6 Tanda Bahwa Kamu Sudah Melakukan Pekerjaan dengan Baik

Menguasai sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Butuh waktu dan juga proses bagi seseorang untuk menguasai sebuah pekerjaan dengan baik. Pasti ada masa adaptasi dimana pekerjaan yang diberikan sulit dipahami dan dikerjakan dengan cepat.

Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, pekerjaan yang awalnya sulit tersebut lama kelamaan akan mudah. Biasanya proses adaptasi dari tidak bisa menjadi terbiasa tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja. Jika sudah terbiasa maka Kamu akan bekerja dengan baik sehingga bisa menyenangkan atasan.

Namun rasa percaya diri terhadap kemampuan mengatasi pekerjaan tersebut tidak bertahan selamanya. Terkadang ada rasa khawatir mengenai bagaimana performa kerjamu sebenarnya, apakah sudah baik atau malah sebaliknya. 

Jika hal tersebut menimpamu, jangan khawatir dulu karena ada beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa pekerjaan yang Kamu lakukan sudah baik. Dilansir dari The Muse, berikut ini 6  tanda bawa Kamu sudah bekerja dengan baik di kantor:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sering Mendapatkan Feedback

mendapatkan feedback

Pasti banyak dari Kamu yang bertanya-tanya, mengapa jika bekerja dengan baik malah mendapatkan feedback bukan pujian. Hal tersebut lantaran bosmu ingin membuatmu menjadi karyawan yang berkembang dan lebih baik. Pasalnya, pujian tidak membuat seorang karyawan berkembang tapi terkadang malah bisa menjatuhkan karena menganggap dirinya sudah mampu.

Dengan perkembangan yang terjadi karena feedback tersebut maka Kamu akan menjadi karyawan yang lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya. Jadi jangan berkecil hati terlebih dahulu jika bukan pujian yang Kamu terima tapi malah feedback. Sebab, hal tersebut bisa menjadi indikator bahwa hasil kerjamu melebihi ekspektasi bosmu.

Baca Juga:  Ini 7 Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Sering Dilakukan

2. Sering Diminta Masukan

diminta masukan

Indikator bahwa pekerjaan yang Kamu lakukan sudah baik tidak hanya datang dari atasan atau bosmu saja namun juga bisa datang dari rekan kerja. Rekan kerja yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah biasanya akan meminta masukan pada orang lain yang dianggap lebih paham. 

Jika Kamu sering dimintai masukan untuk melancarkan pekerjaannya maka hal tersebut menjadi indikasi bahwa pekerjaan yang biasa Kamu lakukan sudah baik. Sebab, tidak mungkin seorang rekan kerja meminta bantuan pada teman yang hasil kerjanya buruk.

Pasalnya, jika mereka meminta masukan pada seseorang dengan hasil kerja buruk maka bisa saja hasil kerjanya juga buruk dan malah merugikannya.

3. Diminta Memberi Pendapat dalam sebuah Keputusan

diminta pendapat

Sebuah perusahaan biasanya mengadakan meeting atau pertemuan khusus secara rutin untuk menyelesaikan masalah. Fungsi dari adanya meeting ini tentu saja untuk mendapatkan hasil lebih baik dari kesepakatan bersama. 

Sebenarnya diajak untuk meeting atau diskusi hal khusus yang tidak diikuti semua orang sudah membuatmu dianggap memiliki peran penting. Namun peran tersebut akan lebih penting lagi jika di dalam meeting para peserta memintamu untuk mengeluarkan pendapat.

Mereka memintamu untuk mengeluarkan pendapat karena Kamu dianggap kreatif serta memiliki ide bagus yang patut untuk dipertimbangkan. Jadi jangan merasa minder apabila Kamu sering diminta pendapat atau saran dalam mengambil keputusan penting.

4. Dijadikan Andalan oleh Bosmu

andalan

Atasan atau bos merupakan orang yang super sibuk sehingga sering tidak hadir di kantor padahal ada banyak hal yang harus dilakukan atas persetujuannya. Karena ketidakhadirannya, biasanya bos akan memberikan wewenang kepada salah satu karyawan untuk menjadi backup.

Apabila Kamu sering ditugaskan untuk menjadi backup maka sudah jelas bahwa bosmu memiliki kepercayaan lebih terhadapmu. Pasalnya, tidak semua karyawan akan mendapatkan kerpercayaan sepenting itu untuk mengurus perusahaan disaat atasan tidak ada. 

5. Dipercaya Memegang Kendali Pekerjaan

memegang kendali

Ketika masa adaptasi dalam memahami pekerjaan, perusahaan biasanya mengutus karyawan yang lebih senior untuk mendampingi pekerjaanmu. Namun akan sangat tidak wajar jika Kamu masih saja didampingi padahal sudah bekerja dalam waktu yang lama. 

Jika atasan atau senior masih terus mengarahkan pekerjaan apa yang harus dan tidak harus Kamu lakukan itu artinya mereka tidak percaya dengan hasil kerjamu. Coba ingat kembali kapan senior atau bosmu mengarahkan pekerjaanmu. 

Jika Kamu merasa bosmu sudah memberikan kelonggaran terhadap pekerjaan yang diberikan maka hal tersebut sudah tidak mengkhawatirkan lagi. Pasalnya, hal tersebut menjadi indikasi bahwa Kamu mendapatkan kepercayaan dari atasan dimana pekerjaan akan selesai dengan baik tanpa campur tangannya.

6. Ditugaskan untuk Mewakili Perusahaan

mewakili perusahaan

Tidak semua karyawan mendapatkan kepercayaan untuk mewakili perusahaan dalam suatu event atau acara. Biasanya hanya karyawan yang dianggap mampu saja yang akan ditugaskan pada acara-acara khusus tersebut. 

Perusahaan tidak ingin mengambil risiko dengan menugaskan karyawan biasa. Pasalnya, karyawan biasa belum tentu mampu memahami apa yang dibahas dalam sebuah pertemuan, apalagi jika pertemuan tersebut penting. Jika Kamu mendapat kepercayaan tersebut maka sudah pasti bawa Kamu dianggap mampu dan bisa diandalkan.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah, Buruan Lakukan ini Sebelum Melamar Kerja

Bekerjalah Semaksimal Mungkin Agar Mendapatkan Kepercayaan Atasan

Itulah 6 tanda bahwa Kamu sudah menjalankan pekerjaan dengan baik. Jika Kamu merasakan keenam tanda tersebut maka jangan khawatir lagi karena bosmu sudah percaya terhadap pekerjaanmu. Namun jika belum mengalami tanda di atas, jadikanlah hal tersebut motivasi untuk bekerja lebih baik lagi sehingga bisa merasakannya.

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengkritik Atasan di Kantor