6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal

Selama new normal pasti akan ada beberapa perilaku masyarakat yang ikut berubah karena harus bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada. Dengan munculnya baik perilaku sampai gaya hidup baru ini artinya ada peluang usaha baru yang bisa dicoba.

Kebiasaan baru seperti bekerja dari rumah, social distancing, physical distancing, disinfektanisasi, mencuci tangan setiap saat, online shopping dan kegiatan lainnya yang bisa dilakukan dirumah secara online bisa menjadi landasan untuk menciptakan ide bisnis baru yang menguntungkan untuk dijalankan selama fase new normal ini.

Ciptakan kesempatan dan peluang sendiri dalam berbisnis. Biar tetap bisa cuan di musim pandemi, ini dia beberapa ide bisnis yang bisa jadi peluang usaha menguntungkan di era new normal:

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jual Frozen Food/Makanan Beku

frozen food

Bekerja dari rumah dalam waktu yang lama dan ketakutan akan keluar rumah membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli makanan beku yang awet lebih lama demi mengurangi frekuensi keluar rumah untuk berbelanja.

Keuntungan lain yang membuat orang senang membeli frozen food adalah harganya yang lebih murah tapi lebih awet juga penyajiannya praktis dan mudah. Nah, jika kamu ingin coba jadi penjual frozen food. Caranya bisa dengan menjadi reseller dari distributor frozen food yang bisa ditemukan dengan mudah dengan internet.

Modalnya pun tidak mahal, dengan menyiapkan modal antara Rp500 ribu – Rp1 juta dan lemari es yang cukup bisa menampung stock produk kamu sudah bisa memulai bisnis frozen foodmu sendiri.

Tips tambahan, makanan beku yang sedang populer saat ini selain nugget dan sosis adalah dimsum, siomay, risolis dan corndog.

2. Jual Paket Daging untuk Grill dan Shabu-Shabu di Rumah

daging grill dan shabu

Selama PSBB banyak pengusaha restauran AYCE (all you can eat) terpaksa harus putar arah berbisnis dengan menjual paket grill dan shabu secara online. Karena hal ini banyak orang yang mendapatkan pencerahan kalau membuat grill dan shabu-shabu dirumah tidaklah sulit dan tetap enak.

Karena itu tidak sedikit orang yang lebih suka membeli paket grill dan shabu-shabu ke toko-toko online selain dari AYCE demi mendapatkan paket dengan harga yang lebih murah lagi.

Jadi intinya, siapapun bisa memulai usaha ini tidak hanya pengusaha AYCE saja. Jika kamu menemukan distributor daging murah baik untuk grill dan shabu-shabu kamu bisa mencoba jadi reseller dengan menjual paket lengkapnya yaitu daging + sayur dan bumbunya baik itu untuk grill atau shabu-shabu dengan harga yang lebih murah dari pedagang AYCE tawarkan biar cepat laku.

Modal yang dibutuhkan pun bisa dimulai dari Rp1 – Rp2jutaan untuk daging+sayur+bumbu dan topping-topping tambahannya juga biaya untuk kemasan dan deliverynya.

Tips tambahan, paketan grill dan shabu yang menarik ialah yang menawarkan side dish yang menarik pula seperti tambahan sosis ayam/sapi, kimchi, seafood seperti ikan atau crab stick.

Baca Juga:  Ternyata Ini Caranya Uang Tetap Terus Bertambah Meski Ditinggal Tidur

3. Jual Jus Sehat dan Minuman Herbal

jus sehat

Pandemi corona menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan imun tubuh. Untuk itu permintaan terhadap produk kesehatan dan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh pun menjadi tinggi baik itu yang berbentu multivitamin atau yang langsung minum seperti jus atau minuman herbal/jamu.

Karena berbisnis multivitamin sedikit riskan apalagi untuk kamu yang tidak terlalu mengerti obat-obatan. Pilihan produk kesehatan lain yang bisa dipilih adalah jus sehat dan minuman herbal yang sudah siap minum.

Selain bisa menjual jenis jus yang popular seperti jeruk, stroberi, alpukat atau jambu. Kamu juga bisa menjual produk jus yang  khusus untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti jus sari lemon. Untuk minuman herbal bisai coba menjual minuman berbahan dasar jahe atau rempah-rempah lain yang dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Modal yang bisa kamu siapkan bisa dimulai dari Rp500 an saja. Jangan lupa biar makin berkembang bisnis kamu manfaatkan platform seperti grab/go food.

Tips tambahan, siapkan produk jus atau minuman herbal untuk ukuran 1 liter agar tidak ketinggalan tren bisnis minuman jaman now.

