6 Tips Mudah untuk Mendapatkan Passive Income

Passive income merupakan penghasilan yang bisa didapatkan oleh seseorang dari aktivitas ekonomi, di mana orang tersebut tidak perlu berperan secara aktif dalam kegiatan ekonomi itu sendiri. Artinya, penghasilan tersebut akan didapatkan tanpa perlu melakukan berbagai usaha berat sebagaimana ketika melakukan pekerjaan utama, seperti bekerja kantoran dan yang lainnya. Jika melihat definisi tersebut, jelas passive income merupakan hal yang menguntungkan dan bisa membuat keuangan menjadi lebih baik. 

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang berpikir untuk memiliki penghasilan yang seperti ini, bahkan meski mereka sudah memiliki cukup banyak uang. Tidak harus setelah kaya saja, pada dasarnya passive income ini bisa saja didapatkan dan diupayakan oleh siapa saja. Ada banyak cara untuk mendapatkan passive income, beberapa bahkan terbilang mudah dan cukup simpel. Pilih cara yang tepat dan bisa kamu lakukan dengan maksimal.

Baca Juga: Dijamin Sukses, Ini 8 Cara Cerdas Memulai Usaha Sendiri di Rumah

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan passive income di dalam keuangan: 

  1. Investasi

    loader

    Pendapatan Pasif dari Investasi

    Investasi merupakan sumber passive income yang paling umum dan banyak dijadikan sebagai pilihan. Investasi akan memberikan sejumlah penghasilan di dalam keuangan, meskipun aktivitas keuangan tersebut tidak harus selalu dikelola sepanjang waktu. Ada banyak instrumen investasi yang lazim dijadikan sebagai pilihan, seperti: emas batangan, valuta asing, properti, reksa dana, deposito, dan yang lainnya. 

    Penting untuk memilih instrumen investasi yang tepat dan kamu pahami dengan baik, sehingga bisa lebih mudah untuk dikelola. Hal ini juga akan memperkecil risiko yang harus ditanggung dari investasi tersebut. Idealnya, investasi dilakukan dalam beberapa instrumen yang berbeda (diversifikasi), agar risiko investasi tersebut tidak hanya dalam satu instrumen saja. Pelajari dan kelola investasi dengan tepat, agar bisa memberikan passive income yang besar. 

  2. Memiliki dan Mengelola Blog

    Ini biasanya banyak dijadikan sebagai passive income oleh mereka yang hobi menulis. Namun di dalam perkembangannya blog bukan hanya untuk sekedar tempat menyalurkan hobi saja, namun juga untuk menghasilkan uang. Tidak semua pemilik blog orang yang senang dan bisa menulis, sebab ada banyak penulis lepas yang bisa digunakan jasanya untuk membuat konten blog tersebut.

    Membuat blog dan mengelolanya dengan tepat merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan. Pilihlah topik yang tepat dan siapkan konten-konten yang berkualitas, agar blog bisa mendapatkan banyak pengunjung. Daftarkan blog ke Google Adsense, agar iklan bisa dipasang di sana. Penghasilan blog ini akan datang dari setiap klik yang dilakukan pengunjung pada iklan-iklan tersebut. 

  3. Membuat Konten YouTube

    YouTube juga bisa menjadi sumber passive income lainnya di dalam keuangan. Penghasilan dari platform ini bisa didapatkan dari Google Adsense. Untuk mendapatkan banyak subscriber, kamu harus membuat konten YouTube yang menarik dan berkualitas. Semakin banyak subscriber channel tersebut, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. 

    Selain itu, patuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh YouTube terkait konten dan hal lainnya. Tautkan juga akun Adsense yang valid ke channel yang YuoTube tersebut. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi dengan baik, maka tujuan mendapatkan penghasilan dari platform ini bukanlah sesuatu yang sulit untuk diwujudkan lagi. 

  4. Jadi Kontributor Situs Fotografi

    passive income yang satu ini akan mudah didapatkan oleh para pecinta fotografi dan memiliki koleksi foto menarik. Jual koleksi foto tersebut melalui situs khusus seperti Shutterstock dan juga iStockphoto. Setiap foto yang terjual akan memberikan sejumlah penghasilan. Bukan hanya sekali saja, foto-foto tersebut bahkan bisa dijual berulang kali pada situs yang sama. Jika digeluti dengan serius, aktivitas yang satu ini juga tentu bisa memberikan cukup banyak passive income

  5. Menyewakan Properti

    Jika memiliki properti, kamu juga bisa menjadikan aset tersebut sebagai passive income. Ini akan menjadi sumber penghasilan yang bisa diterima secara berkala, bulanan atau tahunan. Selain apartemen atau rumah, menyewakan kamar kost juga bisa menjadi pertimbangan. Semakin strategis lokasi properti yang disewakan, maka akan semakin tinggi juga harga sewa yang bisa didapatkan. Hal ini juga tantu berkaitan dengan beragam fasilitas yang ditawarkan di dalamnya. 

  6. Menjadi Dropshipper

    Menjalankan bisnis sebagai dropshipper juga bisa memberikan sejumlah passive income di dalam keuangan. Dropshipper biasanya hanya melakukan promosi dan penjualan sebuah produk, tanpa perlu membeli atau menyetok produk tersebut. Urusan pengemasan dan pengiriman akan menjadi tanggung jawab produsen maupun distributor produk itu sendiri. Hampir bisa dijalankan tanpa modal, bisnis dropshipper seperti ini juga bisa memberikan keuntungan yang terbilang cukup besar. 

Dapatkan Passive Income dengan Cara yang Tepat

Mencari passive income bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang ingin memperkuat kondisi keuangan. Tidak harus selalu dengan cara yang rumit, beberapa sumber passive income ini juga bisa dilakukan dengan cara mudah. Pilih sumber yang tepat dan lakukan dengan sebaik mungkin, agar passive income yang dihasilkan juga sesuai dengan harapan.

Baca Juga: 10 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Yuk Cobain!