7 Cara Mudah Hasilkan Cuan dari TikTok, Yuk Coba!

Belakangan menghasilkan cuan dari internet bukan lagi hal yang sulit dilakukan dan siapapun bisa melakukannya. Salah satunya melalui aplikasi video singkat asal China, TikTok. Tak hanya sekedar menyajikan video singkat yang menghibur, aplikasi ini pun menjanjikan peluang tak main-main bagi penggunanya.

Kamu bisa menghasilkan cuan dengan mudah dari aplikasi TikTok. Bukan sekedar kegiatan sampingan di waktu senggang, kamu bahkan bisa menjadikan TikTok sumber penghasilan yang tidak terduga. Ada beberapa cara untuk menghasilkan cuan dari TikTok, kamu bisa coba salah satunya.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Hasilkan Cuan dari TikTok

Sedikit berbeda dari layanan milik Google, YouTube melalui AdSense-nya, bayaran yang diperoleh dari aplikasi TikTok bukan dari apa yang di dipajang di akun penggunanya. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari aplikasi TikTok untuk semua pengguna, baik pemilik brand, akun pribadi hingga pemula. Semua bisa menghasilkan cuan tanpa henti dari TikTok, berikut ulasannya.

1. Bangun Akun TikTok agar Bisa Jadi Influencer

loader
Cara mudah hasilkan cuan dari TikTok

Hal pertama agar kamu bisa menghasilkan cuan dari TikTok adalah mulai membangun akun TikTok. Ketika akun ini sudah mulai memiliki followers dan menembus angka ribuan hingga jutaan. Maka menghasilkan cuan dari platform sosial media ini bukan hal yang sulit.

Pertama-tama kamu perlu membuat konten video singkat dan unggah di akun TikTok yang dimiliki. Pastikan agar video ini bisa masuk FYP atau for you page, dimana konten video akan mendapatkan lebih banyak respon dari pengguna TikTok lainnya. 

Karena FYP ini hampir mirip dengan fitur explore di Instagram, sehingga video singkat kamu bisa tampil dan mendapat respon lebih banyak. Hal ini tentu akan berimbas dengan meningkatnya jumlah views di video yang lainnya, sehingga engagement juga akan turut meningkat.

Agar video bisa menarik perhatian, jangan lupa untuk membuatnya dengan kualitas video yang baik, jangan lupa ikuti challenge atau tren yang sedang berlangsung. Selain itu, tambahkan musik latar yang easy listening atau enak didengar, pastikan juga gunakan hastag yang tepat agar memudahkan pencarian. Satu hal lagi yang terpenting, jangan batasi kreatifitas kamu dan selalu berkarya.

2. Postingan Sponsored Content

Memposting konten dari sponsor merupakan salah satu cara mudah mempromosikan sebuah brand jika kamu seorang influencer TikTok. Biasanya, sebuah brand atau agensi akan mempertimbangkan lebih dulu tingkat engagement yang dimiliki content creator TikTok tersebut. Misalnya dari jumlah like, followers, hingga jumlah tayangan pada video-videonya. 

Klien kemudian akan memberikan penilaian apakah followers dari content creator tersebut cocok atau tidak dengan target pasar dari suatu brand atau produk. Cara ini cocok bagi para content creator TikTok dengan jumlah followers cukup banyak, ribuan lebih. Sehingga pastikan untuk memperhatikan soal jumlah followers dari akun TikTok sebelum menyetujui tawaran untuk posting sponsored content.

3. Payout Coins atau Donasi

Ketika followers akun TikTok kamu sudah tinggi, maka ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan cuan dari TikTok dengan mudah. Satu diantaranya melalui donasi atau payout coins yang akan diberikan followers saat kamu sedang live streaming melalui aplikasi TikTok. 

Konsepnya, ketika sedang melakukan live streaming, para viewer bisa memberikan komentar dengan stiker gift. Nantinya sticker gift ini bisa ditukarkan di TikTok dengan uang. Sticker gift ini dikirimkan para viewer sebagai sebuah bentuk apresiasi atas usaha yang dilakukan content creator untuk menghasilkan konten menarik di TikTok. 

Bagaimana bisa sticker gift tersebut bisa diuangkan? Ini karena untuk mendapatkan sticker tersebut, para viewer tersebut juga harus mengeluarkan uang untuk membelinya terlebih dahulu. Sehingga agar bisa mendapatkan timbal balik yang sesuai dan juga komitmen dari viewer, usahakan untuk menciptakan konten video TikTok yang memberikan value dan bermanfaat.

4. TikTok Manager

loader
Cara mudah hasilkan cuan dari tiktok

Cara berikutnya untuk menghasilkan uang dari aplikasi TikTok dengan mudah adalah dengan menjalankan profesi sebagai seorang TikTok Manager. Profesi bukan hal yang sulit, namun memang perlu seseorang yang punya visi dan tantangan untuk bisa berkembang. Kamu hanya perlu mengelola sebuah akun TikTok punya orang lain dan mengembangkannya agar lebih luas jangkauannya.

