7 Trik Lawan Lapar saat Puasa

Selain merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim di bulan suci Ramadan, puasa ternyata juga terbukti baik untuk kesehatan.

Bagi beberapa orang yang belum terbiasa mungkin akan merasa susah menahan rasa lapar saat berpuasa. Terutama jika orang tersebut terbiasa makan dan ngemil di jam-jam tertentu setiap harinya, namun kebiasaan tersebut harus diubah selama waktu berpuasa berlangsung.

Ketika berpuasa, jadwal makan yang biasanya rutin dilakukan dua sampai tiga kali sehari harus disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka. Memang terdengar cukup sukar, namun kamu harus bisa mengatasi lapar saat puasa supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Tidak hanya di situ saja tantangannya, beberapa tahun terakhir masyarakat di dunia juga harus dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Untuk itu, tidak hanya urusan menahan rasa lapar dan haus yang harus dipikirkan selama menjalankan ibadah puasa, tapi bagaimana caranya untuk tetap menjaga tubuh tetap fit dan sehat ketika harus berpuasa di tengah musim penyakit saat ini terutama untuk kamu yang harus tetap bekerja keluar rumah.

Nah, untuk mengatasi rasa lapar dan daya tahan tubuh ketika puasa, mari simak beberapa trik lawan rasa lapar saat puasa di tengah pandemi Covid-19 berikut ini.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadan

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Mempersiapkan Diri dengan Baik

loader

Mempersiapkan Diri

Kamu bisa mencoba mengurangi frekuensi makan. Selain itu, jadikanlah porsi makan yang tadinya kecil menjadi lebih banyak.

Jangan lupa untuk menahan diri untuk tidak mengemil karena hal ini bisa menjadikan kamu memiliki keinginan yang besar untuk ngemil saat menjalankan puasa dan tentu hal ini akan mengganggu ibadahmu. Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi, terutama sayur dan buah, agar bisa lebih lama dicerna di lambung yang tidak hanya sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga membuat kenyang lebih lama.

2. Manfaatkan Waktu Istirahat Makan Siang selama Bulan Puasa untuk Jadi Lebih Produktif

loader

Memanfaatkan Waktu

Nah, ketika menjalankan ibadah puasa tentu kamu tidak akan memiliki waktu untuk makan siang di waktu istirahat, usahakan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik dan keluar ruangan atau rumah. Dengan begini, gunakanlah waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan yang belum sempat diselesaikan di hari sebelumnya. Toh, dengan melakukan sebuah pekerjaan akan membuatmu lupa kalau perut sedang keroncongan.

3. Mencari Hobi yang Membuat Lupa dari Rasa Lapar

loader

Mencari dan Melakukan Hobi

Saat berpuasa, jika sedang libur atau memiliki waktu luang, cobalah untuk memaksimalkan hobi yang kamu sukai seperti menjahit, menari, berkebun, bermain alat musik, menggambar, melukis, dan sebagainya. Biasanya dengan melakukan sesuatu yang disukai bisa membuat kamu jauh lebih semangat untuk berpuasa. Jika lelah, istirahatlah beberapa saat agar kembali fresh.

Baca Juga: Tips Sehat Jasmani, Rohani, dan Investasi selama Ramadan

4. Lakukan Olahraga Ringan

loader

Olahraga

Jangan pernah berpikir ketika berpuasa untuk bermalas-malasan dan tidak bergerak. Gerakanlah tubuh dengan melakukan olahraga ringan. Cobalah berolahraga saat pagi atau sore ketika udara masih sejuk di sekitar rumah, jika bisa usahakan paling jauh hanya di halaman rumah saja dan lebih baik jika dilakukan di dalam rumah.

Olahraga ringan meningkatkan efek membakar lemak saat berpuasa. Dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat karena meningkatkan kesehatan jantung serta tubuh pada umumnya, dan biasanya tingkat lapar menjadi berkurang.

5. Meditasi

loader

Meditasi

Cobalah untuk melawan rasa lapar secara perlahan-lahan dan belajar untuk merasa santai dan tenang ketika berpuasa. Lakukan meditasi agar emosi semakin stabil, tenang, dan jauh dari risiko mudah lapar selama menjalankan ibadah puasa.

6. Anggap Puasa Layaknya Sebuah Metode Diet

loader

Anggap Seperti Metode Diet

Ketika sedang berpuasa, cobalah untuk berpikir bahwa kamu hanya sedang menunda waktu makan. Sama seperti ketika sedang diet, kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi suatu makanan yang mengandung gula. Lain halnya berpuasa, kamu dituntut untuk menahan lapar dan haus.

Nah, bersabarlah karena kamu bisa makan dengan puas ketika waktu berbuka tiba. Buatlah hal ini sebagai penghargaan selama berpuasa seharian. Ingat, jangan berlebihan ketika makan saat berbuka puasa karena hal ini tidak baik untuk tubuh.

7. Lakukan Latihan Pernapasan

loader

Latihan Pernapasan

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu mampu melakukan pernapasan dalam. Salah satunya, mengoptimalkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh yang sekaligus berguna untuk sel-sel tubuh.

Jika yang terjadi sebaliknya, sel-sel di dalam tubuh tidak akan bisa bekerja dengan optimal. Hal inilah yang kemudian akan menurunkan energi dan menyebabkan kelelahan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk kamu melatih pernapasan dalam.

Fokuskan Pikiran kepada Manfaat Puasa

Puasa merupakan media untuk mengobati dan menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. Puasa secara tidak langsung akan memiliki dampak pada otak, suasana hati, dan sikap terhadap makanan karena berhubungan dengan niat dan komitmen dalam menjalankan ibadah tersebut.

Oleh karena itu, ketika menjalankan ibadah puasa, semua kendali dari rasa lapar dan haus ada dalam diri sendiri. Kendalikanlah perasaan dengan energi-energi positif agar selalu bersemangat untuk beribadah puasa. Tidak hanya itu, puasa juga merupakan sarana yang tepat untuk mengontrol emosi dalam diri. Nah, tentu dengan fokus pada manfaat puasa tersebut, kamu akan lebih khusyuk dalam menjalankannya.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan