Cara Menjadi Komikus Sukses dari Nol hingga Terkenal di Dunia

Kini, kata sukses tidak hanya berasal dari orang yang menjajaki karirnya di kantoran saja, tapi dari berbagai jenis bidang lainnya yang bisa menghasilkan banyak uang juga termasuk orang sukses. Misalnya saja, jadi komikus yang sekarang ini sudah mulai muncul dengan karya yang bagus bahkan mendunia, sehingga secara otomatis banyak pundi-pundi uang yang masuk ke kantongnya.

Itu sudah dibuktikan oleh beberapa pemuda Indonesia yang sudah menjadi komikus seperti Chris Lie yang menerbitkan komik berjudul ‘Return of The Labyrinth’, Ardian Syaf yang tergabung menjadi anggota Marvel dan DC, Alti Firmansyah yang menerbitkan komik X-Men 92, dan masih banyak lagi.

Berkat hasil karya mereka yang keren-keren membuat para penggemar komik yang jatuh cinta dan menjadikan mereka terkenal hingga ke luar negeri. Kebayang kan berapa banyak jumlah uang yang sudah diraupnya?

Diantara kamu pasti sudah ada yang punya impian untuk menjadi komikus terkenal, tapi masih bingung harus mengawalinya darimana. Sebenarnya hal tersebut tidaklah sulit, selain harus memiliki bakat menggambar sebagai modal awalnya, ada tips-tips lain yang harus diketahui dan dipraktikan.

Berikut 7 cara menjadi komikus yang bisa membuat impian tercapai.

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Cara Menjadi Komikus Terkenal

  1. Tentukan Genre Komik Sejak Awal

    loader
    Tentukan genre komik sejak awal

    Genre merupakan ragam atau kategori dari suatu bentuk seni tertentu menurut kriteria yang sesuai bentuk atau bidang. Setiap bidang seni memiliki genre yang berbeda, seperti musik terdapat genre pop, blues, rock, jazz dan sebagainya. Pada film atau komik memiliki genre romantis, action, komedi, drama dan horror.

    Di antara semua genre komik tersebut, pilihlah genre yang sesuai dengan keinginan. Bila merasa sulit menentukannya, kamu bisa melihat dari karakter pembawaan diri sendiri sehari-harinya. Misalnya, ada teman yang sering berikan kejutan berupa hadiah atau apapun, maka pilihlah genre romantis, begitu seterusnya.

  2. Buat Ide Cerita Menarik

    loader

    Ide Cerita Komik

    Setelah menentukan genre dari komik yang akan dibuat, selanjutnya adalah ciptakan ide cerita yang sangat menarik. Tak sesulit apa yang dibayangkan, sering kali ide tersebut akan muncul secara tiba-tiba, baik itu dari pengalaman pribadi, orang tua, saudara, teman dekat atau, orang lain yang hanya pernah dilihat sekalipun. Dengan begitu, mulailah untuk lebih pekat terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar.

    Ketika mendapatkan momen yang menarik dan bisa dijadikan ide, langsung catat di note khusus. Jangan lupa, berikan sedikit bumbu-bumbu pada cerita sehingga komik tersebut menjadi lebih hidup. Hal ini tentu akan membuat pembaca merasa puas dan menantikan cerita-cerita selanjutnya.

  3. Asah Kemampuan Gambar

    loader
    Asah skill gambar

    Penggemar komik memiliki alasan terhadap komik yang disukainya, baik itu karena ceritanya menarik, gambarnya yang lucu, keren atau karena keduanya. Ini membuat gambar pada komik juga menjadi poin yang harus diperhatikan. Ibaratnya gambar juga menjadi bagian dari bumbu pada komik.

    Buatlah gambar yang sesuai dengan genre komik yang dipilih. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan teknik manual, seperti gambar di kertas lalu di scan dan diedit lagi menggunakan software pendukung, seperti Photoshop, Clip Paint Studio, Gimp, Artweaver, dan sebagainya. Jika tidak mau repot, bisa juga menggambar langsung di software tersebut.

    Walau sudah memiliki bakat menggambar, tapi tak semua orang langsung lihai membuat gambar komik. Apapun teknik yang dipilih teruslah asah skill gambar dengan giat berlatih hingga menjadi gambar yang sesuai dengan keinginan.

  4. Pilih Media yang Sesuai

    loader

    Pilih Media Penerbit yang Sesuai

    Media di sini adalah tempat atau menerbitkan komik-komik yang telah dibuat agar hasil karyamu bisa dilihat dan dibaca banyak orang. Ada dua wadah yang bisa dipilih, diantaranya langsung ke penerbit media cetak, seperti koran atau majalah, dan penerbit dalam bentuk digital, seperti Webtoon. Tak hanya dibaca oleh para penggemar komik saja, kamu juga akan mendapatkan bayaran dari hasil karya yang sudah diunggah.

  5. Manfaatkan Media Sosial

    loader
    Manfaatkan media sosial

    Tak dapat dipungkiri kalau saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran informasi. Sebab, hampir semua orang lebih cepat membaca informasi melalui media sosial, seperti X, Facebook, TikTok, dan Instagram.

    Nah, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai tempat mempromosikan komik yang sudah dibuat dengan mengunggah gambar awalan cerita setiap episodenya atau gambaran dari sebuah sinopsis. Tambahkan juga tautan pada komikmu yang diunngah pada penerbit digital. Hal ini dilakukan agar pembaca lebih mudah mengakses komiknya.

    Media sosial juga akan membuatmu lebih cepat terkenal. Sebab, cakupan dan jangkauannya begitu luas. Dengan memberikan tautan pada komikmu, pembaca akan dengan mudah mengirimkannya pada orang terdekatnya hingga pengikut mereka di media sosial. Terlebih jika mereka memberikan review mengenai komikmu di media sosial. Tentunya, nama kamu akan cepat terdengar oleh khalayak umum.

  6. Bergabung dengan Komunitas

    loader

    Bergabung dengan Komunitas

    Belajar mengasah kemampuan sendiri memang tidak ada yang salah, tetapi ilmu yang didapat hanyalah terbatas. Agar bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi, kamu perlu ikut dan bergabung di beberapa komunitas.

    Saat ini, jumlah komunitas komunitas komik sudah banyak, baik itu secara offline maupun online. Tidak hanya menambah teman saja, melainkan juga wawasan serta pengalaman dari banyak komikus lainnya. Janganlah sungkan untuk meminta pendapat dari komikus lainnya menyoal komikmu agar hasil karya makin bagus.

  7. Sering Ikut Event atau Lomba

    loader
    Sering ikut pameran atau lomba komik

    Untuk mengasah mental, ikut event atau lomba-lomba komik juga perlu dilakukan. Tujuannya, untuk mengukur batas kemampuan kamu sebagai komikus saat membuat komik. Ini tentu akan memacu para komikus menciptakan hasil karya komik yang lebih bagus lagi.

Cara Menjadi Komikus Terkenal adalah Konsisten Berkarya

Menjadi komikus sukses yang hasil karyanya terkenal hingga ke luar negeri tidaklah mudah dan butuh perjuangan yang sangat panjang. Yakinlah bahwa kamu bisa lalui demi meraih impian. Intinya, jangan mudah menyerah, teruslah asah skill dan konsisten untuk terus menciptakan komik-komik dengan cerita yang menarik hingga karyamu mendunia. Selamat berkarya!