Tak hanya seorang content creator ataupun influencer, tapi juga menyasar brand hingga perusahaan yang getol melakukan promosi bisnisnya melalui platform TikTok. Jasa untuk mengelola akun TikTok ini sangat cocok buat kamu yang memang pahami dengan dunia marketing. Secara umum, TikTok manager punya beberapa tugas yang harus dilakukan, berikut diantaranya:

  • Meningkatkan engagement dari akun TikTok milik klien
  • Mengatur dan menerapkan strategi content marketing dengan maksimal 
  • Menciptakan sekaligus mengembangkan ide yang kreatif untuk konten di TikTok
  • Mengatur sekaligus mengelola berbagai tawaran untuk kerja sama yang masuk ke klien, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bisnis Makin Cuan, Begini Cara Daftar TikTok Shop dan IG Shopping

5. Agensi Influencer

Selanjutnya, cara mudah menghasilkan cuan dari TikTok yakni dengan menjadi agensi influencer. Langkah ini membantu perusahaan atau brand yang ingin melakukan promosi agar bisa bertemu dengan influencer TikTok yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi, agensi influencer ini adalah sebagai perantara dari kedua pihak yang saling membutuhkan tersebut.

Agensi influencer ini cocok dijadikan lahan untuk menghasilkan cuan, terutama mereka yang punya skill di ranah content marketing serta video marketing. Tak hanya sebagai perantara, agensi influencer ini juga mengelola kerjasama yang terjadi antara influencer dan juga brand.

Jika punya ketertarikan dalam membangun agensi Influencer, maka kamu bisa mengambil peluang ini. Pertama, jangan dulu mematok harga tinggi, berikan harga terjangkau dibandingkan penawaran TikTok di Creator Marketplace

Dengan tingginya traffic penggunaan aplikasi berbagi video singkat ini di Indonesia, peluang sebagai seorang agensi influencer masih sangat terbuka lebar. Pastinya menghasilkan uang dari aplikasi ini menjadi hal yang cukup mudah jika ditekuni dengan serius dan profesional.

6. TikTok Marketing

Cara ini dilakukan oleh para pemilik brand yang ingin menarik lebih banyak lagi konsumen di bisnisnya. TikTok Ads menjadi cara berpromosi paling efektif agar bisa mendapatkan cuan dari platform satu ini.

Tak jauh berbeda dengan tetangganya, Instagram Ads atau Facebook Ads, TikTok juga memiliki algoritma tersendiri yang mampu membantu iklan brand bisa dilihat oleh target. Ini karena aplikasi TikTok mampu merekam seluruh data histori tontonan penggunanya, sehingga sajian iklan yang ditampilkan jauh lebih personal. 

Selain itu, algoritma TikTok pun secara rutin melakukan kegiatan remarketing selain juga targeting pada audiens. Sehingga, iklan akan disuguhkan kembali pada audiens yang sudah berinteraksi dengan tampilan iklan sebelumnya. Hal ini akan membantu audiens untuk mengenal lebih dalam soal brand, lalu tertarik untuk membeli produk dari brand tersebut.

Baca Juga: Bisnis Jadi Viral, Kenali Fitur dan Cara Buat Akun TikTok for Business

7. Memperjual-belikan Akun TikTok

Langkah ini juga bisa membantu menghasilkan cuan dengan mudah dari TikTok. Tapi sebelumnya, harus sudah punya akun TikTok dengan engagement tinggi dan jumlah followers yang banyak.

Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement pada suatu akun TikTok adalah dengan,

  • Buat akun dan fokuskan minat dengan topik tertentu
  • Tingkatkan jumlah followers, like, tayangan video, dan tingkat juga engagement di akun TikTok.
  • Bangun komunitas dengan mengumpulkan peminat untuk topik yang sama
  • Setelah akun TikTok yang dikembangkan sudah mulai berkembang besar, lalu jual akun tersebut ke brand maupun perusahaan yang membutuhkannya, terutama dengan minat yang sama.

Mengapa cara ini bisa berhasil? Ini dikarenakan target promosi yang perusahaan atau brand perlukan hanya menyasar pada mereka yang punya minat yang tak jauh berbeda dengan niche bisnis mereka. 

Cara jual-beli akun TikTok ini lazim dikerjakan karena brand atau perusahaan yang bisa mengelola akunnya dari nol masih sangat sedikit. Sebagai tambahan, agar tampak lebih profesional, kamu bisa mengubah tampilan display akun TikTok yang dijual melalui website khusus.

Bersungguh-sungguh dan Pantang Menyerah 

Masing-masing platform sosial media sebenarnya bisa menghasilkan cuan jika memang ditekuni dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah. Tak terkecuali dengan aplikasi berbagi video pendek TikTok ini. Beberapa tips diatas bisa kamu gunakan untuk menghasilkan cuan dari TikTok, agar bisa lebih berkembang jadilah seorang yang fleksibel dan mampu menerima perubahan di era digital seperti saat ini. Good luck!

Baca Juga: TikTok bikin Candu? Lakukan 7 Hal Ini Bisa Kurangi Ketagian Main TikTok