7 Strategi Praktis Digital Marketing Bagi Pebisnis Pemula

Digital marketing sudah menjadi bagian dari bisnis, baik bisnis skala kecil maupun yang sudah besar. Digital marketing bisa membantu para pebisnis mudah mengembangkan bisnis dengan lebih cepat, sebab metode ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas. 

Bukan hanya itu saja, dalam penerapan digital marketing, pebisnis juga bisa memilih pasar yang tepat dan benar-benar bisa mengkonversi penawaran menjadi pembelian. Jika melihat semua keuntungan ini, menguasai digital marketing tentu menjadi hal wajib bagi setiap pebisnis

Tidak harus selalu menggunakan layanan jasa digital marketing profesional, setiap pebisnis juga bisa mempelajari digital marketing ini dan menerapkannya secara mandiri di dalam bisnis. 

Agar lebih mudah menerapkannya, berikut ini ada beberapa strategi digital marketing yang cocok untuk pebisnis pemula terapkan yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Search Engine Optimization (SEO)

seo
SEO

SEO menjadi salah satu teknik yang paling banyak diminati di dalam digital marketing. SEO bertujuan untuk mengoptimasi situs bisnis di Google, sehingga bisa berada pada halaman utama pencarian. Hal ini bertujuan untuk membuat situs bisnis lebih mudah ditemukan, sehingga trafik ke situs tersebut akan menjadi jauh lebih besar. Ada 2 teknik yang dikenal dalam sistem ini, yakni: SEO On Page dan juga SEO Off Page.

Di dalam SEO akan membuat konten artikel dan menyelipkan beberapa keyword yang berkaitan dengan bisnis tersebut di dalamnya. Keyword ini bisa diriset terlebih dahulu, sehingga benar-benar sesuai dan bisa mendatangkan trafik yang tinggi. Namun di dalam prakteknya, SEO tidak akan berjalan dengan instan dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya.

Baca Juga: 5 Kursus Online ini Bisa Antarkan Kamu Jadi Digital Marketer Handal

Content Marketing

Content marketing merupakan teknik digital marketing yang bisa diterapkan dengan membuat dan mendistribusikan konten bisnis. Namun di dalam teknik ini, pebisnis wajib menghasilkan konten yang berkualitas dan memenuhi syarat dasar, yakni: relevan, penting dan juga konsisten. Ketiga hal tersebutlah yang akan membantu Anda menjangkau konsumen dan membuat mereka melakukan pembelian di dalam bisnis. 

Tidak cukup hanya membuat konten yang relevan saja, sebab konten tersebut juga harus bisa memiliki unsur yang penting untuk diketahui atau dilihat oleh calon konsumen. Hal ini akan membuat mereka tertarik dan melihat konten hingga selesai, lalu melakukan pembelian setelahnya. Selain itu, content marketing ini juga harus diterapkan secara konsisten.

Sosial Media Marketing

media sosial
Sosial media marketing

Sosial media marketing merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten yang tepat dan sesuai dengan bisnis, sehingga calon konsumen tertarik untuk melihatnya. 

Di dalam teknik yang satu ini, pemilihan media sosial merupakan poin penting yang tak bisa diabaikan. Selain itu, juga harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal, agar pemasaran ini bisa mendatangkan angka penjualan maksimal.

Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan memasang iklan pada media tertentu. Layanan ini banyak disediakan oleh sejumlah perusahaan besar, mulai dari Google hingga Facebook dan yang lainnya. 

Anda hanya perlu memilih media yang tepat dan memasang iklan di sana, sehingga calon konsumen bisa lebih mudah untuk melihat iklan. Di dalam teknik ini, Anda akan membayar setiap klik yang terjadi. 

Baca Juga: Sebelum Memutuskan Pakai, Tengok Dulu Jenis dan Biaya Layanan Jasa Digital Marketing

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing
Affiliate Marketing

Affiliate marketing sudah dikenal cukup lama dan cukup banyak diminati dalam dunia pemasaran. Di dalam sistem ini, Anda menggunakan layanan perusahaan yang secara khusus menyediakan layanan afiliasi seperti ini. 

Untuk jangkauan global, pelaku bisnis bisa memilih eBay, Amazon, dan yang lainnya. Sementara untuk skala domestik, Anda bisa menggunakan layanan afiliasi dari Tokopedia, BliBli, dan yang lainnya. 

Melalui afiliasi ini, Anda dapat mengajak para pelanggan platform tersebut untuk mengiklankan bisnis Anda kepada teman atau bahkan pengikut mereka di media sosial.

Email Marketing

Email marketing merupakan teknik pemasaran yang bisa diterapkan melalui layanan email dan Anda kirimkan kepada para calon konsumen bisnis. Teknik ini terbilang sudah sangat lama, namun masih tetap efektif dan layak digunakan. 

Anda hanya perlu membuat email yang tepat dan mengirimkannya kepada orang-orang (target pasar) yang juga tepat, sehingga email ini dibuka oleh mereka. Penting untuk membuat email yang berkualitas dan bisa meyakinkan pembaca, sehingga kunjungan ke situs bisnis nantinya bisa benar-benar mendatangkan angka penjualan.

Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan bisnis yang dikeluarkan oleh Google, di mana Anda bisa memperkenalkan bisnis secara profesional kepada khalayak ramai. Di dalam layanan ini Anda bisa memuat detail bisnis, mulai dari alamat dan kontak lengkap, review pelanggan, dan lainnya. Hal ini mungkin tampak simpel, namun terbukti bisa membuat Anda menjangkau pasar yang luas di dalam bisnis. 

Pelajari dan Pilih yang Tepat

Penerapan digital marketing di dalam bisnis merupakan hal yang sudah sangat biasa. Hingga saat ini, ada banyak teknik digital marketing yang bisa ditemukan, lengkap dengan berbagai keuntungannya. Pastikan setiap pebisnis pemula cari tahu dan pelajari setiap strategi marketing. Setelah itu, barulah bisa memilih digital marketing yang tepat. Dengan begitu, bisnis akan berkembang dan omset akan terus meningkat.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, ini 3 Keuntungan Menggunakan Digital Marketing dalam Perusahaan