7 Peluang Bisnis yang Paling Cocok untuk Single Mother

Menjadi single mother tentunya tidak mudah. Selain, harus membesarkan anak seorang diri, para ibu tunggal harus bisa memerankan sosok ayah, yaitu dalam mencari nafkah.

Dalam mencari nafkah, seorang single mother tidak harus bekerja di perusahaan. Akan tetapi, menjalankan bisnis rumahan tentunya bisa menjadi solusi yang tepat. Dengan begitu, seorang ibu bisa sekaligus mengurus anak di rumah.

Berikut beberapa bisnis yang cocok dijalankan untuk single mother.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jual makanan bayi dan anak-anak

makanan anak

Biskuit atau roti merupakan dua makanan yang disukai bayi dan anak-anak. Jika Anda mahir membuat keduanya, apa salahnya buka bisnis makanan bayi dan anak di rumah. Dengan skill memasak yang dimiliki, bisnis pasti berjalan dengan lancar.

Tugas selanjutnya adalah menentukan variasi biskuit dan roti yang hendak dimasak. Mulai dari varian rasa dan bentuk, pokoknya bagaimana agar bayi maupun anak-anak suka memakannya.

Selain dijual, bisa buat stok untuk anak sendiri juga. Jadi, Anda tidak perlu beli biskuit atau kue di luar lagi karena buatan sendiri tidak kalah lezat. 

2. Tempat penitipan anak

Jika Anda menyukai anak-anak, maka usaha penitipan anak ini pasti cocok. Pastinya menyenangkan kalau bisa mengurus anak sendiri sambil mengurus anak orang lain. Tugas-tugasnya juga sama, cuma yang menjadi tantangan adalah karakter masing-masing anak yang berbeda.

Meski demikian, menjalankan bisnis ini sama sekali tidak susah. Modalnya juga sangat minim karena yang dibutuhkan hanya tenaga dan kesabaran saja.

Jika bisnis ini berjalan lancar, maka keuntungan yang diperoleh cukup besar setiap bulannya. Cuma Anda memang harus telaten mengurus anak agar orang tua mereka pasrah menitipkan anaknya.

3. Membuka tempat les

les
Membuka tempat les

Masih berhubungan dengan anak-anak, tapi dengan jenis usaha yang berbeda yaitu tempat les. Usaha ini cocok untuk Anda yang hobi mengajar, sabar, dan pernah menjadi murid berprestasi sewaktu sekolah dulu.

Untuk menjadi tenaga pengajar yang baik, Anda wajib menguasai materi pelajaran tertentu agar ilmunya bisa disalurkan dengan baik kepada anak-anak. 

Target siswanya tidak perlu yang tempat tinggalnya jauh dari rumah. Anak-anak tetangga atau teman-temanmu juga sudah cukup. Jangan lupa gunakan metode promosi dari mulut ke mulut karena teknik ini jauh lebih efektif dan efisien.

4. Bisnis online

Mau menjalankan bisnis yang mudah, modal kecil, tapi keuntungannya besar? Anda bisa coba buka bisnis online. Ada banyak produk yang bisa dijual secara online, seperti pakaian, alat-alat tulis, peralatan rumah tangga, kosmetik, hingga frozen food.

Berbisnis online memiliki fleksibilitas yang tinggi karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hanya saja, handphone harus sering standby untuk melihat orderan yang masuk.

Mengingat persaingan bisnis online sangat tinggi, ada baiknya kalau produk yang dijual unik, dibutuhkan, dan harganya terjangkau. Gunakanlah bantuan sosial media untuk promosi, sehingga orang-orang tahu tentang produk yang Anda jual.

Baca Juga: 5 Bisnis Online yang Paling Laku

5. Bisnis party planner

party planner
Bisnis party planner

Pernah dengar istilah party planner, ‘kan? Seperti namanya, disini Anda bekerja sebagai penentu konsep dari suatu pesta atau acara. Mulai dari dekorasi, tata letak, dan apa-apa saja yang perlu dipajang untuk memperindah suatu ruangan.

Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang punya seni dan kreativitas tinggi. Sebab, menyulap suatu ruangan agar lebih enak dilihat itu cukup sulit. Belum lagi kalau pestanya punya tema tertentu.

Sebaiknya gunakan sosial media atau blog untuk mencari ide-ide dekorasi yang menarik. Lalu, sesuaikan dengan acara yang hendak digelar. 

6. Bisnis warung sarapan 

Bagi yang ingin mengembangkan hobi memasak, membuka bisnis warung sarapan pasti sangat cocok. Disini Anda bisa memasak berbagai makanan untuk sarapan. Mulai dari bubur, lontong, mie, nasi uduk, lengkap dengan lauknya.

Modalnya juga tidak terlalu besar. Rp 1,5 juta saja sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Uang tersebut sudah termasuk membeli steling kaca dan bahan makanan untuk dijual nanti.

Tapi, Anda harus benar-benar pintar membagi waktu karena harus mengurus anak juga. Disarankan belanja sehari sebelumnya, yaitu di sore hari jadi keesokan harinya bisa langsung memasak.

Baca Juga: Jadi Single Parent, Yuni Shara Bisa Hidup Mewah dari Bisnis Batu Bara hingga Jualan Panci

7. Pembuat konten

konten
Pembuat konten

Bagaimana perasaanmu jika konten yang dibuat berhasil diterbitkan dan dibayar? Pasti sangat senang, itulah yang dirasakan jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang content creator atau pembuat konten. 

Konten yang dibuat tidak hanya berbentuk tulisan, tapi juga video, animasi, dan grafik sesuai dengan skill yang Anda miliki. 

Selain membuat konten untuk orang lain, Anda juga bisa membuat konten pribadi untuk menambah pemasukan. Misalnya, video yang bisa dipublikasikan di platform Youtube. Penghasilan dihitung dari jumlah penonton yang menonton video dan iklan. 

Jadilah Single Mother yang Sukses Berbisnis

Berbisnis adalah peluang kerja terbaik untuk single mother yang ada di luar sana. Dengan kegigihan, disiplin, usaha, dan pengorbanan, Anda bisa menjadi single mother yang sukses dan bisa dibanggakan oleh anak-anak.

Baca Juga: Beda dengan Pria, Ini Kelebihan Wanita dalam Berbisnis