6 Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Di zaman yang serba cepat dan mudah ini, kartu kredit memberikan kita kemudahan dalam berbelanja dan bertransaksi guna memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidup. 

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi hingga bertambahnya jumlah penduduk kelas menengah, hal ini menyebabkan kebutuhan masyarakat akan kartu kredit juga meningkat.

Kartu Kredit memberikan beragam kemudahan dalam hidup. Mengapa? Karena kartu ajaib ini dapat membuat kamu bisa berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet.

Tapi, tentu saja kamu juga perlu paham dan bijak dalam menggunakan kartu kredit. Sebab, dibalik semua kemudahan yang ditawarkan kartu kredit bisa membuat kamu lupa akan kondisi keuangananmu yang sebenarnya.

Kartu kredit bisa mempermudah hidup dan keuanganmu dengan catatan kamu bijak menggunakannya. Bukan sebaliknya, hindari menjadi serakah, lupa diri dan boros saat belanja dengan kartu kredit karena hal ini dapat berpotensi membuat kamu terlilit hutang, bangkrut dan jatuh miskin. 

Biar kamu makin paham bagaimana cara memaksimalkan penggunaan kartu kreditmu, simak cara cerdas pakai kartu kredit di tahun 2021 ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Miliki Kartu Kredit Sesuai Dengan Kebutuhan 

Kartu kredit sering mengadakan kerjasama dengan merchant, e-commerce, supermarket, restoran, hotel hingga tempat wisata. Berkat kerjasama itu, ada banyak diskon, harga promosi, potongan harga dan cicilan 0% yang bisa didapatkan ketika transaksi bayar pakai kartu kredit. 

Hal tersebut merupakan salah satu keuntungan atau manfaat baik yang bisa dinikmati langsung oleh penggunanya. Biar bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit, sebaiknya kamu memiliki kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu. 

Misalnya, jika kamu cenderung sering dan suka sekali kuliner, maka pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan promo kuliner. Sebaliknya, jika kamu menyukai hal-hal berbau fashion, pilihlah kartu kredit yang banyak memberikan promo belanja fashion.

Baca Juga: 12 Biaya Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui 

2. Maksimal Punya 2 Kartu Kredit

Meski kartu kredit memberikan banyak kemudahan dan bisa membuat kamu makin hemat saat berbelanja, disarankan sebaiknya kamu hanya cukup punya 2 kartu kredit saja.

Kenapa begitu? Hal ini semata-mata karena memiliki banyak kartu kredit bisa berpotensi membuat keuanganmu berantakan dan tidak sehat. Hal yang dikhawatirkan adalah kamu akan memiliki banyak hutang, dan apabila kamu tak sanggup melunasinya maka hal ini bisa menyebabkan skor Bank Indonesia (BI) Checking buruk.

BI Checking adalah Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit. Kini nama BI Checking atau SID (Sistem Informasi Debitur) sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK.

Baca Juga: Ciri Orang Yang Kecanduan Kartu Kredit, Apa Anda Salah Satunya?

3. Atur Limit Kartu Kredit

Idealnya, dengan dua kartu kredit saja, kamu seharusnya sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidup dan gaya hidup kamu selama kamu pandai mengaturnya.

Pahami, setiap kartu kredit memiliki limit kartu kredit yang dapat kamu tentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Cara cerdas agar tidak kebablasan dalam pemakaian kartu kredit adalah dengan mengatur salah satu kartu kredit dengan limit yang kecil dan kartu yang lain dengan limit yang lebih besar. Kamu bisa menggunakan kartu kredit dengan limit yang lebih besar untuk penggunaan yang sifatnya darurat atau sesuatu yang membutuhkan biaya besar. 

Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa mengatur pengeluaran dengan lebih baik dan lebih bijak. 

Baca Juga: BI Perpanjang Relaksasi Kartu Kredit, Begini Cara Ajukan Keringanan Bayar Tagihan

4. Tentukan Budget Pemakaian Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memiliki limit-nya masing-masing, selalu usahakan untuk menggunakan kartu kredit dibawah limit yang sudah ditentukan.

Misal, limit kartu kredit kamu adalah Rp5 juta, akan lebih baik dan aman jika kamu tidak memakainya hingga Rp5 juta atau bahkan lebih. Karena besarnya limit bukan menunjukkan bahwa kamu harus menggunakannya sampai batas maksimal.

Catat, jangan menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit yang ditentukan, sebab kamu akan dikenakan denda. Sadari kemampuan bayar dan keuangan, mulailah gunakanlah kartu kredit dengan bijak.

Untuk itu, buatlah bujet belanja dengan kartu kredit. Misalnya, bujet untuk belanja vitamin untuk meningkatkan imunitas, kamu bisa mulai buat daftarnya vitamin dan harganya. Ketika kamu punya bujet dan daftar belanja, hal ini akan membuat kamu lebih fokus belanja dan tidak tergoda untuk belanja hal lain yang tidak diperlukan. 

5. Pikir Panjang Sebelum Belanja

Belanja bisa dilakukan karena kebutuhan atau keinginan. Tidak semua keinginan kamu adalah hal yang kamu butuhkan dan sebaliknya.

Usahakan untuk berpikir panjang dulu sebelum belanja. Hal ini bisa membantumu agar tidak menjadi konsumtif dan boros. Sebab, tidak jarang kita membeli sesuatu hanya karena nafsu semata atau keinginan sementara yang sebenarnya tidak benar-benar kamu butuhkan atau inginkan.

Jadi, sebelum kamu menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat belanjamu saat belanja online maupun offline, sebaiknya pikirkan dulu baik-baik. Tanyakan dirimu sendiri apakah barang yang akan kamu beli tersebut bermanfaat, dibituhkan dan penting, atau sebaliknya. 

6. Pantau dan Gunakan Point Reward

Sadar atau tidak, setiap kali kamu belanja pakai kartu kredit, poin dalam kartu kredit kamu bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik.

Penukaran poin ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit, namun kamu harus teliti dan jeli dalam memantau serta menggunakan point reward kamu. Dengan adanya point reward, menggunakan kartu kredit jadi semakin menguntungkan dan menyenangkan.

Mulai Praktikkan, Bijak Gunakan Kartu Kredit

Itulah beberapa tips cerdas menggunakan kartu kredit. Mulai praktikkan segera supaya keuangan kamu lebih sehat dan makin untung saat belanja pakai kartu kredit. Bagi kamu yang belum punya kartu kredit, jangan khawatir, kamu bisa menemukan kartu kredit terbaik sesuai kebutuhanmu secara online dan sekaligus mengajukan langsung di marketplace produk keuangan cermati.com.  

Baca Juga: Cara Cek Bansos 2021 Terlengkap: PKH, Sembako, Subsidi Gaji hingga Token Listrik