7 Tips Agar Tetap Semangat setelah Kepergian Orang Tua

Kehilangan sosok orang tua adalah hal yang paling menyedihkan, terutama bila kita sebagai anak belum sempat membahagiakan orang tua. Dan jelas, tidak ada satu akan pun yang menginginkan hal ini terjadi. Akan tetapi, hal-hal yang ditakutkan sering terjadi tanpa disangka-sangka.

Sedih? Sudah pasti, tapi berlarut-larut dalam kesedihan tidaklah baik karena ini berbahaya untukmu. Bagaimanapun juga, kamu harus bisa menerima kenyataan dan melanjutkan hidup sebagaimana mestinya.

Agar tidak terus-menerus diterpa kesedihan, ini dia beberapa tips tetap semangat setelah kepergian orang tua:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Ingat masih ada orang-orang terdekat yang mencintaimu

teman ketika sedih

Merasa terpukul setelah kepergian orang tua adalah hal yang wajar karena kamu kehilangan salah seorang yang paling menyayangimu. Tapi ingat, kamu masih punya orang-orang terdekat yang juga menyayangimu sebagaimana orang tua sayang padamu. Jadi kamu tidak sepenuhnya kehilangan sosok orang yang menyayangimu.

Jika kamu butuh bantuan atau nasihat sekalipun, kamu bisa mengandalkan orang-orang yang masih ada di dekatmu. Anggaplah mereka seperti orang tua sendiri, sehingga kamu bisa melupakan kesedihan yang terjadi saat ini. 

2. Hargai mereka yang masih ada

hargai mereka yang masih ada

Daripada berlarut-larut dalam kesedihan, cobalah untuk lebih menghargai mereka yang masih ada dalam hidupmu. Dalam arti, perbanyaklah menghabiskan waktu dengan mereka. Tidak peduli sesibuk apa pun kamu bekerja, sebanyak apa urusanmu, tetaplah luangkan waktu untuk orang-orang terdekat. 

Miliki prinsip kalau momen berharga seperti ini tidak terjadi dua kali, jadi kamu harus benar-benar memanfaatkannya dengan baik. Apalagi kalau tidak akan pernah tahu sampai kapan mereka akan hidup di dunia ini, begitu juga dengan dirimu.

Baca Juga: Kata-kata Motivasi Pemacu Semangat di Pagi Hari

3. Ingat apa yang menjadi tujuan hidupmu

tujuan hidup

Siapa pun pasti punya tujuan dalam hidupnya, termasuk kamu. Jadi jangan biarkan kepergian orang tua menghentikan langkahmu untuk menggapai tujuan ini. Bagaimanapun juga, kamu harus melanjutkan hidup karena perjalananmu di dunia ini masih sangat panjang.

Meskipun sudah tiada pasti, tapi orang tua pasti akan ikut senang melihatmu sukses mencapai tujuan hidup. Jadikan ini sebagai motivasi agar kamu tetap semangat melanjutkan hidup dan menggapai apa yang seharusnya digapai selama masih hidup.

4. Jangan terlalu banyak flashback

flashback

Sah-sah saja bila kamu ingin flashback tentang orang tua, seperti apa ekspresi mereka saat memarahimu, cara mereka berbicara, tertawa, dan semuanya. Akan tetapi, terlalu sering flashback justru akan mengembalikan kesedihan yang sudah hampir berhasil kamu lupakan.

Jadi untuk mengurangi tingkat kesedihan itu, kamu harus mengulang hal yang sama dari awal lagi.

Coba jauhkan kenangan ataupun benda yang dapat mengembalikan ingatanmu pada orang tua. Dengan begini, kamu bisa fokus untuk melanjutkan hidup yang sekarang dan sukses menggapai apa yang diinginkan selama ini.

5. Pergilah bersenang-senang

bersenang-senang

Lupakan kesedihanmu, urusan pekerjaan, dan apa saja yang menguras pikiran dan membuatmu kembali mengenang masa-masa bersama orang tua. Lebih baik pergi bersenang-senang dengan teman-temanmu agar kamu bisa merasa lebih baik. Misalnya shopping, traveling, atau nongkrong di kafe terbaru di kota tempat tinggalmu. 

Cara ini juga akan membantumu dan teman-temanmu untuk memperbaiki hubungan yang sempat renggang. Apalagi setelah kepergian orang tua kamu lebih sering menghabiskan waktu seorang diri. Dengan demikian, hubungan akan kembali baik seperti dulu kala.

6. Ingat kesehatan dan kebahagiaanmu

kesehatan dan kebahagiaan

Kepergian orang tua tentu bukan hal yang bisa kamu lupakan begitu saja. Tetapi, kamu harus bisa menerima kenyataan dan merelakan kepergian mereka. Sebab membiarkan kesedihan menyelimuti hidupmu akan berdampak bagi kesehatan tubuh dan tingkat kebahagiaanmu.

Cobalah untuk melupakan semua kenangan indah bersama orang tua. Meski sulit, tapi kamu bisa mencobanya secara perlahan sampai akhirnya menjadi terbiasa. Dengan demikian, rasa sedih yang kamu rasakan akan berganti menjadi rasa bahagia.

Baca Juga:  10 Kata-Kata Motivasi untuk Hidup Lebih Baik

7. Tetaplah fokus menjalani hidup

fokus

Jangan karena orang tua sudah tiada, kamu malah berhenti memperjuangkan hidup apalagi sampai putus asa. Ayo, kumpulkan semangatmu dan bangkitlah! Kamu mesti fokus menjalani hidup agar jalanmu semakin dimudahkan, dan kamu bisa menggapai apa saja yang selama ini diimpikan.

Buatlah rencana tentang apa yang mesti kamu lakukan ke depannya, lalu fokuslah untuk menjalani setiap poin yang sudah direncanakan. Meski prosesnya tidak mudah, tapi kamu tetap harus berusaha sekuat tenaga. Bayangkan betapa bahagianya orang tua ketika melihatmu sukses, meski mereka tidak ada di sisimu saat ini.

Semangatlah untuk Melanjutkan Hidup

Kehilangan orang-orang tersayang memang menyakitkan dan butuh waktu lama untuk menghilangkan rasa sakit ini. Tetapi tips-tips di atas akan membantumu untuk melupakan hal-hal kelam, sehingga kamu bisa menemukan titik terang untuk kembali melanjutkan hidup. Ayo semangat!

Baca Juga:  10 Sikap Bijak yang Membawa Kebahagiaan dalam Hidup