5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Kerja Shift Malam

Sebagian profesi ada yang mengharuskan pekerjanya untuk melakukan pekerjaan di malam hari. Hal ini tentunya sudah sebua tanggung jawab yang perlu dijalankan dengan baik. Namun, ada risiko yang perlu diwaspadai jika bekerja pada shift malam, yaitu kesehatan bisa terganggu. Apabila Anda tidak mampu beradaptasi maka kesehatan bisa menurun dan jatuh sakit. 

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan tubuh akibat shift kerja malam karena ada beberapa tips menjaga kesehatan yang bisa diikuti seperti pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Menjaga Pola Makan

makan
Menjaga pola makan

Kesehatan tetap terjaga, Anda harus pintar-pintar dalam mengatur pola makan. Pastikan bahwa asupan gizi, mineral, dan juga vitamin yang didapatkan cukup untuk aktivitas sehari-hari yang tidak menentu tersebut. 

Jika perlu, install aplikasi penghitung asupan gizi di smartphone. Cari aplikasi yang mampu membantu mengatur pola makan sehingga asupan vitamin, gizi, dan mineral terpenuhi.

Jangan lupa selalu mengkonsumsi air putih yang cukup karena air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lebih baik mengkonsumsi buah dan sayuran sehingga tubuh tidak akan kekurangan vitamin dan serat.

Baca Juga: Inilah Tandanya, Apakah Kamu itu 'Workaholic' atau Pekerja Keras?

2. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Sumber penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh bisa datang dari mana saja, termasuk dengan tubuh dan lingkungan. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, Anda juga perlu untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

Dengan tubuh dan lingkungan yang bersih maka tidak akan ada lagi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain menjaga kondisi fisik agar tetap sehat, tubuh dan lingkungan yang bersih juga mampu meningkatkan kondisi mental dan menambah mood.

Mood dan kondisi mental yang selalu baik mampu menghindarkanmu dari rasa baper maupun stress. Jadi usahakan untuk selalu mandi sebelum bekerja dan juga atur benda yang ada di sekitarmu dengan baik. Pastikan bahwa ruangan kamar maupun meja kerja rapi sehingga mood menjadi baik.

3. Menjaga Kuantitas dan Kualitas Tidur

tidur
Menjaga kuantitas dan kualitas tidur

Tidur menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk Anda yang memiliki jadwal kerja di malam hari. Selain untuk beristirahat, tidur yang berkualitas juga mampu meningkatkan mood dan semangat setelah bangun nantinya. Tetapkan jam tidur dengan baik mulai 7-8 jam per hari. Hindari rokok dan kopi sebelum tidur agar kualitas tidur bisa lebih baik.

Baca Juga: Hal-Hal yang Membuat Kerja Keras Kita Menjadi Sia-Sia

4. Berolahraga dengan Teratur

Waktu kerja yang tidak beraturan terkadang tidak bisa mendapatkan waktu olahraga meskipun hanya sekedar bersepeda atau jogging. Meskipun tidak bisa melakukan olahraga tersebut, namun Anda masih bisa melakukan olahraga lain untuk menggantinya. 

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan diantaranya adalah jumping jacks, squat jumps, push up, atau olahraga kecil lain yang bisa dilakukan di tempat. Tidak perlu lama-lama, Anda hanya perlu melakukan olahraga kecil selama kurang lebih 10 hingga 20 menit setiap hari.

Lakukanlah secara teratur agar Anda tidak lelah ketika bekerja pada shift yang terus berbeda. Ingat bahwa kekurangan olahraga bisa membuatmu lemas dan lesu. Selain itu, kualitas tidurmu juga bisa terganggu sehingga daya tubuh menurun. Untuk itu, Anda wajib berolahraga meskipun hanya dalam waktu singkat.

5. Perbanyak Tersenyum

senyum
Perbanyak tersenyum

Senyum merupakan tanda bahwa suasana hatimu sedang gembira. Hal tersebut bisa membantumu untuk menghindari rasa stress yang sering dialami oleh mereka yang bekerja dengan shift.

Banyak tersenyum bukan berarti harus tersenyum dalam berbagai kesempatan tanpa ada hal yang memicunya. Banyak tersenyum artinya Anda melakukan segala hal dengan rasa nyaman dan bahagia. Selalu jaga mood dengan banyak bersosialisasi sehingga bisa lebih semangat dalam mengerjakan pekerjaan.

Pola Hidup Sehat Harus Diterapkan Pada Berbagai Situasi

Pola hidup sehat dengan makanan sehat, tidur cukup dan berkualitas, serta olahraga merupakan kunci agar kesehatanmu tetap terjaga. Pastikan bahwa tubuh selalu fit dan sehat sehingga tugas bisa dikerjakan dengan lebih maksimal. Jika perlu tambahkan vitamin kesehatan agar tubuh tidak mudah sakit.

Baca Juga: Jangan Cuma Kerja Keras Bagai Kuda, Kenali Juga 8 Istirahat dan Cuti Karyawan