4. Katering Menu Makanan Sehat

katering makanan sehat

Selama pandemi, tidak hanya kebiasaan mengonsumsi multivitamin, jus buah dan minuman herbal saja yang semakin menjadi-jadi. Kebiasaan mengonsumsi menu makanan sehat pun semakin banyak dilirik. Menu makanan sehat untuk diet tertentu seperti diet mayo atau diet karbo.

Persiapkan paketan menu katering dengan jenis diet yang paling populer saat ini. karena tidak sedikit orang-orang yang ingin tetap menjaga tubuh tetap ideal atau memanfaaatkan momen bekerja di rumah untuk melakukan diet sehat.

Untuk modal setidaknya kamu harus menyiapkan antara Rp3 – Rp5 jutaan. Karena biasanya bahan makanan untuk menu sehat harganya lebih mahal seperti, dada ayam, baby potatoes, dan baby carrots. Belum lagi kemasannya yang harus berkualitas baik.

Untuk awal jika kamu bisa mengendarai motor atau mobil daripada pake kurir lebih baik kamu sendiri yang mengantar untuk lebih menghemat pengeluaran.

Tips tambahan jangan hanya sediakan katering makanan sehat siap saji. Persiapkan juga paketan bahan makanan untuk dimasak dirumah. Seperti paket memasak sayur lodeh, sayur asem, sup kaldu ayam dan jenis lauk lain yang banyak jadi favorit orang Indonesia.

Baca Juga: PHK Besar-Besaran dan Sepinya Lowongan Kerja karena Covid-19, Apa  yang Harus Dilakukan?

5. Pengajar Online Berbayar

pengajar online

Jika kamu memiliki skill yang bisa dibagikan dan kemampuan mengajar yang lumayan kamu bisa mencoba membuka kelas sendiri yang berbayar. Kamu bisa membuka kelas sendiri di patron atau membuka kelas di website-website yang sering digunakan untuk belajar online. Biasanya website seperti itu memiliki lowongan untuk pengajar agar bisa membuka lebih banyak kelas.

Jika ingin secara mandiri, kamu bisa memanfaatkan zoom, google hang out dan facebook video call yang bisa melakukan video call lebih dari 10 orang untuk membuka kelas online kamu.

Modalnya? Gratis. Asalkan kamu bisa memanfaatkan platform online secara maksimal seperti Youtube dan sosial media dalam memasarkan bisnis jasa kamu.

Tips tambahan, kelas online yang sedang banyak dicari saat ini adalah digital marketing, desain grafis, memasak dan kursus untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP. Jadi jika kamu merasa cukup oke untuk mengajar bidang-bidang tersebut. Ayo cepat-cepat mulai sebelum banyak kompetitor bermunculan.

6. Buka Online Shop untuk Belanja Kebutuhan Sehari-hari

online shop

Satu peluang bisnis lain yang pasti akan banyak dilirik di era new normal adalah toko online yang menjual kebutuhan sehari-hari selengkap mungkin. Mulai dari bahan makanan mentah, bumbu dapur, perlengkapan mandi sampai perlengkapan dan kebutuhan bayi.

Ketakutan orang-orang yang untuk berbelanja secara langsung membuat e-commerce yang menjual kebutuhan pokok tentu menjadi semakin populer. Harga barang yang lebih murah, banyaknya promo dan tidak perlu keluar rumah membuat online-online shop yang punya lapak di e-commerce makin cuan di musim pandemi ini.

Jika kamu sebelumnya punya toko klontong yang terpaksa tutup karena corona, bisa menjual barang-barang dagangan kamu dengan membuka toko di e-commerce besar seperti shopee atau tokopedia.

Manfaatkan Produk Pinjaman P2P atau KTA jika Belum Ada Modal

Walaupun beberapa ide bisnis diatas tidak terlalu besar, tapi jika uang kamu tidak cukup untuk menutupi modal karena kebutuhan penting lainnya ada alternatif lain yang bisa kamu manfaatkan biar bisa cepat dapat modal untuk buka usaha.

Jika modal yang dibutuhkan masih kisaran ratusan ribu kamu bisa mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman online terpercaya atau P2P (peer to peer). Jika sudah mencapai jutaan bisa mengajukan produk pinjaman KTA. Intinya, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu membutuhkan modal dalam waktu yang cepat bisa lewat P2P tapi jika ingin mengajukan pinjaman yang bunganya tidak terlalu berat bisa dengan KTA. Pandemi corona memang telah memberikan kita banyak dampak negatif, tapi jangan putus asa dulu. Mari kembali bangkit di era new normal dan kembali rintis usaha impianmu.

Baca Juga: 7 Macam Tantangan yang Harus Dilewati Saat Belajar Hidup Hemat