7 Tips Melatih Mindfulness Saat Bekerja untuk Hindari Stres

Istilah mindfulness pasti sudah tidak asing di telinga, kan? Istilah ini semakin populer seiring dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya membahagiakan diri sendiri.

Dalam arti singkat, mindfulness adalah kesadaran yang penuh. Sementara dalam arti luas, mindfulness adalah salah satu kondisi dimana Anda sadar betul tentang hal yang terjadi di sekitar, apa yang diinginkan, dan kemauan untuk menerima diri sendiri secara apa adanya. 

Mindfulness sering kali menjadi tumpul karena beban kerja yang terlalu banyak sehingga para pekerja mudah sekali stres. Namun, Anda tak perlu khawatir karena bisa mengembalikan mindfulness asalkan menerapkan tips-tips berikut ini saat sedang bekerja di kantor.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Melatih Mindfulness Saat Bekerja

1. Ingat kata-kata bijak

mengingat
Ingat kata-kata bijak

Tips melatih mindfulness yang pertama adalah ingat kata-kata bijak. Setiap kali ada masalah, kata-kata bijak inilah yang akan mengingatkan Anda untuk bertahan dalam kondisi sulit. Hingga pada akhirnya Anda bisa melalui semuanya dengan hasil baik.

Ada beberapa kata bijak yang bisa dijadikan mantra, seperti everything’s gonna be okay, this tiny things will pass soon, atau I’m gonna make it. 

Cukup sederhana, tapi manfaatnya sangat besar. Sejatinya, semua kesulitan akan berlalu dengan sendirinya. Tinggal bagaimana cara menghadapi dan mengontrol pikiran saja agar tidak menjadi stres.  

2. Lakukan peregangan otot

Kondisi otot yang kaku ternyata bisa memicu terjadinya stres, lho! Ketika otot mulai kaku, tidak ada salahnya luangkan sedikit waktu untuk meregangkan otot agar menjadi lemas. 

Tidak perlu beranjak dari kursi kerja. Cukup angkat tangan ke atas dan buat posisi seperti bermalas-malasan sudah membantu otot menjadi lemas. Anda bisa lakukan ini setiap kali merasa lelah, jadi mindfulness tetap ada dalam diri.

Anda juga bisa mencoba alternatif stretching lain, seperti menarik dan membuang napas. Alhasil, pikiran menjadi lebih tenang dan siap melanjutkan pekerjaan yang sudah dimulai tadi.

Baca Juga: Ingin Bekerja Nyaman dan Bahagia? Pilih Perusahaan seperti Ini

3. Lihat segala sesuatu yang hijau 

Jangankan bekerja, duduk berjam-jam di meja kerja tanpa melakukan sesuatu saja bisa membuat bosan dan stres. Apalagi kalau warna-warna yang ada di sekitar meja kerja adalah warna terang yang tidak bersahabat, seperti merah, kuning, merah muda.

Daripada level bosan dan stres bertambah parah, beranjak dari kursi kerja. Luangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor. Pergilah ke tempat yang dipenuhi oleh tanaman hijau agar mata kembali segar.

Bila perlu, berhentilah di sekitar taman atau pepohonan untuk sementara. Rasakan kesejukan udara di sekitarnya. Cara ini dipercaya ampuh melatih mindfulness agar kembali tenang seperti sedia kala. 

4. Berikan diri sedikit space

Bekerja di tengah-tengah keributan tidak akan membuat kinerja maksimal. Yang ada, konsentrasi kerja menjadi hilang dan butuh waktu yang agak lama untuk mengembalikan konsentrasi seperti semula.

Di sinilah Anda perlu membangun space dengan apa yang ada di sekitar, termasuk rekan kerja. Anda bisa pergi sejenak ke toilet, ke kantin, atau mendengarkan musik saat jam istirahat tiba. 

Kalau konsentrasi belum kembali juga, Anda bisa luangkan waktu untuk jalan-jalan sepulang kerja nanti. Pergilah ke tempat yang sepi dan nyaman untuk menyendiri agar mindfulness semakin terlatih. Dengan begini, Anda bisa kembali bekerja dengan konsentrasi penuh pada keesokan hari.

5. Beristirahat yang cukup

istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup

Mindfulness bisa terlatih dengan sendirinya kalau Anda mendapat istirahat yang cukup. Tidak hanya di rumah, di kantor juga bisa beristirahat. Tentunya saat jam istirahat atau makan siang tiba. 

Mungkin kantor punya beberapa referensi tempat untuk beristirahat. Pergilah ke salah satu tempat tersebut. Jangan malas karena menetap di meja kerja bisa membuat stres. 

Maksimalkan waktu yang singkat ini untuk mengisi perut yang kosong dan melepas penat. Anggaplah seperti Anda berada di rumah sendiri, jadi nyaman melakukan apapun. Setelah jam istirahat usai, mindfulness akan kembali, dan siap bekerja lagi.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Jadi Makin Produktif Ketika Bekerja

6. Hindari gosip

Sekilas terlihat menyenangkan, tapi kalau dilakukan terus-menerus, gosip dapat menumpulkan mindfulness. Sebab, yang menjadi fokus bukan lagi diri sendiri, melainkan orang lain dan kehidupannya.

Mungkin akan ada banyak gosip di kantor tempat bekerja. Namun, Anda tidak perlu ikut-ikutan menggosip dan menambah beban pikiran.

Lebih baik hindari gosip agar mindfulness terlatih di kantor. Pasalnya masih banyak hal berguna yang bisa Anda lakukan daripada menggosip.

7. Jangan lupa reward diri sendiri

Ada banyak tuntutan yang Anda terima saat bekerja. Bahkan saat satu tuntutan belum selesai, sudah ada tuntutan yang baru. Hal yang wajar kalau Anda merasa dua kali lipat lebih capek daripada biasanya. 

Jangan biarkan situasi ini memicu stres yang membuat gagal fokus dalam bekerja. Melatih mindfulness di tengah padatnya jam kerja juga penting. Salah satunya dengan memberi reward kepada diri sendiri.

Tidak melulu berupa hadiah, tapi dengan membeli makan siang yang sehat dan lezat pun bisa. Dengan mengonsumsi makanan enak, mood dapat membaik, sehingga Anda dapat kembali fokus untuk bekerja.

Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Dunia kerja menuntut Anda untuk all out, memberikan yang terbaik guna mencapai yang terbaik. Namun, jangan sampai terlalu keras kepada diri sendiri yang membuat mindfulness tumpul. Latihlah mindfulness di tempat kerja secara rutin agar Anda bisa lebih menikmati pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kantuk Saat Bekerja