7 Film Ini Punya Nilai-Nilai Kehidupan yang Tinggi, Cocok untuk Anak Muda!

Kisah-kisah yang pernah kita dengar atau baca mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan. Menariknya, kisah tersebut tak lagi hanya sebatas tulisan dalam buku, karena beberapa dari kisah itu sudah ada yang dijadikan film. 

Tentunya, film seperti ini sangat cocok dijadikan tontonan, terutama bagi generasi milenial seperti kita. Sebab, ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari setiap film yang tayang. Dari sekian banyak film, berikut 7 film yang sejatinya akan mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan bagi kita.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Life is Beautiful (1997)

Life is Beautiful
Life is Beautiful via netflix.com

Film yang dirilis tahun 1997 ini menceritakan tentang kehidupan seorang ayah dan keluarganya saat menghadapi perang dunia ke-2 yang amat menakutkan. Demi melindungi sang anak (Giosue), ayahnya (Guido) terpaksa harus berbohong tentang situasi dan kondisi yang terjadi kala itu.

Guido berkata kalau mereka harus menyelesaikan misi dalam suatu permainan. Jika menang, mereka akan menerima sebuah tank sebagai hadiahnya.

Usaha sang ayah dalam melindungi anaknya justru mengantarkannya pada kematian. Guido ditangkap dan ditembak oleh tentara Nazi, sementara Giosue selamat. Dari sini kita dapat belajar kalau pengorbanan orang tua itu sangat besar. Bahkan mereka rela mengorbankan nyawanya demi keselamatan dan kebahagiaan anaknya. 

2. The Imitation Game (2014)

The Imitation Game
The Imitation Game via kanopy.com

Masih berkisah tentang perang dunia, tapi kali ini bercerita tentang Alan Turing, si pemecah kode enigma yang berhasil menyelamatkan Inggris dari tentara Nazi. Saat masih sekolah, Alan selalu diremehkan dan diusilin oleh teman-temannya karena dirinya dianggap aneh. Namun, bully yang diterimanya tak menjadikannya lemah, namun membentuknya sebagai sosok yang lebih tegar. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, Alan berhasil menciptakan mesin pemecah kode enigma yang sangat handal. Berkat temuan ini, nama Alan Turing masih tetap harum sampai sekarang.

Baca Juga: Jangan Terlewatkan! Daftar Film Terbaru yang Akan Tayang Sepanjang Tahun 2020 

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar (2014)

Merry Riana

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar via pinterest

Perjalanan sukses Merry Riana berawal dari gejolak politik yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998 silam. Akibat peristiwa ini, Merry harus berpisah dengan keluarga dan mengungsi ke negara tetangga, yaitu Singapura untuk melanjutkan hidup. Berbagai masalah kerap kali menimpa dirinya kala itu, namun dirinya tak lantas menyerah dengan keadaan. Berkat semangat dan ketekunannya, dia berhasil memperoleh uang senilai 1 juta Dollar pada usia 26 tahun, yang sekaligus menjadikannya sebagai jutawan muda. 

Benar, kesuksesan tidak diraih secara instan. Jadi, jangan mudah menyerah sekalipun kita dihadapkan pada kegagalan. Selagi kita mau berusaha dan bekerja keras, kesuksesan pun akan datang secara perlahan.

4. The Billionaire (2011)

The Billionaire
The Billionaire via cypsis

Menjadi miliarder di usia tentu menyenangkan, bukan? Sayangnya, perjalanan yang dilalui oleh Aithipat dalam film ini sama sekali tidak mudah. Aithipat kerap kali dipandang sebelah mata oleh orang-orang di kelilingnya, bahkan dia juga hampir disingkirkan. Untungnya, dia tidak terlalu memperdulikan hal ini dan tetap fokus pada mimpinya, yaitu menjadi pengusaha hebat.

Perjuangan yang dilakukan Aithipat ternyata membuahkan hasil. Dirinya berhasil menjadi pengusaha sukses di usia yang ke-26 tahun. Kegigihan, semangat, dan sikap pantang menyerah yang dimiliki Aithipat ini lah yang patut kita tiru. Apalagi di era modern sekarang yang menuntut kita untuk lebih kuat menghadapi persaingan.

5. Mengejar Matahari (2004)

Mengejar Matahari
Mengejar Matahari via bukalapak.com

Kisah pesahabatan yang dijalin empat orang anak kecil dikemas menarik dalam film yang disutradarai oleh Rudy Sujarwo, Mengejar Matahari. Keempat anak ini memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Namun, perbedaan ini lah yang justru menyatukan bahkan menguatkan rasa kekeluargaan di antara mereka. 

Di sisi lain, film ini juga mengajarkan cara agar kita lebih mensyukuri hidup, meskipun pada kenyataannya banyak kejadian yang terjadi di luar ekspektasi. Karena dengan bersyukur, hidup kita akan terasa cukup dan tidak kekurangan.

Baca Juga:  Mencapai Triliunan Rupiah, Ini Dia Deretan Film dengan Biaya Produksi Termahal di Dunia 

6. The Pursuit of Happyness (2006)

 The Pursuit of Happyness  
The Pursuit of Happyness via the cinema room

Profesi sebagai seorang pengusaha tak lantas membuat hidup Chris Gardner mudah. Dirinya kerap kali harus berpindah-pindah tempat tinggal karena tidak punya rumah. Disisi lain, dia juga harus berjuang keras demi memenuhi kebutuhan dirinya dan anak laki-lakinya agar dapat bertahan hidup.

Apa yang terjadi dalam kehidupan Chris pun sangat jauh dari yang diharapkan. Kondisi ini hampir membuatnya putus asa, sebelum akhirnya dia bertemu dengan seseorang yang bekerja sebagai pialang saham.

Dari film ini, kita dapat belajar kalau mencapai suatu mimpi itu tidaklah mudah. Banyak tantangan yang harus dilewati, namun dengan berjuang dan bersungguh-sungguh, mimpi akan terwujud secara perlahan. Apalagi bila kita bertekad dan tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

7. Keluarga Cemara (2018)

Keluarga Cemara
Keluarga Cemara via iflix.com

Film yang bercerita tentang kehidupan dalam suatu keluarga ini berhasil menyihir penonton dengan alur ceritanya yang sederhana, tapi apik. Keluarga ini kerap kali ditimpa berbagai masalah, tetapi mereka tak pernah berhenti memberi dukungan kepada setiap anggota keluarga lain. Dengan keyakinan penuh, keluarga ini percaya kalau mereka bisa mengatasi masalah apapun dalam hidupnya.

Selama kita hidup, masalah memang akan datang secara silih berganti. Tapi, kehadiran keluarga setidaknya memberi kekuatan bagi kita agar terus melangkah. Uang memang penting, tapi keluarga jauh lebih penting karena di dalamnya kita bisa mendapatkan kebahagiaan sejati. 

Lebih Selektif dalam Memilih Film yang Ditonton

Banyak film yang memiliki sisi moral yang bagus untuk dijadikan pembelajaran dalam hidup. Kuncinya ada pada kita, dimana kita harus lebih selektif dalam memilih film, sehingga pesan-pesan yang ada di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik.

Baca Juga:  Yuk, Belajar Cintai Diri Sendiri dengan Nonton 4 Film ini!