7 Pilihan Peluang Bisnis Menguntungkan untuk Orangtua di Usia Senja

Usia yang tak lagi muda menjadi salah satu alasan utama untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah lama digeluti. Masa pensiun seperti ini pada umumnya sudah dimulai saat orangtua memasuki usia 50 tahunan. Namun meski begitu, diam di rumah tanpa bekerja kerap menjadi hal yang membosankan dan membuat hari-hari terasa kurang seru. 

Selain itu, berbagai kebutuhan hidup juga sering menjadi alasan untuk tetap mendapatkan penghasilan di usia senja. Dalam kondisi yang seperti ini, menjalankan bisnis tentu bisa menjadi pertimbangan yang paling tepat.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai membangun bisnis, bahkan setelah usia terbilang senja sekalipun. Pemilihan bisnis yang tepat  sesuai dengan kemampuan dan juga minat akan membuat orangtua bisa merasa lebih nyaman dan tentunya mendapatkan keuntungan yang lumayan. 

Bagi Anda yang saat ini sudah pensiun dan ingin mencoba bisnis, berikut beberapa pilihan bisnis menguntungkan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Membuka warung makan

warung makan

Warung makan bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat, terutama untuk orangtua yang selama ini hobi memasak. Membuka warung makan di halaman rumah atau bahkan di tempat khusus yang lebih strategis bisa menjadi pertimbangan. 

Jika masakan yang dijual lezat dan unik, maka pelanggan tentu akan lebih mudah datang. Pilih menu-menu yang enak dan disukai banyak orang, agar warung makan selalu ramai sepanjang waktu. 

Bila rencana membuka warung makan ini dalam skala yang cukup besar, maka jangan ragu untuk mempekerjakan orang tenaga tambahan juga bisa menjadi pertimbangan. 

2. Bisnis roti dan kue

Menjalankan bisnis roti dan kue dapat menjadi pilihan bisnis di usia senja. Ini akan menyenangkan, apalagi jika selama ini sudah terbiasa membuat beraneka macam kue. Membuat kue seperti ini akan terasa menyenangkan bagi orangtua, sebab mereka bisa bereksperimen dengan leluasa pada berbagai macam kue yang dibuatnya. 

Pemasaran bisnis ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari membuka toko kue, menerima pesanan di rumah saja, atau bahkan menitip jual kepada warung dan kantin-kantin. 

Baca Juga: Peluang dan Tips Sukses Bisnis Kue Kekinian Ala Artis

3. Toko kelontong

Jika rumah berada di kawasan yang strategis dengan banyak penduduk kalangan menengah ke bawah, membuka toko kelontong juga bisa menjadi pertimbangan. Namun jika dianggap kurang tepat, toko kelontong seperti ini juga bisa dibuka di tempat yang berbeda dari rumah tinggal. 

Toko kelontong pada umumnya akan mudah mendapatkan pelanggan, apalagi jika sudah menyediakan berbagai macam barang kebutuhan. Fokuslah pada berbagai produk kebutuhan sehari-hari dan banyak dicari, agar toko kelontong ini selalu ramai pengunjung.

4. Bisnis kost-kostan

kos kosan
Kos-kosan via riaulink.com

Jika punya kamar kosong atau bahkan properti lain yang menganggur, membuka tempat kost di usia senja bisa menjadi pilihan yang tepat. Bisnis yang satu ini terbilang praktis dan bisa dijalankan dengan lebih santai. 

Jika tidak ingin mengawasi sendiri bisnis tersebut, orangtua juga bisa mempekerjakan orang lain yang tinggal dan melakukan pengawasan selama 24 jam penuh. Selain mendapatkan penghasilan bulanan dari bisnis ini, orangtua juga bisa mendapatkan nilai investasi yang meningkat dari properti tersebut di masa yang akan datang. 

5. Bisnis kerajinan tangan

Senang membuat berbagai kerajinan tangan juga bisa menjadi lahan bisnis yang baru di masa tua. Kreatifitas yang tinggi bisa menghasilkan banyak produk yang unik dan berkualitas baik. 

Orangtua bisa membuat berbagai barang, seperti: gelang, hiasan dinding, souvenir pernikahan, dan yang lainnya. Aktifitas ini akan membuat masa pensiun menjadi lebih tenang dan sekaligus menghasilkan. 

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

6. Membuka tempat les 

ngajar
Membuka tempat les

Jika memiliki kemampuan mengajar yang cukup baik, membuka tempat les bagi anak-anak bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk orangtua yang dulunya aktif sebagai tenaga pengajar, membuka tempat les untuk mata pelajaran tertentu bisa menjadi pilihan.

 Namun bukan hanya berkaitan dengan berbagai pelajaran sekolah saja, tempat les ini bisa saja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki orangtua, seperti les gitar dan yang lainnya. 

7. Menjadi penulis

Bagi orangtua yang hobi menulis, menekuni pekerjaan di bidang tersebut juga bisa menjadi pilihan. Kesempatan untuk menghasilkan uang dari menulis ini sangat banyak, mulai dari menjadi freelancer hingga menulis buku dan menerbitkannya secara profesional. Jenis tulisan yang dipilih juga sangat beragam, sehingga akan membuat orangtua lebih nyaman untuk menjalankan usaha yang satu ini.

Tetap Asah Kemampuan Berbisnis

Meskipun sudah di usia senja, namun yang namanya berbisnis perlu adanya kemampuan atau ilmu baru. Dengan begitu, bisnis bisa berkembang lebih maju dan tentunya mendapat keuntungan yang semakin besar. Anda bisa mengasah kemampuan berbisnis atau ilmu bisnis Anda dengan berdiskusi bersama kerabat yang juga terjun didunia bisnis atau melalui internet.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal