7 Ide Bisnis Jasa Selama PPKM Ini Jadi Peluang Cuan, Coba Yuk!

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali mengubah berbagai rutinitas sehari-hari. Aktivitas di luar rumah semakin terbatas, sehingga kebanyakan orang akan memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. 

Namun, waktu luang ini bisa kamu jadikan untuk mendapatkan pundi-pundi atau penghasilan tambahan jika kamu sudah memiliki pekerjaan tetap. 

Selain berjualan produk online, membangun bisnis layanan jasa yang menjanjikan menjadi peluang bisnis yang tepat. Tak perlu khawatir, meski baru akan jadi pebisnis pemula tapi  dijalani dengan tekun, maka bisnis rintisan seperti ini juga akan menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. 

Pilih dan segera rencanakan bisnis jasa sekarang juga. Masih bingung, berikut ini ada beberapa layanan jasa yang bisa dijadikan pertimbangan bisnis di masa PPKM. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jasa home cleaning 

loader
Jasa home service

Tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih rumah, apalagi mereka yang memiliki rutinitas tinggi setiap harinya. Sementara di lain sisi, kebersihan rumah justru menjadi sangat penting selama masa pandemi ini. 

Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis, kamu bisa menyediakan layanan jasa home cleaning. Layanan jasa yang satu ini bisa dijalankan dengan mudah, tanpa perlu membuka kantor atau menyewa tempat khusus. 

Kamu cukup merekrut beberapa pekerja dan mengelola bisnis ini dari rumah. Saat ada pelanggan yang membutuhkan layanan home cleaning, maka kamu tinggal mengirimkan pekerjamu saja untuk menyelesaikannya. 

Baca Juga: Cara Menghemat Biaya Bisnis UMKM di Masa Pandemi

2. Layanan swab test

Layanan yang satu ini juga sangat banyak dibutuhkan selama masa pandemi, terutama di masa PPKM, saat aktifitas di luar rumah sangat dibatasi. Kebanyakan orang takut untuk keluar rumah dan menginginkan berbagai layanan kesehatan langsung di kediaman mereka. 

Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menyediakan layanan jasa swab langsung di rumah. Saat menjalankan bisnis ini, tidak perlu khawatir dengan biaya transport, sebab biasanya biaya ini akan ditanggung oleh pelanggan. 

Setiap hari akan ada banyak orang yang membutuhkan layanan swab seperti ini, sehingga bisnis tidak akan pernah sepi. Namun, pastikan kamu bekerjasama dengan orang-orang yang kompeten dan tentunya berasal dari dunia medis, sebab layanan kesehatan yang satu ini memang membutuhkan keahlian tersebut.

3. Laundry pakaian dan sepatu

Meski tidak termasuk bisnis yang baru, layanan laundry pakaian dan juga sepatu ini tetap masih memiliki peluang bisnis yang mendatangkan cuan. Bisnis yang satu ini bahkan begitu banyak dijalankan secara online, terutama untuk layanan laundry sepatu. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Pilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis, di mana kamu bisa mendapatkan banyak pelanggan dengan mudah. Biasanya kawasan kampus maupun perkantoran akan menjadi lokasi yang tepat. Lengkapi bisnis dengan peralatan yang baik dan memadai, agar hasil cuci memang selalu baik dan memuaskan para pelanggan. 

4. Jadi tutor online

loader
Jadi tutur online

Selama masa pandemi, banyak anak sekolah dan anak muda yang menghabiskan waktu di rumah saja. Hal ini membuat mereka mencari berbagai kegiatan baru, baik itu yang berkaitan dengan studi mereka maupun untuk sekedar mengasah kemampuan mereka di bidang tertentu. Kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang tepat untukmu. 

Kamu bisa memulai bisnis dengan menyediakan jasa tutor online dan mengajarkan berbagai materi yang menarik. Pilih materi yang tepat dan kamu kuasai dengan baik, sehingga bisa mengajarkannya dengan nyaman dan tepat. Untuk layanan seperti ini, kamu bisa mendapatkan uang yang lumayan besar, apalagi jika kelas selalu ramai dan banyak pesertanya. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang di Internet yang Lagi Hits Buat Kerja Sampingan

5. Layanan beauty care

Di masa pandemi ini, mengunjungi salon menjadi hal yang tidak begitu nyaman untuk dilakukan. Sebagian kaum hawa justru menginginkan layanan kecantikan langsung di rumah mereka dan hal ini bisa menjadi peluang bisnis. Kamu bisa menyediakan layanan beauty care yang praktis dan bisa dipanggil ke rumah.

Sediakan paket-paket perawatan yang tepat dan menggunakan produk yang berkualitas baik, sehingga pelanggan puas dan nyaman untuk menikmati perawatan mereka. Dengan begitu, pelanggan akan loyal dan kembali memesan layanan ini di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk melakukan kegiatan promosi, kamu bisa mengandalkan media sosial untuk urusan yang satu ini. 

6. Event Organizer (EO) atau Wedding Organizer (WO)

Menggelar pesta secara langsung memang tidak mungkin dilakukan di masa PPKM ini, apalagi untuk pesta berskala besar. Namun jangan salah, banyak orang yang menginginkan layanan seperti ini secara virtual. 

Kamu hanya perlu memiliki tim kerja yang bisa mengatur segala sesuatunya terkait acara yang akan digelar, termasuk untuk merekam momen tersebut. 

EO atau WO belakangan ini banyak menyediakan layanan virtual, yakni dengan mendokumentasikan berbagai momen penting para klien. Hal ini bertujuan agar para kerabat maupun teman-teman dari yang punya hajat bisa melihat acara penting tersebut. 

7. Bisnis endorse

loader
Bisnis endorse

Kamu termasuk orang yang aktif di media sosial dan memiliki banyak pengikut? Membuka bisnis atau menerima endorse untuk berbagai produk atau layanan jasa klien, sehingga lebih banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. 

Meski terlihat sederhana, bisnis endorse ini bisa saja memberikan kamu banyak keuntungan di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Rencanakan dan Mulai bisnismu sekarang juga

Memiliki banyak waktu luang di rumah selama masa PPKM, tidak ada salahnya untuk segera memulai bisnis. Ada banyak bisnis di bidang jasa yang menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai pilihan. Kamu hanya tinggal percaya diri, rencanakan dan mulai bisnis. Tingkatkan keahlian bisnis jasamu agar mendapatkan penghasilan tambahan yang besar di masa PPKM ini.

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona