6 Cara Merawat Lansia di Rumah Agar Tetap Sehat saat Pandemi

Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Dampak dari virus ini akan lebih para kepada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Lansia (lanjut usia), kelompok orang yang usianya lebih dari 60 tahun. Merupakan salah satu golongan yang paling rentan terpapar virus dan memiliki kemungkinan mendapatkan dampak terparah dari virus tersebut.

Hal ini karena daya tahan tubuh lansia sudah melemah dan kerja organ-organ tubuhnya biasanya sudah tidak optimal, bahkan mungkin saja sudah mengalami gangguan. Dalam kondisi tersebut, virus akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan kerusakan, serta memperparah gangguan yang sudah ada.

Bila kamu memiliki orang tua, kakek, nenek atau saudara yang termasuk kedalam kategori lansia. Memberikan perhatian dan perawatan ekstra kepada mereka di tengah pandemi seperti saat ini harus dijadikan sebagai prioritas.

Nah, lakukan tips-tips berikut untuk merawat lansia di rumah dan mencegahnya terkena penyakit COVID-19:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

mengenakan masker

Sebagai orang yang akan merawat mereka, artinya kamu juga akan melakukan kontak langsung dengan lansia di rumah. Untuk itu kamu sendiri juga harus menjaga kesehatan mu dan berhati-hati ketika keluar rumah. Dengan melindungi diri sendiri dari paparan virus artinya kamu juga turut melindungi mereka dari penularan.

Lakukan protokol kesehatan dengan disiplin, social distancing, tidak terlalu lama menghabiskan waktu di luar dan membatasi kontak langsung dengan orang lain di luar rumah. Utamakan bekerja dan aktivitas lainnya dari rumah seperti belanja dan berolahraga jika bisa guna meminimalisir kegiatan keluar rumah.

2. Siapkan Vitamin yang Cukup untuk Meningkatkan Imun Mereka

multivitamin

Meminum vitamin secara rutin adalah cara yang paling ampuh setelah rajin memakan makanan sehat dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin disini tidak harus berbetuk pil atau tablet. Alternatif lain juga bisa seperti madu, buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan D yang cukup banyak.

Baca Juga: Malaise, Gejala Ringan yang Jadi Tanda Terjangkit Covid-19

3. Mempersiapkan APD yang Lengkap Setiap akan Keluar Rumah

Alat pelindung diri

Terlalu lama menghabiskan waktu di dalam rumah bisa cukup melelahkan dan menimbulkan stress juga kepada para lansia. Jika mereka ingin keluar rumah sebentar jangan lupa mempersiapkan APD (alat pelindung diri) yang lengkap seperti sarung tangan latex, masker, face shield, baju lengan panjang (bisa jaket), hand sanitizer, tisu basah dan kering juga disinfektan ukuran kecil untuk disemprotkan kesetiap objek yang akan disentuh.

4. Rutin Melakukan Olahraga Kecil untuk Lansia

olahraga untuk lansia

Menjaga kesehatan paling baik adalah dengan berolahraga. Tapi khusus untuk lansia, pilihan jenis olahraganya pun harus lah disesuaikan dengan kemampuan tubuh mereka. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa kamu cari diinternet dan bisa dilakukan oleh para lansia, seperti senam ringan, jalan pagi atau sore, bersepeda dan lain sebagainya selama 20-30 menit perhari.

5. Lengkapi Fasilitas Hiburan di Rumah agar Tidak Cepat Bosan

lansia menonton video

Untuk mengurangi keinginan lansia keluar rumah artinya fasilitas hiburan dirumah haruslah lengkap agar mereka tidak cepat bosan. Ajari mereka bermain gadget untuk menonton video atau pasang tv kabel atau berlangganan aplikasi streaming berbayar seperti Netflix agar mereka bisa memilih film, serial drama, tv shows favorit mereka kapan saja tanpa gangguan.

Baca Juga: Cegah Infeksi Virus Korona, Inilah Kegunaan Face Shield menurut Dunia Medis

6. Berkonsultasi dengan Dokter Melalui Online secara Rutin

konsultasi kesehatan online

Rumah sakit adalah tempat paling rentan terpapar virus. Oleh sebab itu hindari melakukan check up kesehatan langsung di rumah sakit.

Tapi karena mustahil melakukannya sendiri atau lewat online. Kamu bisa memilih untuk meminta Dokter kerumah atau menunda checkup kesehatan dan mengontrol kesehatan melalui aplikasi layanan/konsultasi dengan Dokter online.

Sekarang telah banyak aplikasi konsultasi Dokter online dimana kamu bisa berkonsultasi langsung dengan Dokter hanya dengan membayar puluhan ribu rupiah.

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Covid-19 adalah virus yang benar-benar berbahaya yang bisa menyebabkan kematian untuk itu menganggap remeh keberadaan virus ini, terutama kamu yang merasa masih muda dengan imun tubuh yang baik adalah kesalahan paling fatal.

Karena semua orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Alangkah baiknya kamu mendorong jauh rasa egoism kamu yang tidak suka mengikuti protokol kesehatan demi melindungi tidak hanya keluarga mu saja tapi juga orang-orang sekitar mu.

Jangan sampai kecerobohan dan kelalaian membawa bencana dan merenggut nyawa orang tersayang.

Baca Juga:  Rapid Test dan Swab Test untuk Diagnosa Virus Corona, Apa Sih Perbedaannya?