6 Alasan Kenapa Uang Dapat Menciptakan Bahagia

Kalimat “money can’t buy happiness” memang benar adanya. Kebahagiaan yang dirasakan seseorang dalam hidupnya merupakan suatu keputusan, dimana keputusan ini tidak sama antara satu orang dengan yang lain. Jadi, hal yang wajar kalau orang-orang mendefinisikan kebahagiaan dalam arti yang berbeda.

Meski bukan faktor utama yang menentukan kebahagiaan, namun uang dapat memberi segelintir kebahagiaan bagi mereka yang mampu memanfaatkan uang dengan baik, termasuk Anda sendiri. 

Mengapa bisa begini? Berikut beberapa alasan kenapa uang dapat menciptakan kebahagiaan yang perlu Anda ketahui.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kebutuhan Anda Bisa Terpenuhi

belanja

Hal yang paling mendasar adalah uang membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier, sehingga tidak ada satu kebutuhan pun yang terbengkalai.

Anda bisa merasakan kehidupan yang layak seperti sekarang, itu semua karena uang. Tanpa uang, semuanya hanya mimpi semata. Yang ada mungkin hidup Anda hanya akan menjadi beban bagi orang lain, karena terlalu bergantung kepada mereka.

Jika dulu ada kebutuhan yang belum bisa terpenuhi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memenuhinya. Gunakan uang tanpa rasa ragu untuk mendatangkan segores kebahagiaan bagi hidupmu.

2. Anda Bisa Shopping Sepuasnya

belanja sepuasnya

Selama ini, keinginan untuk shopping sering tertunda karena alokasi dananya tidak cukup. Anda juga harus melakukan penghematan sedemikian rupa agar gaji cukup untuk membiayai hidup selama satu bulan. Namun sekarang, Anda bisa pergi shopping sepuasnya.

Mau beli ini dan itu, tidak perlu lagi pikir panjang. Harga barang yang murah atau mahal bukan sesuatu yang perlu dipermasalahkan, karena Anda punya budget untuk membeli apapun yang diinginkan. 

Bukan hanya untuk diri sendiri, barang-barang hasil hunting shopping juga bisa diberikan kepada keluarga tercinta. Sehingga mereka bisa ikut merasa bahagia, sama seperti apa yang Anda rasakan saat ini.

Baca Juga:  7 Macam Tantangan yang Harus Dilewati Saat Belajar Hidup Hemat

3. Anda Bisa Menambah Pengetahuan dan Pengalaman

traveling

Uang yang dimiliki bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi. Alhasil, ilmu pengetahuan semakin bertambah dan jenjang karir di perusahaan menjadi lebih cemerlang. Sangat menarik, bukan?

Selain dalam bidang pendidikan, uang juga modal yang bisa membawa Anda menjelajah dunia nan luas. Anda bisa bebas memilih mau traveling di dalam atau luar negeri, dan mendapat tujuan yang berlipat ganda. Di samping menghilangkan stres, pengalaman hidup pun semakin bertambah.

Demi mewujudkan keinginan ini, luangkan waktu untuk merencanakan waktunya dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, maka perjalanan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti.

4. Waktu yang Tepat untuk Memberi

donasi

Memberikan sedikit saja dari milikmu kepada orang lain merupakan hal mulia yang bisa dilakukan dengan uang. Tidak hanya bersedekah kepada fakir miskin, tapi juga menjadi donatur atas pembangunan rumah ibadah, rumah sakit, atau tempat tinggal bagi mereka yang membutuhkan.

Ikut berpartisipasi dalam membantu sesama menjadi hal paling membahagiakan dalam hidup. Di sisi lain, terdapat pula perasaan puas sekaligus bangga melihat bagaimana diri Anda bisa tumbuh menjadi sosok yang mengasihi orang lain.

Berikan sesuai dengan kemampuan tanpa ada unsur paksaan sedikit pun, sehingga tidak menjadi beban bagi diri sendiri. Dan ingat, jangan mengharapkan balasan apapun dari manusia. Biarkan Sang Pencipta yang membalasnya untuk Anda.

5. Membebaskan Anda dari Utang

bebas dari utang

Penyebab kemerosotan finansial bukan hanya karena gaji yang sedikit, tapi juga karena berbagai utang kepada pihak lain. Dan semua utang ini harus dibayar sebelum tenggat pembayaran tiba, agar tidak menyebabkan denda yang dapat memperparah kondisi finansial.

Berhubung karena sekarang Anda punya uang, maka utang-utang ini bisa dibayar sampai lunas. Mau utang yang nominalnya kecil atau besar, suku bunganya tinggi atau rendah, semuanya bisa lunas sehingga finansial yang lebih sehat terwujud.

Kelola uang yang ada saat ini dengan baik untuk menimbulkan potensi terjadinya utang di masa mendatang. Karena hidup ini sangat repot bila harus berutang di sana-sini, jiwa dan raga pun kurang tenang.

Baca Juga: Cek isi Dompet Anda, Pastikan Benda-Benda Berikut Ini Tidak Perlu Ikut Dibawa

6. Membantu Anda untuk Membangun Bisnis

membangun bisnis

Keinginan untuk membangun suatu bisnis terpaksa harus dikubur dalam-dalam, meskipun pada kenyataannya seseorang punya skill yang mumpuni untuk menjalankan bisnis. Tahukah Anda apa penyebabnya? Uang, karena bisnis tidak akan bisa berjalan lancar kalau modalnya tidak cukup.

Jangankan untuk menyewa gedung, membeli bahan baku, atau membayar gaji karyawan, karena menyediakan fasilitas sederhana saja pun tidak bisa. Daripada perjalanan bisnis ujung-ujungnya stuck, lebih baik sama sekali tidak dimulai. 

Namun, hal ini nampaknya tidak akan terjadi kalau Anda mempunyai banyak uang. Apapun yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis dapat dipenuhi, sehingga tujuan bisnis dapat tercapai. 

Uang Memiliki Peran Penting dalam Hidup

Meski uang bukan segalanya, namun uang memiliki peran yang cukup penting selama menjalani hidup. Uang juga bisa memberi kebahagiaan lewat tindakan sederhana yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti memberi.

Baca Juga: Hidup Minimalis dapat Meningkatkan Keuangan Anda