu menjadi impian para fresh graduate. Namun pada kenyataannya, mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah tidaklah selalu semudah yang dibayangkan. 

Ada banyak pelamar fresh graduate di luar sana yang bolak-balik mengajukan lamaran di berbagai perusahaan dan belum mendapatkan hasilnya. Jika kamu salah satu di antaranya, kamu tentu kerap merasa putus asa.

Akan tetapi, jangan sampai stres hanya karena belum juga mendapatkan pekerjaan pertamamu. Tetaplah berpikiran positif dan melakukan upaya terbaik untuk bisa mendapatkan pekerjaan. 

Ada beberapa tips yang dapat fresh graduate lakukan untuk menghindari stres selama mencari kerja. Simak ulasannya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gali potensi 

loader
Gali potensi

Banyaknya waktu luang yang kamu miliki setelah lulus kuliah tentu akan lebih rentan mengalami stres. Hal ini bahkan mungkin saja semakin buruk, jika sudah lulus cukup lama dari bangku kuliah dan belum juga mendapatkan pekerjaan. Hindari untuk menjalani hari-hari yang monoton dan cenderung membosankan. Kamu perlu menata kembali rutinitas dan memilih berbagai kegiatan bermanfaat bisa kembalikan semangat untuk menjalani hari dengan menyenangkan. 

Cobalah untuk menggali potensi di dalam dirimu, terutama yang bisa membuat kamu semakin maju. Lihat kembali apa saja kemampuanmu yang dapat diasah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, bersosialisasilah dan nikmati kebersamaan dengan orang-orang di sekitar agar kamu lebih nyaman dan merasa bahagia. Kamu bisa menikmati waktu dengan orang-orang terdekat atau bahkan melakukan kegiatan positif yang selama ini tidak sempat dilakukan. 

Baca Juga: Biar Cepat Dapat Kerja, Yuk Kenali Diri dan Latihan Tes Kepribadian Lewat 15 Situs Ini

2. Asah keterampilan secara profesional

Saat belum mendapatkan pekerjaan, maka kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi. Mulailah mengikuti kursus yang dapat mempertajam keahlian di bidang yang kamu minati. Hal ini bisa memberimu lebih banyak ruang untuk belajar dan mendapatkan ilmu sebagai bekal untuk bekerja nanti. Selain itu, kamu juga akan bisa berbaur dan membangun jaringan di saat bersamaan. 

Pilih kursus yang berkaitan dengan jurusan kuliah, agar keterampilan ini benar-benar bisa mendukungmu saat menghadapi dunia kerja lagi. Hal ini juga bisa menjadi tambahan pengalaman di CV, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan tentu akan semakin besar. Selain mengambil kursus atau pelatihan profesional lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan waktu dengan mengikuti aksi sosial atau menjadi relawan.

3. Refleksi diri

Waktu yang sangat luang akan memberikan kamu ruang yang lebih banyak untuk melakukan berbagai hal. Manfaatkan momen ini untuk merefleksikan diri dan melihat kembali apa saja yang diinginkan dan apa saja yang sudah kamu lakukan di dalam hidupmu. 

Cobalah untuk “kembali” kepada dirimu sendiri dan lihat kondisimu saat ini dengan lebih jelas. Hal ini akan mempermudah kamu menemukan berbagai poin yang belum maksimal, sehingga kamu lebih mudah untuk melakukan perbaikan kedepannya. 

4. Dapatkan pengalaman yang berguna

loader

Setelah lulus dari kuliah dan tidak lagi bergabung dengan organisasi kampus, kamu mungkin akan lebih banyak diam di rumah sembari mencari kerja. Waktu luang yang seperti ini akan membosankan, jika tidak manfaatkan dengan cara yang tepat. Mulailah mengatur waktu dan mencari rutinitas baru yang bisa memberimu pengalaman berguna. Hal ini akan membuatmu tetap positif, meskipun masih dalam proses mencari kerja. 

Ada banyak kegiatan yang bisa dijadikan pilihan, seperti: magang di perusahaan, bekerja paruh waktu dengan menjadi freelancer, mengikuti organisasi sosial, dan yang lainnya. Semua ini akan membuat kamu memiliki pengalaman yang berguna dan kelak bisa dijadikan bekal di dunia kerja yang sebenarnya. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pengalaman ini untuk melengkapi CV. 

Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini Setelah Interview Biar Cepat Dapat Kerja

5. Nikmati hobi

loader
Nikmati hobi

Jika selama kuliah kamu begitu sibuk dan tak pernah memiliki waktu untuk bersenang-senang dengan hobimu, maka ini akan menjadi waktu yang tepat. Kamu bisa menikmati waktu dengan cara menikmati hobi dan melupakan sejenak semua kesibukanmu selama ini.

Kamu bahkan bisa saja menjadikan hobi ini sebagai peluang untuk menambah kemampuanmu di bidang tertentu. Luangkan waktu dan nikmati hobimu dengan cara maksimal, agar kamu tetap bisa mendapatkan energi positif untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Lakukan kegiatan positif dan bermanfaat

Di sela-sela mencari kerja, kamu tentu sangat rentan mengalami kondisi stres dan putus asa. Jangan biarkan harimu menjadi buruk dan membuatmu terpuruk, kamu bisa melakukan berbagai hal untuk menjalani hari dengan lebih bermanfaat. Tetaplah berpikir positif dan melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat, agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu dalam waktu dekat.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate