6 Trik Lawan Lapar saat Puasa

Puasa selain merupakan salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim di bulan suci Ramadan, ternyata juga terbukti baik untuk kesehatan. Salah satu tantangan tersulit ketika menjalankan ibadah puasa adalah menahan rasa lapar dan haus.

Bagi beberapa orang yang belum terbiasa mungkin akan merasa susah menahan rasa lapar saat berpuasa. Terutama jika orang tersebut terbiasa makan dan ngemil di jam-jam tertentu setiap harinya, namun harus diubah kebiasaan tersebut selama waktu berpuasa berlangsung.

Ketika berpuasa, jadwal makan yang biasanya rutin dilakukan dua sampai tiga kali sehari harus disesuaikan dengan waktu sahur dan berbuka. Memang terdengar cukup sukar, namun Anda harus bisa mengatasi lapar saat puasa supaya bisa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Namun tidak hanya disitu saja tantangannya, ditahun ini kita harus dihadapkan untuk menjalankan ibadah puasa ditengah pandemik covid-19. Jadi, kita harus bersiap-siap dengan adanya kemungkinan penurunan daya tahan tubuh yang mungkin terjadi karena perubahan pola dan waktu makan yang harus diproses oleh tubuh kita.

UntuK itu, tidak hanya urusan menahan rasa lapar dan haus juga yang harus dipikirkan selama menjalankan ibadah puasa tahun ini, tapi bagaimana caranya untuk tetap menjaga tubuh tetap fit dan sehat ketika harus berpuasa di tengah musim penyakit saat ini terutama untuk Anda yang harus tetap bekerja keluar rumah.

Nah, untuk mengatasi rasa lapar dan daya tahan tubuh ketika puasa, mari simak beberapa trik lawan rasa lapar saat puasa ditengah musim pandemi covid-19 berikut ini:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Mempersiapkan Diri dengan Baik

Mempersiapkan Diri Menyambut Puasa

Seperti kita ketahui bulan puasa sebentar lagi akan tiba, cobalah untuk mempersiapkan strategi jauh-jauh hari sebelumnya agar tubuh tidak kaget ketika berpuasa. Anda bisa mencoba mengurangi frekuensi makan yang tadinya lebih sering jadi berkurang. Selain itu, porsi makan yang tadinya kecil, jadikanlah porsi menjadi  lebih banyak.

Jangan lupa untuk menahan diri untuk tidak mengemil karena hal ini bisa menjadikan Anda memiliki keinginan yang besar untuk ngemil saat menjalankan puasa dan tentu hal ini akan mengganggu ibadah Anda. Untuk itu, pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi, terutama sayur dan buah, agar bisa lebih lama dicerna di lambung yang tidak hanya sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

2. Manfaatkan Waktu Istirahat Makan Siang selama Bulan Puasa untuk Jadi Lebih Produktif

Menjadi Lebih Produktif Selama Bulan Puasa

Nah, ketika menjalankan ibadah puasa tentu Anda tidak akan memiliki waktu untuk makan siang di waktu istirahat, usahakan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas fisik dan keluar ruangan atau rumah. Dengan begini, gunakanlah waktu tersebut untuk mengerjakan pekerjaan yang belum sempat diselesaikan di hari sebelumnya. Toh, dengan melakukan sebuah pekerjaan akan membuat Anda lupa kalau perut sedang keroncongan.

3. Mencari Hobi yang Membuat Lupa dari Rasa Lapar

Mencari Hobi untuk Menghabiskan Waktu

Saat berpuasa, jika sedang libur atau memiliki waktu luang, cobalah untuk memaksimalkan hobi yang Anda sukai seperti menjahit, menari, berkebun, bermain alat musik, menggambar, melukis dan sebagainya. Biasanya dengan melakukan sesuatu yang disukai bisa membuat Anda jauh lebih semangat untuk berpuasa. Jika lelah, istirahatlah beberapa saat agar kembali fresh.

4. Lakukan Olahraga Ringan

olahraga ringan

Jangan pernah berpikir ketika berpuasa untuk bermalas-malasan dan tidak bergerak. Gerakanlah tubuh dengan melakukan olahraga ringan. Cobalah berolahraga saat pagi atau sore ketika udara masih di sekitar rumah, jika bisa usahakan paling jauh hanya di halaman rumah saja dan lebih baik jika dilakukan di dalam rumah saja.

Olahraga ringan meningkatkan efek membakar lemak saat berpuasa. Dengan begitu tubuh menjadi lebih sehat karena meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh pada umumnya. dan juga biasanya tingkat lapar menjadi berkurang.

5. Meditasi

Meditasi

Cobalah untuk melawan rasa lapar secara perlahan-lahan dan belajar untuk merasa santai dan tenang ketika berpuasa. Lakukan meditasi agar emosi semakin stabil, tenang dan jauh dari risiko mudah lapar selama menjalankan ibadah puasa.

6. Anggap Puasa Layaknya sebuah Metode Diet

Mengganggap Puasa seperti Sedang Diet

Ketika Anda sedang berpuasa, cobalah untuk berpikir bahwa Anda hanya sedang menunda waktu makan. Sama seperti ketika sedang diet, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi suatu makanan yang mengandung gula. Lain halnya berpuasa, Anda dituntut untuk menahan lapar dan haus.

Nah, bersabarlah karena Anda tentu akan bisa makan ketika berbuka tiba dengan puas. Buatlah hal ini sebagai penghargaan selama berpuasa seharian. Ingat, jangan berlebihan ketika makan saat berbuka puasa karena hal ini tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga: Cara Cerdas Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa Ramadhan

Fokuskan Pikiran kepada Manfaat Puasa

Puasa merupakan media untuk mengobati dan menghilangkan racun-racun di dalam tubuh. Puasa secara tidak langsung akan memiliki dampak pada otak, suasana hati dan sikap terhadap makanan karena berhubungan dengan niat dan komitmen dalam menjalankan ibadah tersebut.

Oleh karena itu, ketika menjalankan ibadah puasa, semua kendali dari rasa lapar dan haus ada dalam diri sendiri. Kendalikanlah perasaan dengan energi-energi positif agar selalu bersemangat untuk beribadah puasa. Tidak hanya itu, puasa juga merupakan sarana yang tepat untuk mengontrol emosi dalam diri. Nah, tentu dengan fokus pada manfaat puasa tersebut, Anda akan lebih khusyuk dalam menjalankannya.

Baca Juga: Mau Mulai Usaha pada Bulan Ramadhan? 7 KTA Ini Jadi Sumber Dana Terbaik